Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Bisnis Online Pelajar Tanpa Modal

Peluang Bisnis Online Pelajar Tanpa Modal

Peluang Bisnis Online Pelajar Tanpa Modal: Anak SMP, SMA/SMK, Mahasiswa Wajib Mencoba!

Peluang Bisnis Online Pelajar Tanpa Modal - Bisnis online pelajar bukanlah hal yang muluk-muluk. Apalagi tanpa modal, terdengar seperti mengada-ada bukan? Harusnya bisnis kan menggunakan modal. Mana ada bisnis yang tanpa modal?!

Eit, jangan salah paham dulu. Modal di sini maksudnya adalah modal uang atau kapital. Dalam pengertian ini modal berarti hal yang berhubungan dengan finansial yang digunakan untuk menjalankan suatu bisnis atau usaha. Akan saya rangkumkan beberapa peluang usaha bagi pelajar, khususnya bisnis online, karena dari model bisnis yang seperti inilah yang relatif tidak membutuhkan modal.

Secara umum pelajar tentunya belum memiliki modal karena mereka belum berpenghasilan secara mandiri. Namanya juga pelajar, tentunya pada usia mereka sekarang aktivitasnya hanyalah belajar, baik itu belajar di bangku sekolah dasar hingga bangku perkuliahan. Beberapa pelajar yang memiliki privilese finansial, banyak yang sudah memulai bisnis semenjak di bangku sekolah. Tapi bagi pelajar kebanyakan, apa iya bisa memulai berbisnis sembari belajar?

Di masa seperti sekarang di mana teknologi sudah maju dan pola hidup masyarakat bergeser, pelajar pun sudah bisa belajar memulai bisnis pertamanya bahkan sejak umur belasan. Peluang bisnis online pelajar sudah terbuka lebar. Waktu luang di luar jam belajar sekolah bisa digunakan untuk memulai bisnis sendiri hanya menggunakan gawai semacam telepon pintar atau notebook.

Ini bukan hoaks! Beberapa stasiun televisi tanah air juga pernah mengangkat pembahasan tentang pelajar-pelajar yang sukses berbisnis. Bukan hanya mencari sepeser dua peser rupiah, bahkan mereka telah sukses membangun branding sendiri. Nah, artikel kali ini akan menyampaikan beberapa Peluang Bisnis Online Pelajar Tanpa Modal. Semua bisa dipahami secara mudah dan tentunya bisa dikerjakan secara mandiri. 

Silakan ikuti dan baca sampai tuntas daftar ide dan Peluang Bisnis Online Pelajar Tanpa Modal di bawah ini.

Bisnis Online Pelajar Terbaik Adalah Blogger 

Peluang Bisnis Online Pelajar Tanpa Modal
Bisnis online pelajar terbaik adalah blogger

Kenapa blogger disebut sebagai bisnis online pelajar? Apakah menjadi blogger dapat menghasilkan uang?

Mungkin banyak dari kamu sekalian belum mengerti jikalau menjadi blogger / penulis blog bisa menghasilkan uang. Mempunyai blog atau website di platform CMS ( content management system ) seperti blogger.com ataupun wordpress tentu saja sangat bisa menjadi lahan uang. Dan ini merupakan bisnis online pelajar yang mesti kamu ketahui dahulu.

Apa pengertian blog? Blog, atau dulu disebut dengan weblog ( web log ), adalah situs yang berisi artikel informasi, foto/gambar, video, yang dapat diperbarui dan dikelola oleh perseorangan ataupun kelompok. Blog ini nantinya dapat menampilkan iklan pihak ketiga yang daripadanya pengelola blog akan mendapatkan imbalan.

Blog yang baik biasanya akan berisi informasi yang banyak dicari orang. Blog berbentuk berita politik misalnya, akan menampilkan berita ataupun isu-isu politik yang hangat yang dibutuhkan segmen pembaca politik. Atau contoh blog niche fitnes misalnya, pasti akan dicari dan dibaca oleh pembaca dengan segmen fitnes / gym.

Nah, untuk mendapatkan penghasilan dari menjadi penulis blog, kamu harus bisa membuat dan mengelola blog yang isinya informatif sehingga nantinya akan banyak pengunjung yang mengunjungi blogmu untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. 

Contoh blogger sukses dan akhirnya bisa menjadikan itu sebagai batu loncatan bagi karirnya adalah Raditya Dika. Ia kini dikenal sebagai komika / stand up comedy-an, dulunya dia memulai semuanya dari menulis blog.

Cara agar blogmu bisa menghasilkan uang adalah dengan menghubungkan/mendaftarkan blog tersebut kepada pihak penyedia iklan. Yang paling populer adalah milik google sendiri yaitu melalui layanan adsense google-nya. 

Kamu bisa mendaftarkan blog pada adsense google agar blogmu bisa dipasang dengan iklan dari para advertiser / pengiklan di sana. Atau untuk layanan adsense Indonesia kamu bisa menggunakan MGID. 

Katakan saja kamu sudah memiliki blog dengan konten yang dicari banyak orang, sehingga kunjungan blogmu bisa mencapai ribuan orang per harinya, pasti akan ada pengunjung yang tertarik dengan iklan yang tayang pada blogmu dan mengekliknya. Nilai klik iklan itu bisa besar atau kecil, tergantung jenis iklan dan jenis produk yang diiklankan pula. 

Pembayaran iklan dari para advertiser ini biasanya bulanan. Nilainya bisa jutaan bahkan puluhan juta, tergantung seberapa besar kunjungan blog dan berapa banyak iklanmu diklik pengunjung. Bayangkan jika blogmu bisa menghasilkan uang bulanan, bukankah itu bisa menjadi penghasilan pasif di tengah aktivitas belajarmu di sekolah.

Memulai membuat dan mengelola blog tidaklah sulit. Kamu bisa mencari informasinya pada situs www.ariosandy.my.id ini. Saya sudah membagikan artikel tentang "bagaimana cara membuat domain dan hosting gratis selamanya", "bagaimana cara menginstal template blog", "bagaimana cara menulis artikel", "bagaimana cara mempromosikan blog melalui media sosial", dan lain-lain.

Kentungan memulai bisnis online dari menjadi blogger adalah kamu bisa mengerti beberapa algoritma yang berjalan di dunia online, baik yang berjalan di mesin pencari seperti chrome, marketplace/toko online, cara kerja kata kunci/keyword, user interface, dan lain-lain. Hal ini sangat penting dan nantinya penerapan secara umumnya bisa kamu gunakan pada media sosial untuk personal branding, lapak toko online pada marketplace, dan sebagainya. 

Selain itu aktivitas menulis blog dapat melatih keahlian penulisanmu ( copywriting ), penalaran, pembuatan konsep, pengumpulan data, yang pastinya akan menunjang pendidikan yang sedang kamu tempuh. Begitu juga sebaliknya, apa-apa yang kamu dapat di bangku sekolah bisa kamu jadikan bahan tulisan pada blogmu.

Jangan lupa ikuti blog ini untuk mendapat masukan mengenai cara menulis artikel serta cara mengelola blog.

Cuan dari Menjadi Afiliator

Bisnis online pelajar selanjutnya adalah menjadi afiliator. Jangan takut dulu kawan. Afiliator itu bukanlah pekerjaan kriminal seperti yang diberitakan belakangan ini. 

Pengertian sederhananya afiliator adalah seseorang yang punya hak afiliasi suatu produk barang / jasa untuk mempromosikannya dan kemudian mendapat imbalan daripadanya. Afiliator bisa disebut juga sebagai publisher; orang yang mempublish suatu produk. Atau istilah sederhananya juga bisa disebut sebagai makelar.

Bisnis afiliasi ini merupakan bisnis yang banyak digeluti para pebisnis online dikarenakan minim modal dan mudah dikerjakan. Kamu hanya perlu mengenalkan atau mempromosikan sesuatu produk melalui blog ataupun media sosial. Dan apabila ada seseorang yang tertarik melihat promosimu, lantas membeli produk tersebut, otomatis kamu akan mendapat imbalan.

Produk dalam bisnis afiliasi ada bermacam-macam; ada produk fisik, produk digital, ataupun jasa. Media yang digunakan dalam melakukan promosi produk pun cukup luas. Kamu bisa menggunakan website/blog, media sosial, email, dan sebagainya. Semuanya dilakukan secara online.

Untuk mudahnya, silakan lihat skemanya di bawah ini. 

Peluang Bisnis Online Pelajar Tanpa Modal
Skema bisnis afiliasi

Langkah awalnya kamu harus terdaftar pada program afiliasi si Pemilik Produk. Kemudian kamu tinggal mempromosikan produk melalui media online yang kamu punya, bisa menggunakan website/blog, media sosial, youtube, dan lain-lain. 

Selanjutnya, apabila ada calon pembeli yang tertarik dengan produk yang kamu tawarkan, mereka akan membeli langsung menggunakan link afiliasi yang sudah kamu promosikan. Secara otomatis semua akan tercatat melalui sistem afiliasi. Dan setelah transaksi berhasil, kamu akan mendapat imbalan sesuai perjanjian/ketentuan Pemilik Produk.

Pemilik bisnis besar biasanya membuka program afiliasi bagi penjualan produknya. Sebagai misal ada Tokopedia. Sekarang, selain sebagai seller di Tokopedia, kamu juga bisa menjadi afiliator Tokopedia dengan mempromosikan link produk melalui platform yang kamu punya. 

Bila produk berhasil terjual, dari situlah kamu akan mendapatkan pembagian presentasi keuntungan/komisi. Sangat mudah bukan, hanya sekedar membagikan link afiliasi. Lihat gambar.

Peluang Bisnis Online Pelajar Tanpa Modal
Contoh link afiliasi tokopedia

Kemudian contoh program afiliasi lainya adalah pada situs marketplace digital Ratakan. Ratakan merupakan marketplace digital serta jaringan afiliasi produk digital, ecourse, jasa digital, dan event. Mereka menyediakan platform afiliasi bagi para afiliator/publisher khususnya produk digital. Imbalan yang diberikan bervariasi, mulai dari 20% hingga 75%. 

Peluang Bisnis Online Pelajar Tanpa Modal
Link afiliasi di markerplace digital ratakan

Atau sebagai contoh selanjutnya kamu bisa mengikuti program afiliasi yang dibuka oleh para penyedia jasa domain dan hosting seperti IDcloudHost. Kamu bisa mempromosikan produk mereka sebagai penyedia domain, sewa hosting, jasa bikin website, dan sebagainya. 

Caranya cukup mudah, kamu bisa membuat artikel semacam advertorial yang menggambarkan keunggulan dari provider IDcloudHost. Kemudian beri ajakan orang untuk menggunkan jasa mereka dengan menyertakan link afiliasi. 

Peluang Bisnis Online Pelajar Tanpa Modal
Afiliasi IDcloudHost

Semua proses transaksi antara pembeli dan provider melalui link afiliasimu tadi sudah tercatat dalam sistem. Kamu tidak perlu lagi menjadi perantara saat transaksi jual belinya. Dari setiap transaksi yang berhasil, komisi otomatis masuk kedalam akunmu dan semuanya tercatat pada laporan di dashboard akun afiliasi. Ingat, kamu hanya mempromosikan saja. Mudah kan?!

Memulai bisnis online pelajar melalui program afiliasi jadi pilihan yang saya rekomendasikan karena sangat mudah dikerjakan dan tanpa modal. Menjalankan bisnis afiliasi ini juga tidak akan memakan waktu belajarmu. Kamu bisa mempromosikan kapan saja dan di platform apa saja. 

Selain itu, sekarang banyak sekali perusahaan / bisnis yang membuka program afiliasi, contohnya Shopee, Tokopedia, Ratakan, IDcloudHost, dan masih banyak lagi. Ambil peluang ini sekarang. Dari menjalankan bisnis afiliasi / afiliator, kamu juga bisa sembari belajar mengenai bisnis online secara lebih luas. Itu poin tambahannya.

Freelancer Jasa Tulis Artikel 

Menjadi freelancer jasa tulis artikel adalah peluang bisnis online pelajar berikutnya. Peluang bisnis menjual jasa sebagai penulis artikel masih terbuka lebar dan sangat cocok bagi pelajar, baik itu setingkat SMA/SMK atau juga mahasiswa. 

Masih sangat banyak pemilik usaha online yang membutuhkan jasa penulis artikel / copywriter guna memenuhi kebutuhannya akan promosi produk, konten advertorial, artikel informatif, penulisan iklan ( ad copy /  ad writing ), dan lain-lain.

Coba saja kamu cari di google ongkos para penyedia jasa tulis artikel. Artikel sepanjang 1000 kata dihargai dengan ongkos berkisar antara 30 ribu hingga 50 ribu. Kalau tidak percaya, saya coba berikan tangkapan layar dari salah satu penyedia jasa ini.

Peluang Bisnis Online Pelajar Tanpa Modal
Contoh biaya jasa tulis artikel bahasa Indonesia

Peluang Bisnis Online Pelajar Tanpa Modal
Contoh biaya jasa tulis artikel bahasa Inggris

Sebagai misal, dalam seminggu kamu bisa menulis 4 artikel sepanjang 1000 kata dengan harga jual 30 ribu. Itu artinya kamu sudah bisa menghasilkan 120 ribu per minggu. Saya kira ini nilai yang cukup untuk menambah uang jajan ataupun memenuhi kebutuhanmu menabung.

Kamu juga tidak perlu khawatir untuk memulainya. Sebagai awalannya, kamu cukup membuka jasa tulis artikel yang sesuai dengan niche yang kamu kuasai. Misal, kamu suka dengan otomotif dan elektronik. Kebetulan juga kamu sekarang sedang bersekolah dan mengambil jurusan yang sama. Bukalah saja jasa tulis artikel khusus untuk niche otomotif dan elektronik. Tentunya dalam kepalamu sudah banyak informasi mengenai niche ini sebelumnya. Kamu hanya tinggal menuliskan melalui artikel yang sesuai dengan kemauan klien.

Contoh-contoh artikel hasil tulisan bisa kamu tampilkan pada blog/websitemu. Ini bisa kamu gunakan sebagai portofolio, sehingga klien bisa melihat contoh-contoh dari tulisanmu.

Jangan bingung mengenai promosi jasa yang kamu sediakan. Kamu bisa mempromosikannya melalui grup facebook, grup telegram, atau forum seperti kaskus. Atau kamu juga bisa memasukkan lamaran sebagai penulis artikel ke perusahaan penyedia artikel. Jadi, kamu tidak perlu repot mencari klien sendiri. 

Kelebihan dari menjalankan bisnis sebagai freelancer penulis artikel pada saat kamu masih menjadi pelajar adalah sense dalam skill menulis. Usia pelajar adalah usia di mana nalarmu bekerja sangat baik. Kamu akan sangat mudah untuk melakukan riset mengenai bahan tulisanmu. Kamu hanya perlu sedikit diberi pantikan ide untuk bisa menulis artikel panjang nan menarik.

Ide, materi tulisan, data, infografik, dan semua yang kamu butuhkan untuk menulis artikel sudah tersedia di internet. Kamu hanya tinggal melakukan riset sederhana dari kamarmu. Apabila sudah terbiasa, kamu hanya membutuhkan sekitar 1 - 2 jam untuk bisa menulis artikel yang panjang dan padat serta informatif.

Selain itu, kebiasaan menulis sangat baik untuk pengembangan sisi kognitifmu. Tentunya hal ini juga akan membawa efek positif bagi pencapaian akademismu.

Lebih lanjut, sembari menjajakan bisnis jasa tulis artikel, kamu juga bisa menulis artikel pada situs UGC ( user generated content ) semacam yoursay. Kamu bisa mendapatkan imbalan dari menulis artikel di platform ini. Dari hasil tulisan yang ditayangkan, kamu akan memperoleh poin yang bisa direedem ( ditukar ) dengan uang. 

Peluang Bisnis Online Pelajar Tanpa Modal
Reedem poin yoursay

Menjual Jasa Keahlian yang Kamu Miliki

Jasa keahlian yang dimaksud adalah jasa seperti desain grafis, editing video, animasi, audio/musik, akuntansi, dan sebagainya. Keahlian khusus seperti disebut baru saja, merupakan peluang yang bagus untuk kamu geluti. Kamu bisa menjalankan bisnis ini secara remote ( jarak jauh ).

Beberapa kawan saya sudah menjalankan bisnis semacam ini. Ia memiliki keahlian membuat sebuah komposisi lagu. Proses penulisan aransemen lagu dapat ia kerjakan sendiri menggunakan bantuan dari software audio/musik dari laptop di kamarnya. Proses produksi seperti penulisan, editing, hingga revisi mampu ia kerjakan sendiri.

Selain mengkomposisi lagu, ia juga membuat komposisi untuk kebutuhan jingle produk. Kebetulan ia memang bebakat dalam bidang musik dan bersekolah di jurusan musik pula. Sudah pasti keahlian dalam membuat sebuah komposisi musik mampu ia kuasai dengan baik. Hasilnya, sejak dari bangku sekolahan ia sudah mampu mendapatkan pemasukan sendiri dari keahliannya tersebut.

Nah, pada peluang bisnis online ini, kamu harus benar-benar mengerti keahlian apa yang kamu punyai. Buatlah portofolio sehingga calon klien bisa melihat hasil karyamu.

Misal saja kamu mempunyai keahlian membuat desain promosi produk, kamu cukup membuat contoh jenis desain promosi dengan berbagai macam tipe. Pada portofoliomu masukkan jenis desain produk yang glamour, elegan, sporty, girly, dan sebagainya. Platformnya bisa menggunakan devianart, instagram, fanspage, atau blog.

Atur portofoliomu itu dengan rapi dan baik. Hal ini juga menjadi penentu bagi seorang calon klien tertarik dengan jasamu. Kemudian secara berkala promosikan jasa melalui media sosial dengan penulisan ad copy yang baik, yang disesuaikan dengan segmen pasarmu.

Peluang Bisnis Online Pelajar Tanpa Modal
Contoh tarif jasa bikin musik

Langkah promosi lainnya juga bisa dilakukan dengan cara bergabung melalui grup-grup desain di facebook, telegram, atau forum online untuk semakin memperluas pengenalan jasa yang kamu tawarkan. Selain itu kamu juga bisa secara langsung mengirimkan penawaran ke perusahaan yang kiranya membutuhkan keahlianmu. 

Kalau kita lihat perkembangan media hari ini, kegiatan promosi jasa semacam ini sebetulnya sudah lebih mudah. Berbeda sekali dengan 10 tahun yang lalu, kini banyak sekali pintu yang bisa kamu masuki untuk melakukan promosi.

Yang perlu diperhatikan kala memulai menjalankan bisnis online seperti ini adalah kepuasan pelanggan/konsumen. Kamu dituntut mampu disiplin dan bertanggungjawab. Pengerjaan projek harus sesuai dengan deadline. 

Sekali saja konsumen kecewa dengan hasil yang kamu suguhkan, akan membuat namamu ( brand ) jatuh. Sebaliknya, apabila kamu berhasil memuaskan pelanggan, tidak menutup kemungkinan mereka sendiri yang akan ikut mempromosikan bisnismu kepada kolega-koleganya.

Oya, kamu juga bisa menjajakan jasa keahlianmu melalui paltform freelancer seperti Sribulancer, Sribu, Projects.co.id, atau Freelancer Indonesia. Kamu hanya perlu membuat akun di platfrom-platform tadi dan mulai mencari proyek yang sesuai dengan keahlian, waktu, dan komisi. 

Keuntungan mencari proyek dari platform ini adalah banyaknya jumlah calon klien yang mencari jasa dan membuka kerjasama di situ. Selain itu pembayaran dari klien sudah diurus oleh pemilik platform tersebut, jadi kamu tidak perlu khawatir klien kabur tanpa membayar.

Content Creator Video / Youtuber / Vlogger

Bisnis online pelajar yang satu ini lagi marak-maraknya dijalankan oleh para milenial. Menjadi content creator video tidak membutuhkan modal. Kamu bisa mulai membuat video melalui gawai semacam telepon pintar atau notebookmu. Setelah itu kamu cukup upload pada platform youtube.

Agar memperoleh uang dari video yang sudah kamu buat itu, kamu terlebih dahulu harus sudah memenuhi syarat untuk bisa bergabung dalam Program Youtube Partner. Syaratnya, kanal yotutube-mu harus sudah mempunyai 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang.

Memang gampang-gampang susah agar kanal kita bisa memenuhi syarat Program Youtube Partner. Namun, prinsipnya sederhana, selama videomu informatif dan memiliki niche yang dicari banyak orang, syarat-syarat tadi bukan masalah. Berikut saya bagikan tangkapan layar wawasan analitik kanal youtube saya.

Peluang Bisnis Online Pelajar Tanpa Modal
Wawasan analitik kanal youtube
Peluang Bisnis Online Pelajar Tanpa Modal
Realtime visitor

Untuk awalnya, buatlah kanal youtube dengan satu niche khusus. Niche bisa diartikan sebagai kategori yang berhubungan dengan brand dan segmentasi pasarmu. Niche yang kamu pilih tergantung dari apa yang kamu sukai terlebih dahulu. Selain itu juga tentunya niche yang sesuai dengan kemampuan pribadimu dalam membuat konten video.

Umpamaya, kamu suka dengan otomotif dan sering bongkar pasang onderdil motor. Hobi dan kesukaan semacam ini dapat kamu jadikan ide untuk konten kanal youtube. Mungkin bisa dimulai dengan konten video seperti cara membersihkan mesin motor, cara mencopot body motor, tutorial memperbaiki rantai motor, tutorial mengganti busi, dan sebagainya.

Atau jika kamu mempunyai hobi memelihara kelinci, kamu bisa membuat kanal youtube tentang seluk beluk merawat kelinci. Konten videonya bisa berupa "apa saja pakan yang baik bagi kelinci", "cara membedakan kelinci jantan dan betina", "tips mudah beternak kelinci", dan lainnya.

Niche kanal youtube yang banyak dicari orang adalah niche seperti DIY ( do it yourself ), tutorial, travelling vlog, teknologi, kesehatan, gaming, dan kecantikan. 

Bagi kamu yang baru akan memulai membuat kanal youtube sendiri, sebaiknya pilih niche yang sesuai dengan hobi dan kesenanganmu dahulu. Agar nantinya kamu tidak cepat bosan dan selalu menemukan ide baru untuk konten video selanjutnya.

Selain video yang informatif, sebaiknya video yang kamu buat tidak asal-asalan. Buatlah video seprofesional mungkin. Lakukan editing menggunakan aplikasi editing video yang bisa kamu dapatkan di playstore.

Beri narasi yang rapi, bagus, dan jelas apabila video kamu membutuhkan penjelasan lebih rinci. Narasi yang jelas dan baik juga menjadi salah satu faktor orang akan betah berlama-lama menonton videomu.

Pada platform youtube sekarang sudah ada fitur short video ( video pendek 1 menit ). Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk menambah variasi konten. 

Misal, kamu sudah membuat video panjang tentang tutorial membuat kandang hias untuk hamster dengan durasi video sepanjang 10 menit. Sebagai pelengkapnya, kamu bisa membuat short video berisi cuplikan/highlight dari video tutorial membuat kandang hias untuk hamster tadi. Sehingga peluang orang melihat konten tersebut semakin besar. Bisa melalui video panjang, bisa juga melalui short video.

Yang perlu diperhatikan dari membuat kanal video youtube adalah perihal copyright/hak cipta. Buatlah video original hasil karyamu sendiri, jangan mengupload konten video lain. Gunakan juga audio no-copyright yang sudah disediakan youtube. Untuk foto/gambar gunakan juga yang free-license atau public license. Karena video dengan materi yang tidak original akan mendapatkan copyright strike dari youtube dan tidak dapat dimonetisasi.

Oiya, sebagai tambahan, jika kamu mempunyai teman sekolah yang sehobi, coba ajak mereka untuk membantu membuat konten video. Gunanya mengajak teman yang sehobi adalah untuk memperkaya ide serta memudahkanmu dalam membuat sebuah konten video yang bagus. 

Apabila video yang kamu buat bagus dan memperoleh view yang tinggi, itu tandanya penghasilan dari youtube sudah menunggu di depan mata. Dengan jumlah view yang tinggi, kamu bisa "gajian" dari youtube tiap bulannya.

Content Creator Media Sosial

Pada prinsipnya content creator media sosial sama seperti content creator youtube. Kamu bisa memanfaatkan besarnya interaksi dan engagement media sosialmu dengan menjadi endorses berbagai macam produk. 

Istilah endorser / endorsement mencuat belakangan ini. Sebetulnya ini istilah lama, hanya saja semakin populer seiring kemunculan banyak selebgram. Endorser secara sederhana dapat diartikan sebagai bintang iklan.

Peluang Bisnis Online Pelajar Tanpa Modal
Contoh endorser selebritas

Melalui konten di media sosial, baik itu video, foto, gambar, ataupun tulisan, kamu bisa menarik orang untuk menjadi followermu. Semakin besar jumlah follower dapat diasumsikan semakin besar pula interaksi dan engagement pada konten yang sudah kamu terbitkan. Profil media sosial dengan interaksi dan engagement yang besar inilah yang dicari para pemilik produk untuk dijadikan tempat beriklan/promosi produk. 

Sebagai contoh, kamu penghobi kucing yang mempunyai konten mengenai seluk beluk memelihara kucing rumahan pada media instagram. Konten-konten yang kamu buat banyak disukai orang sehingga orang-orang selalu merespon setiap postinganmu. Kemudian para pengunjung baru juga terus memfollow akunmu. Kalau kamu sudah mempunyai akun yang seperti ini, pemilik produk yang berhubungan dengan kucing pasti akan berbondong-bondong mengajukan penawaran endorsment untuk produk-produknya.

Peluang Bisnis Online Pelajar Tanpa Modal
Ilustrasi endorser produk kucing

Pinsipnya hampir sama, konten pada akun media sosialmu haruslah menarik dan memiliki segmen pasar tersendiri ( niche ). Niche yang memiliki banyak engagement biasanya seputar kesehatan, kecantikan, teknologi, otomotif, sepeda, gaming, atau fashion.

Ingat, sebelum kamu mulai menjadi content creator media sosial, lakukan dahulu riset beberapa akun serupa. Periksa dahulu akun yang satu niche denganmu dan sudah memiliki peringkat tinggi. Pelajari kontennya, lihat tampilan feed-nya; beberapa hal ini akan mempengaruhi minat orang-orang untuk lebih jauh melihat konten-kontenmu. Pada media sosial kedua hal ini menjadi salah satu faktor penentu ramai tidaknya kunjungan akunmu.


Kesimpulan

Setelah kamu membaca beberapa peluang bisnis online pelajar di atas, hal yang harus kamu lakukan sekarang adalah "action". Tentukan dahulu mana bisnis online yang akan kamu dahulu kerjakan. Jangan lupa riset beberapa jenis bisnis online serupa. Pelajari bagaimana mereka menjalankan bisnisnya.

Mungkin sarannya standar saja, ATM ( amati, tiru, modifikasi ). Metode itu memang metode yang banyak direkomendasikan oleh banyak profesional dan terbukti positif terhadap keberhasilan. Jangan lupa juga untuk selalu mencari masukan pada sumber-sumber yang terpercaya. Terlalu banyak mendengarkan masukan juga malah akan membingungkan langkahmu.

Terakhir, "ACTION"! Mulailah segera setelah kamu membaca artikel ini. 

Semoga bermanfaat.

—Sandy

Posting Komentar untuk "Peluang Bisnis Online Pelajar Tanpa Modal"