Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sinopsis | Review Film Ngeri Ngeri Sedap (2022)

Film Ngeri Ngeri Sedap (2022): Wajib Tonton Ya

Belum nonton film Ngeri Ngeri Sedap? Cepetan nonton sekarang, terutama bagi kalian yang suka dengan genre drama keluarga dengan balutan komedi. 

Film ini merupakan produksi pertama dari rumah produksi Imajinari yang didirikan oleh komedian dan sutradara Ernest Prakasa bersama Dipa Andika. Disutradarai oleh sutradara baru yang juga komika asal sumatera utara, Bene Dion Rajagukguk.

Review Film Ngeri Ngeri Sedap (2022)
Film Ngeri Ngeri Sedap

Sinopsis Ngeri Ngeri Sedap 

Ngeri Ngeri Sedap menceritakan tentang drama yang terjadi di sebuah keluarga Batak; Pak Domu dan Mak Domu. Cerita diawali dengan kerinduan pasangan ini terhadap ketiga dari empat anaknya yang merantau dan telah sukses di perantauan. Konflik dimulai saat pasangan Pak Domu dan Mak Domu berpura-pura bercerai agar ketiga anaknya segera pulang ke kampung halaman mereka. 

Perceraian bukanlah hal yang lumrah bagi kehidupan orang Batak, maka dari itu Mak Domu menggunakan hal ini untuk memaksa anak-anak mereka pulang. Namun konflik semakin melebar tatkala Pak Domu kembali mengungkit pilihan dari ketiga anaknya untuk merantau. Sebetulnya ketiga anaknya tersebut memang rindu untuk menjumpai sang ibu di kampung, namun mereka mengerti pasti sang bapak akan kembali mempermasalahkan pilihan perantauan mereka. Pak Domu berpikir bahwa keluarganya harus hidup sesuai dengan hukum adat Batak, sedang ketiga anak mereka tidak menginginkan itu.  

Pemain Ngeri Ngeri Sedap 

Pemeran utama dalam film ini semuanya diborong oleh aktor berdarah Batak. Pak Domu dan Mak Domu sebagai orang tua dalam keluarga ini diperankan oleh Arswendy Beningswara Nasution dan Tika Panggabean. Kemudian, peran anak-anaknya dilakonkan oleh Boris Bokir Manullang sebagai Domu, Gita Bhebhita Butar-butar sebagai Sarma, Lolox sebagai Gabe, serta Indra Jegel sebagai Sahat.

Review Film Ngeri Ngeri Sedap (2022) Imajinari Rumah Produksi
Dari kiri Sahat, Gabe, Sarma, dan Domu

Review Film Ngeri Ngeri Sedap (2022) Imajinari Rumah Produksi
Pak Domu dan mak Domu

Kecocokan para pemerannya sangat terlihat jelas dari bagaimana film ini dipresentasikan. Cara mereka melakonkan perannya pun sangat natural. Dialog yang terjadi di antara mereka tidak dibuat-buat layaknya mereka adalah satu keluarga sungguhan. Pak Domu dan Mak Domu sangat terlihat serasi saat harus merencanakan taktik perceraian. Sebuah taktik yang tidak lazim, namun harus terjadi demi kepulangan anak-anak mereka.

Para pemeran anak-anak juga memiliki kecocokan yang sangat baik. Ini tentunya juga disebabkan karena mereka berasal dari komunitas yang sama yaitu Stand-up Comedy Indonesia. Beberapa dari mereka pun memiliki podcast yang disiarkan di paltform spotify.

Unsur budaya Batak yang kental

Film Ngeri Ngeri Sedap sangat kental dengan unsur Batak. Bagi penonton yang berasal dari budaya Batak tentunya sangat mengerti dengan konflik yang terjadi pada keluarga ini. Namun menariknya, konflik ini pun sebetulnya terjadi di banyak keluarga suku lain, yang anak-anak dari keluarga mereka memilih ke luar dari rumah dan merantau. Jadi, film ini juga sangat nyambung ditonton oleh keluarga-keluarga non Batak.  

Lucu dan haru 

Jika kita melihat daftar dari pemeran utamanya, squad Ngeri Ngeri Sedap ini banyak yang merupakan komika / stand-up komedian, bahkan Bene Dion yang merupakan sutradara, sebelumnya juga terkenal sebagai komika. Sudah bisa dipastikan juga sepanjang alur film ini akan dipenuhi dengan lelucon-lelucon yang dapat membuat kamu terpingkal-pingkal.

Tidak hanya adegan lucu, dalam film ini juga dimasukkan adegan yang membuat haru. Konflik dalam film drama keluarga selalulah membuat hati kita tak mampu menahan air mata. Dan perihal adanya konflik dalam keluarga, pastilah terjadi dan dialami seluruh keluarga di manapun. 

Komedi yang dihadirkan dalam film ini juga tidak terlalu berlebihan. Celetukan-celetukan lucu dari pemerannya juga pas sesuai dengan momennya, dan sanggup membuat penonton tertawa. Yang menjadi menariknya lagi adalah akting yang dilakukan oleh para stand-up komedian ini. Ternyata mereka dapat memerankan dengan baik adegan-adegan drama yang membutuhkan kemampuan tersendiri. Emosi lakon dalam film ini mampu dirasakan betul oleh penonton. 

Soundtrack dan visual 

Latar film ini menempati lokasi Danau Toba di Sumatera Utara. Dalam adegan rekreasi keluarga, pemandangan Danau Toba banyak diperlihatkan. Tentu, hal ini jugalah yang menjadi poin menarik dalam film berdurasi 1 jam 54 menit ini. Pengambilan dan pengaturan gambar film yang apik juga seakan mampu mengajak penonton untuk segera berkunjung ke Danau Toba. Atau bagi para orang perantauan asal Danau Toba, pasti akan rindu kampung halaman kala dipertontonkan keindahan tersebut. Menurut produsernya, Dipa Andika, 90% pengambilan gambarnya mengambil lokasi di Danau Toba, Balige, hingga Bukit Holbung. 

Soundtrack lagu Batak juga mengiringi dalam sejumlah adegan film, membuat nuansa latar Batak sangat kental terasa. Viky Sianipar yang juga musisi berdarah Batak melengkapi formasi film Ngeri Ngeri Sedap ini sebagai komposer dan penata musik. Jadi, seperti yang dituliskan di atas tadi, film ini sangat kental unsur Bataknya.

Bagi yang penasaran dengan soundtrack dan visualnya bisa melihat trailer di bawah ini:

Film Ngeri Ngeri Sedap sudah tayang di bioskop mulai 2 Juni kemarin, setelah sehari sebelumnya gala premiernya diadakan di Jakarta. Bagi kamu semua yang menantikan film Indonesia yang berkualitas, Ngeri Ngeri Sedap bisa jadi rekomendasi pertama di pertengahan tahun 2022 ini. 

Tema filmnya sederhana dan sangat khas dengan konflik keluarga yang anggota keluarganya memutuskan merantau. Unsur komedinya membuat kita betah berlama-lama menunggu adegan apa yang selanjutnya akan terjadi. Akting dari para pemeran di film ini juga terhitung sangat baik dan mampu membawa tema cerita ke dalam hati para penonton. Kemudian juga dukungan visual yang baik serta soundtrack dan tata musik yang pas membuat nuansa keluarga suku Batak dengan latar kehidupan alam Batak begitu terasa dalam film ini.   

Beberapa kanal review film di youtube memberi apresiasi positif, termasuk cinecrib yang terkenal pedas dalam memberi kritik film. Bagi saya, film ini juga harus kamu tonton. Apalagi bagi yang menyukai genre drama keluarga, film ini wajib ditonton.

Oya, sebagai tambahan rekomendasi film Indonesia, ada Kucumbu Tubuh Indahku: Memories of My Body karya the one and only Garin Nugroho. Resensinya bisa dibaca di sini: https://www.ariosandy.my.id/2022/05/kucumbu-tubuh-indahku.html

Semoga artikel tentang review film Ngeri Ngeri Sedap barusan dapat memberi informasi dan menjadi manfaat bagi pembaca sekalian. Selamat berakhir pekan, dan selamat nonton.

—Sandy


Posting Komentar untuk "Sinopsis | Review Film Ngeri Ngeri Sedap (2022)"