Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bopeng Bekas Jerawat Bagaimana Cara Menghilangkannya

Bopeng Bekas Jerawat Bagaimana Cara Menghilangkannya

Perawatan Bopeng Bekas Jerawat dengan Metode Medis

Bopeng Bekas Jerawat: Bagaimana Cara Menghilangkannya - Kata bopeng ternyata ada di dalam KBBI. Arti bopeng adalah cacat yang berupa lobang-lobang kecil pada kulit. Bopeng bekas jerawat disebut juga dengan burik atau capuk. 

Banyak dari kita memiliki bopeng akibat luka bekas jerawat dan merasa terganggu dengan kehadirannya. Bopeng bekas jerawat susah dihilangkan apabila tidak ditreatmen dengan benar. Perawatan kulit bopeng bekas jerawat juga tidak mudah.

Artikel ini akan sedikit merangkum permasalahan perawatan untuk bopeng bekas jerawat. Apa dan bagaimana bopeng tersebut bisa timbul pada kulit wajah wajah kita, serta bagaiman pendapat para dokter kulit dan dermatologist mengenai cara menghilangkan bopeng bekas jerawat. 

 Apa itu Bopeng Bekas Jerawat

Menurut istilah dalam dunia medis, bopeng ( atau scars kata orang bule ) disebut sebagai atrofi. Pembahasan kita kali ini terutama untuk bopeng yang timbul akibat jerawat. Bopeng yang timbul akibat bekas luka jerawat biasanya akan sulit hilang dan membekas hingga kita tua. Pada sebagian orang hal ini dapat mengganggu kepercayaan dirinya.

Sebab Timbulnya Bopeng Bekas Jerawat

Timbulnya bopeng selepas jerawat dikarenakan pada saat proses penyembuhan lukanya, tubuh seseorang kekurangan kolagen. Sebagian kulit bisa kembali sembuh normal, sedang sebagiannya lagi membekas seperti cekungan yang tampak seperti lobang-lobang menyebar tak rata pada kulit wajah. 

Bopeng yang timbul pada tiap orang, faktor penyebabnya bisa berbeda-beda. Secara umum faktor penyebabnya adalah tergantung pada jenis kulit, usia, tingkat keparahanan jerawat, penanganan jerawat, serta faktor keturunan.

Dari beberapa faktor tersebut yang sering mengakibatkan timbulnya bopeng adalah penanganan yang keliru terhadap jerawat. Kebiasaan memegang dan memencet jerawat misalnya, bisa jadi hal yang paling memungkinkan bopeng akan timbul. Untuk mengerti lebih lanjut tentang proses munculnya bopeng silakan simak penjelasan berikut.

Jerawat muncul pada bagian dermis kulit ( di bawah epidermis ) sehingga menyebabkan kerusakan. Rusaknya lapisan dermis ini bisa diakibatkan oleh penumpukan sebum ( isi jerawat ), peradangan, infeksi dari bakteri, atau juga luka.

Bopeng Bekas Jerawat Bagaimana Cara Menghilangkannya
Lapisan kulit

Aktivitas memencet jerawat untuk mengeluarkan isi jerawat ( sebum ) dapat menimbulkan luka dan rongga, atau bahkan ikut mengangkat jaringan dermis keluar. Pada saat inilah tubuh merespon dengan upaya perbaikan jaringan kulit dengan memproduksi kolagen.

Apabila luka terlalu lebar atau dalam, sedangkan kolagen yang dibutuhkan untuk memperbaikinya kurang, maka proses perbaikan kulit tidak akan berjalan sempurna. Kulit mejadi tidak rata dan terlihat berlobang. Lobang-lobang inilah yang kita sebut sebagai bopeng bekas jerawat.

Sebaliknya, apabila kolagen terlalu banyak diproduksi, jaringan baru yang terbentuk akan terbentu terus hingga kulit membentuk jaringan parut yang biasa disebut dengan keloid.

Pada kasus tertentu, bekas jerawat biasanya juda diiringi dengan terjadinya hiperpegmentasi yang berupa bintik-bintik / flek hitam. Dan akibat kebalikannya yaitu hipopegmentasi; kulit pada bagian bekas jerawata akan nampak lebih pucat.

Untuk lebih jelasnya silakan liat proses terjadinya jerawat melalui gambar di bawah ini:

Bopeng Bekas Jerawat Bagaimana Cara Menghilangkannya

Jenis-jenis Bopeng Pada Kulit

Terdapat beberapa jenis bopeng berdasar bentuknya menurut istilah medis. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Bopeng Atrophic

Yang pertama adalah atrophic. Bopeng ini sebutan untuk bopeng yang paling umum dialami penderita jerawat dengan tingkat jerawat yang tidak begitu parah. 

Ciri bopeng atrophic adalah cekungan bopeng yang dangkal dang mengumpul pada satu titik saja. Jenis bopeng ini dapat dipulihkan dengan metode perawatan yang benar. Kulit akan bisa kembali mulus seperti semula.  

Bopeng Boxcar

Jenis bopeng boxcar lebih cekung dan dalam. Bila diamati secara melintang dari penampang kulit, sudutnya membentuk siku dan terlihat seperti kotak ( box ). Bopeng ini biasanya muncul dari penderita dengan riwayat jerawat batu, jerawat nodule, atau jerawat gara-gara hormon.

Bopeng Ice-pick

Bentuk bopeng ice-pick serupa lobang menyempit memanjang dan meruncing. Lobang bopeng jenis ini cukup dalam sehingga proses pemulihannya harus menggunakan metode medis yang benar. 

Bopeng Hypertrophic atau Keloid

Seperti yang sempat diterangkan di atas tadi, hypertrophic/keloid muncul akibat tumbuhnya jaringan berlebih pada kulit.

Bisa disebut juga sebagai daging tumbuh. Umumnya keloid memiliki warna yang berbeda dari kulit sekitarnya. Kulit luarnya tipis mengkilap dan berwarna lebih pucat. Namun ada juga yang berwarna lebih gelap.

Bopeng Rolling

Yang terakhir adalah bopeng rolling. Bopeng bekas jerawat ini biasanya menimpa penderita jerawat dengan tipe jerawat karena peradangan kulit. Peradangan kulit dalam waktu lama akan mengakibatkan luka kulit yang lebar. Bentuk bopeng Rolling biasanya lingkaran yang dangkal dan lebar serta tersebar pada wajah.

Apa Bopeng Bisa Sembuh dengan Sendirinya?

Secara umum bopeng sulit untuk sembuh dengan sendirinya. Butuh upaya serius dalam bentuk perawatan medis yang benar untuk menyembuhkannya. Namun, semua juga tergantung kondisi bopeng tersebut. Bopeng yang baru saja muncul biasanya bisa cepat disembuhkan, namun bila bopeng sudah terjadi dalam waktu cukup lama akan sulit dikembalikan seperti semula.

Lantas, apakah ada perawatan alami yang bisa menyembuhkan bopeng? Secara medis belum bisa dipastikan, walaupun ada yang beranggapan bopeng bisa disembuhkan dengan metode alamiah. 

Kesembuhan bopeng juga dipengaruhi oleh seberapa parah bopeng tersebut. Seperti pada bopeng atrophic, biasanya jenis bopeng ini masih bisa sembuh dengan sendirinya bila si penderita masih memiliki usia muda. 

Proses kesembuhan bopeng selalu memperlihatkan respon positif terhadap perawatan yang dirangcang untuk menstimulasi pembentukan kolagen baru. Prosesnya tidak ada yang instan. Umumnya kulit membutuhkan waktu 2 hingga 6 bulan untuk kembali normal.

Hasil dari penyembuhan bopeng secara alami juga berbeda-beda. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil akhirnya. Ada kulit penderita yang bisa pulih mulus kembali seperti semula, namun ada juga yang tidak. 

Metode Medis Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat 

Metode medis untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat cenderung bisa menghasilkan hasil akhir yang terbaik. Namun bukan berarti metode-metode itu tidak memiliki kekurangan. Tiap metode mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Simak penjelasan berikut.

Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Metode Laser 

Bopeng Bekas Jerawat Bagaimana Cara Menghilangkannya
Laser wajah

Metode yang pertama adalah dengan melakukan penembakan laser. Cara kerja metode laser ini adalah dengan menembakkan laser pada bekas bopeng agar kulit tersebut menjadi luka. Luka tersebut digunakan untuk menstimulasi tumbuhnya kolagen dan sel-sel baru agar secara alami kembali memperbaiki dengan lapisan kulit baru. 

Sinar laser merupakan sinar gelombang pendek yang mampu menembus kulit dalam. Pasien tidak akan merasakan sakit saat proses kulit dilaser. Waktu penembakannya cukup cepat, berkisar antara 30 menit hingga satu jam saja. Metode ini diakui sebagai metode terbaik dan tercepat dalam menyembuhkan bopeng bekas jerawat. 

Ada 5 jenis metode tembak laser, yaitu:

  • Frazel laser.
  • Carbon dioxide laser.
  • Fractional laser.
  • Pixilation.
  • Active fx dan deep fx.

Metode Mikrodermabrasi untuk Meratakan dan Menghaluskan Kulit Wajah

Bopeng Bekas Jerawat Bagaimana Cara Menghilangkannya
Metode mikrodermabrasi

Selanjutnya, ada metode mikrodermabrasi untuk meratakan dan menghaluskan kulit wajah yang memiliki bopeng tidak terlalu dalam. Metode ini dikenal juga dengan sebutan metode pengelupasan kristal. Metode mikrodermabrasi mampu meratakan kulit, menghilangkan flek, menghaluskan, serta mencerahkan kulit.

Cara kerja Metode mikrodermabrasi adalah dengan menyemprotkan kulit luar (epidermis) menggunakan zat kristal mikro. Setelah zat disemprotkan pada kulit, dokter/terapis kulit akan menggosok dengan alat serupa stik pada kulit guna memudahkan proses pengelupasan kulit. 

Proses ini akan direspon tubuh dengan melakukan peremajaan kulit. Selain bisa meratakan kembali capuk/bopeng yang ada, metode ini sekaligus mampu menghilangkan hiperpigmentasi seperti flek serta noda hitam yang ada pada kulit.

Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Metode Chemical Peeling

Bopeng Bekas Jerawat Bagaimana Cara Menghilangkannya
Metode chemical peeling

Metode chemical peeling ini berarti pengelupasan kimia. Prinsip kerja metode chemical peeling sama dengan metode sebelumnya yaitu dengan mengelupaskan atau menghancurkan lapisan kulit luar (epidermis) agar kulit merespon dengan melakukan peremajaan.

Berbeda dengan Mikrodermabrasi, pada prosedur chemical peeling kulit disemprotkan dengan cairan kimia. Ada 3 jenis bahan kimia yang digunakan oleh prosedur chemical peeling, yaitu:

  • Alphahydroxyl acid (AHA) / Gilycolic acid.
  • Trichloroacetic acid (TCA).
  • Phenol.

Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Metode Injeksi Kolagen

Bopeng Bekas Jerawat Bagaimana Cara Menghilangkannya
Metode injeksi kolagen

Metode injeksi kolagen lebih dikenal dengan nama suntik kolagen. Produksi kolagen pada orang yang sudah berusia lanjut biasanya sudah berkurang. Kelenturan kulit juga sudah jauh menurun.

Untuk mereka yang memiliki bopeng yang parah dan sudah berusia lanjut biasanya disarankan untuk menggunakan metode suntik kolagen untuk kembali memudahkan kulit melakukan regenerasi. Pada penderita yang berusia lebih muda bisanya proses kesembuhannya akan lebih cepat. 

Ada beberapa jenis filler kolagen yang digunakan untuk menyembuhkan bopeng bekas jerawat, diantaranya:

  • Isolagen.
  • Dermalogen.
  • Bovine Collagen.
  • Autologen.

Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Metode Dermaroller

Bopeng Bekas Jerawat Bagaimana Cara Menghilangkannya
Metode dermaroller

Metode dermaroller disebut juga dengan teknik micro needling. Alat dermaroller berbentuk stik berujung roller. Pada roller terpasang jarum-jarum kecil berukuran 0,2 - 3 mm ( micro needle ).

Cara terapinya adalah dengan menggosokkan roller ke kulit wajah guna menciptakan luka. Selanjutnya kulit akan merespon dengan memproduksi elastin dan kolagen untuk melakukan regenerasi kulit baru. 

Pada teknik ini bopeng bekas jerawat juga diberi serum untuk mempercepat proses tumbuhnya jaringan kulit baru. Salah satu serum yang diberikan bisa berupa serum vitamin C yang digunakan untuk mencerahkan warna kulit. 

Proses penyembuhan dengan dermaroller ini tidak menimbulkan rasa sakit karena luka yang ditimbulkan hanyalah luka kecil/mikro, bahkan kulit tidak sedikitpun mengeluarkan darah. Pada beberapa orang yang diterapi menggunakan metode ini ada yang merasakan sensasi sedikit perih, namun tidak lama.

Metode Mesotherapy untuk Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Bopeng Bekas Jerawat Bagaimana Cara Menghilangkannya
Metode mesotherapy

Prosedur mesotherapy adalah tindakan medis yang dilakukan dengan memasukkan ekstrak tumbuhan alami, seperti bahan homeopati (semacam obat), vitamin, dan mineral melalui injeksi ke dalam lapisan mesodermis kulit (jaringan kulit bagian tengah). 

Alat yang digunakan pada mesotherapy suntik adalah mesogun atau mesroller. Mesogun berupa jarum mikro, sedang mesoroller berbentuk roller khusus. Selain dengan menggunakan suntikan, ada juga metode mesotheraphy tanpa jarum, yaitu menggunakan gelombang elektroporesis dan ultrasound.

Prinsip kerja tindakan ini untuk menstimulasi kulit memproduksi kolagen dan segera meregenerasi dengan jaringan kulit yang baru.

Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Metode Subcision

Bopeng Bekas Jerawat Bagaimana Cara Menghilangkannya
Metode subcision

Pada bopeng yang berbentuk jaringan parut biasanya opsi subcision ini dilakukan dengan dipadukan mikrodermabrasi. Jaringan parut yang timbul akibat bekas jerawat membuat lekuk-lekuk tak beraturan, atau disebut scars.

Metode ini dilakukan untuk mengangkat kulit terluar agar terpisah dari jaringan parut menggunakan jarum khusus tri-beveled hypodermic needle. Kemudian, rongga diantaranya akan terisi oleh jaringan ikat. Hasil akhirnya kulit akan kembali menjadi rata. Proses selanjutnya dilakukan dengan mikrodermabrasi agar kulit halus dan rata kembali. 

Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Punch Techniques

Bopeng Bekas Jerawat Bagaimana Cara Menghilangkannya
Metode punch technique

Metode ini biasanya digunakan untuk menyembuhkan bopeng jenis ice-pick dan boxcar yang memiliki karakter lobang panjang dan dalam. 

3 teknik yang digunakan dalam punch techniques, adalah:

  1. Punch elevation.
    Punch elevation dilakukan dengan cara membuang bagian dalam bopeng dan menarik jaringan keluar sampai rata. Cara ini efektif untuk menyembuhkan bopeng yang sudah lama terjadi. Biasanya bopeng boxcar yang sudah dialami tahunan bisa kembali pulih dengan terapi ini.
  2. Punch excision.
    Jenis bopeng ice-pick ringan dapat disembuhkan dengan teknik punch excision ini. Pembedahan dilakukan untuk menghilangkan bekas luka dan menutupnya hingga kembali rata.
  3. Punch grafting.
    Punch Techniques yang terakhir adalah punch grafting. Jenis bopeng semacam ice-pick tingkat parah dipulihkan menggunakan teknik ini. Karena lobang pada jenis bopeng ini sangat dalam maka teknik yang digunakan adalah menambal atau mencangkok luka bopeng dengan menggunakan kulit dari bagian tubuh yang lain.

Cara Mencegah Timbulnya Bopeng

Nah, kamu jadi tahu kan beberapa teknik dan metode medis yang digunakan untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat. Selain itu kamu jadi mengerti bahwa bopeng jerawat sulit dipulihkan dan dikembalikan seperti semula, terutama untuk orang yang sudah berusia lanjut.

Cara paling mudah adalah dengan mencegahnya. Cara mencegah timbulnya bopeng yang paling efektif adalah dengan tidak memencet jerawat menggunakan tangan. Sebelum kamu memutuskan untuk menyembuhkan jerawat secara mandiri, sebaiknya kamu konsultasikan dahulu kepada dokter kulit langgananmu. 

Ingat, apabila saat ini kamu sedang mengalami permasalahan jerawat, segera kunjungi dokter kulit dan biarkan dia melakukan tindakan untuk menyembuhkan jerawatmu. Karena jika bopeng sudah muncul, kamu akan membutuhkan usaha yang lebih untuk mengembalikannya seperti semula.


Semoga artikel Bopeng Bekas Jerawat Bagaimana Cara Menghilangkannya barusan dapat memberi kamu tambahan informasi dan menjadi lebih mengerti merawat kulit yang berjerawat. 

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada siapa saja yang membutuhkan informasinya. 

Posting Komentar untuk "Bopeng Bekas Jerawat Bagaimana Cara Menghilangkannya"