Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Burung Makaw Hyacinth Piaraan Khususon Sultan

Burung Makaw Hyacinth (Blue Macaw): Si Biru yang Mempesona

Burung Makaw Hyacinth Piaraan Khususon Sultan - Saya, entah dari kapan melihat burung ini, seketika terbersit untuk bisa memeliharanya. Melihatnya untuk yang pertama kali sudah membuat saya jatuh cinta kepada burung makaw ini, khususnya, walau secara umum saya juga sangat suka dengan jenis makaw lainnya.

Namun sepertinya perasaan batin itu untuk sementara hanya saya jadikan angan-angan saja. Sudah barang tentu untuk orang yang tidak memiliki dompet tebal seperti saya, sangat sulit untuk bisa mewujudkan keinginan menggandeng seekor makaw Hyacinth pulang ke rumah.

Tentang Hyacinth

Burung makaw Hyacinth, atau yang dalam nama asing dikenal juga dengan Blue Macaw ini, sudah kondang sebagai burungnya para sultan ataupun kerabatnya. Harganya bisa terbilang tidak masuk akal untuk orang kebanyakan.

Kalau harga pastinya, saya sendiri juga belum tahu. Cuma, berdasar artikel yang pernah saya baca di tahun 2019, harga burung baby-nya mencapai 400 jutaan. Sedang menurut para penghobi free flight pada beberapa vlog menyampaikan harga burung muda sekarang sudah menyentuh harga 800 jutaan. Jelas kan, dari informasi tersebut bisa disimpulkan bahwa makaw Hyacinth ini sulit untuk dipelihara orang kebanyakan.

Salah satu penyebab harga Hyacinth bisa melambung tinggi adalah karena jumlahnya yang terbatas. Hyacinth juga menjadi salah satu jenis burung makaw yang langka. Keberadaan di habitat aslinya, hutan hujan tropis di amerika selatan, pun kian berkurang. Selain itu, proses penangkaran burung ini pun tidak mudah. Mereka memiliki tingkat reproduksi yang rendah.

Mungkin karena rentang umurnya yang panjang yang membuat burung ini lambat melakukan reproduksi. Itu hanya teori saya sendiri loh ya, hehehe. Seperti kita tahu, rentang umur burung ini apabila di alam liar bisa mencapai 60 tahun. Sedang apabila di dalam penangkaran, burung ini tercatat mampu hidup hingga 80 tahun.

Beberapa Fakta Menarik Hyacinth

  • Ukuran tubuh

Hyacinth adalah salah satu jenis burung makaw terbesar di dunia. Memiliki panjang tubuh hingga 1 meter sesuai dengan panjang bentang sayapnya, dengan berat berkisar antara 1,2 kg sampai 1,7 kg. Bila hendak dipelihara di rumah jangan lupa untuk menyiapkan tempat yang cukup luas, semisal ruangan seukuran kamar tidur atau garasi mobil, tentunya dengan sirkulasi udara yang baik.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan perch / tangkringan burung yang kokoh. Dengan ukuran tubuh yang besar pastilah burung ini memiliki tenaga yang besar pula. Jadi, siapkan tangkringan yang memang diperuntukkan bagi burung jenis ini.

Burung Makaw Hyacinth Piaraan Khususon Sultan
img/instagram.com

  • Umur

Menurut berbagai sumber, Hyacinth memiliki usia hidup paling lama diantara jenis makaw lainnya. Mereka dapat hidup hingga 60 tahun saat berada di alam liar, dan beberapanya tercatat hidup hingga umur hingga 80 tahun, saat dipelihara di penangkaran. Sedang untuk makaw lainnya, umur mereka relatif lebih rendah. Rata-rata memiliki umur 30 tahun bila hidup di alam liar, dan dalam rawatan di penangkaran mereka dapat hidup hingga usia 50 tahun.

Burung Makaw Hyacinth Piaraan Khususon Sultan
img/asazoo.jp

  • Paruh

Paruh Hyacinth sangatlah keras dengan ukuran yang besar. Paruh ini digunakan sebagai alat untuk membantu mereka mencari makan, seperti mengupas buah-buahan serta kacang-kacangan. Selain itu juga digunakan sebagai alat pertahanan diri. Kekuatan paruh ini bahkan mampu memecahkan tempurung kelapa. Bayangkan saja bagaimana akibatnya bila paruh tersebut menggigit tangan ataupun bagian tubuh kita lainnya, tentunya bisa sangat fatal. Saat berada di alam paruh itu digunakan untuk mengupas palm nut yang menjadi makanan utamanya.

Burung Makaw Hyacinth Piaraan Khususon Sultan
img/wikipedia.org

  • Pakan dan perilaku mencari makan

Perihal mencari makan, Hyacinth memilik keunikan sendiri. Makanan utamanya adalah Palm Nut (kacang palem). Selain mengambil palm nut langsung dari pohonnya, mereka juga menggali kotoran sapi untuk menemukan palm nut yang tidak dapat dicerna oleh si sapi, dan sudah dalam kondisi terkelupas dari kulitnya yang keras.

Burung Makaw Hyacinth Piaraan Khususon Sultan
img/walmart.com

Burung Makaw Hyacinth Piaraan Khususon Sultan
img/birdsoftheworld.org

Hal unik lainnya adalah fakta bahwa separuh dari makanan yang mereka makan akan dijatuhkan ke tanah. Bukannya untuk menyia-nyiakan makanan yang telah mereka dapatkan, namum perilaku unik mereka tersebut merupakan naluri alamiah untuk mempertahankan habitatnya.

Ada sebuah studi yang melaporkan bahwa Hyacinth membantu tumbuhnya 18 spesies tanaman di wilayah Bolivia dan Brazil. Perilaku tersebut membuat mereka berfungsi layaknya tukang kebun bagi hutan habitatnya. Dalam studi tersebut juga dinyatakan bahwa Hyacinth adalah hewan utama yang menyebarkan bibit palm dan tanaman lainnya. Jangkauan sebarannya hingga beberapa kilometer. Bisa dikatakan, mereka jugalah yang secara langsung menjaga kelestarian dari tanaman-tanaman tersebut.

Burung Makaw Hyacinth Piaraan Khususon Sultan
img/youtube Terra Mater
Burung Makaw Hyacinth Piaraan Khususon Sultan
img/youtube Terra Mater
Burung Makaw Hyacinth Piaraan Khususon Sultan
img/youtube Terra Mater


  • Kecepatan terbang

Meskipun memiliki ukuran tubuh yang besar Hyacinth mempunyai kemampuan terbang yang cepat, sekitar 56 km / jam. Kecepatan ini melebihi kecepatan lari manusia pada umumnya.

Si pemegang rekor lari tercepat, Usain Bolt, saja tercatat hanya mampu berlari hingga 44,72 km / jam.

Burung Makaw Hyacinth Piaraan Khususon Sultan
img/flickr.com

  • Pasangan

Perkara relationship, Hyacinth memilih hidup monogami, hehehe. Mereka hanya akan kawin dan hidup dengan satu pasangan yang tetap selama hidupnya. Hyacinth merupakan burung yang setia dengan pasangannya dan akan selalu melakukan kegiatan bersama sepanjang tahun, seperti berkembang biak, mencari makanan, berbagi sesi perawatan anak, dan lainnya. Sarangnya umum ditemukan pada lubang / celah pohon-pohon yang besar, dimana dijadikannya juga sebagai tempat menaruh telur dan membesarkan anak. Baby makaw akan siap keluar sarang dan berlatih terbang (branching) disaat mereka berumur 100 hari.

Burung Makaw Hyacinth Piaraan Khususon Sultan
img/wisgoon.com

  • Tingkat kecerdasan

Hyacinth adalah golongan burung yang cerdas, mudah bersahabat dengan manusia, memiliki karakter yang lembut, serta pandai menirukan suara manusia. Hal inilah yang menjadikan burung Hyacinth pilihan terbaik untuk dijadikan partner bagi kita. Tapi ingat, saat kamu memutuskan untuk memelihara mereka, pola rawatan termasuk kebersihan tempat dan pakan berkualitas adalah hal yang sangat penting. Kamu harus mempersiapkan semuanya dengan baik. Pakan racikan dalam bentuk kemasan yang berkualitas baik biasanya didapatkan dengan impor. Selain itu juga harus rutin memberi mereka dengan buah-buahan yang variatif.

Burung Makaw Hyacinth Piaraan Khususon Sultan
img/learningparrots.com

Kemudian, pola rawatan juga harus mementingkan kenyamanan burung. Kamu sebagai partner mereka, harus mampu memberikan kasih sayang yang terbaik. Karena masih banyak penghobi, baik itu burung ataupun hewan lain, yang kurang memperhatikan masalah komunikasi, perhatian, dan kasih sayang. Banyak penghobi yang hanya memikirkan cuan saja. Apabila kita memelihara Hyacinth dengan baik, mereka juga akan membalas lebih kebaikan tersebut. Namun apabila tidak dirawat dengan baik, mereka bisa menjadi temperamental dan agresif. Burung dengan tenaga dan paruh sekuat itu, bisa menjadi sangat destruktif bahkan melukai kita.

Burung Makaw Hyacinth Piaraan Khususon Sultan
img/papegaaientrainen.nl

  • Suara

Jangkauan (range) suara Hyacinth cukup luas. Mereka bisa menghasilkan suara yang melengking, geraman, dengkuran, dan lainnya. Mereka juga gemar menirukan suara manusia, khas perilaku burung paruh bengkok lainnya. Bukan hanya kata per kata, namun juga frasa mampu mereka tirukan dengan cukup baik.

Selain itu, mereka juga responsif terhadap orang asing. Bila melihat orang asing memasuki rumah yang notabene wilayah kepemilikannya, mereka akan berteriak dan bersuara seolah memberitahu pemiliknya. Perilaku ini juga yang membuat Hyacinth cocok dijadikan sebagai tim keamanan di rumah kita.


Nah, beberapa poin mengenai keunikan makaw Hyacinth di atas saya rangkum dari berbagai sumber. Paling tidak bisa menjadi informasi dan pengetahuan bagi kamu semua yang ingin memelihara dan menjadikan burung ini partner. Artikel Burung Makaw Hyacinth Piaraan Khususon Sultan ini, silahkan kamu bagikan ke beranda media sosialmu supaya kawan atau handai taulan juga mengerti akan informasi ini.

Oya, sebelum kamu memutuskan memelihara hewan piaraan di rumah, ingat selalu akan tanggung jawabnya. Mereka hanya punya kamu. Perihal kebersihan tempat, pakan, air minum, dan kesemua tetek bengek keperluan mereka, semua bergantung kepadamu. Jadi berikan yang terbaik bagi mereka. Jangan sekalipun memelihara hewan jika kamu belum siap dengan tanggung jawab tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Salam lestari.

— Sandy

Posting Komentar untuk "Burung Makaw Hyacinth Piaraan Khususon Sultan"