Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Vitamin untuk Pertumbuhan dan Pemulihan Otot

 5 Vitamin untuk Pertumbuhan dan Pemulihan Otot

5 Vitamin untuk Pertumbuhan dan Pemulihan Otot -Ketika kamu setelah selesai latihan, maka pertumbuhan dan pemulihan otot akan mulai terjadi pada sel. Nah, ketika terjadi proses sintesis sel dan perbaikan jaringan ini, tubuhmu juga dipengaruhi oleh vitamin dan mineral penting. Vitamin biasanya dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar kamu tidak mudah terserang penyakit. Namun tidak hanya itu saja, vitamin juga berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan dan pemulihan otot tubuh kamu. 

5 Vitamin untuk Pertumbuhan dan Pemulihan Otot
Vitamin.

Lantas, vitamin apa sajakah itu? Tulisan ini akan menguraikan sedikit tentang beberapa vitamin penting yang dibutuhkan tubuh untuk membantu pertumbuhan dan pemulihan otot. Berikut daftarnya:

1. Vitamin A

Salah satu vitamin yang sering dilewatkan mungkin adalah vitamin A. Meskipun sebenarnya manfaat kesehatannya cukup banyak, vitamin ini lebih sering dikenal sebagai vitamin untuk kesehatan mata.

Bagi atlet binaragawan, vitamin A ini berguna untuk mendukung sintesis protein yang penting untuk pertumbuhan otot. Jika peran vitamin A dalam pertumbuhan dan pemulihan otot tidak mencukupi, maka vitamin ini juga akan memiliki efek pada testosteron; hormon yang paling kuat untuk pembentukan otot tubuh.

2. Vitamin D

Vitamin D berperan penting dalam pembentukan dan pemulihan otot. Vitamin ini cukup unik karena tubuh membutuhkan paparan sinar matahari secara langsung untuk merangsang produksi vitamin D.

Vitamin D dapat meningkatkan produksi hormon testosteron. Beberapa studi menunjukkan bahwa suplementasi vitamin D dapat meningkatkan tenaga pada orang dewasa. Vitamin ini juga berperan penting dalam sintesis protein, yang sebagian besar merupakan dampak dari produksi testosteron.

Selain dampaknya pada testosteron dan pertumbuhan otot, vitamin D juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Bersama dengan kalsium dan magnesium yang merupakan mineral penting, vitamin D mampu menjaga perkembangan tulang kamu.

3. Vitamin C

Pastinya kamu sudah mengenal baik atau sering mendengar tentang vitamin ini. Ya, vitamin C adalah vitamin yang paling populer. Mungkin kamu sering mendengar rekomendasi bahwa sebaiknya kamu meningkatkan asupan vitamin C agar daya tahan tubuhmu terjaga.

Lalu bagaimana perannya untuk pertumbuhan otot dan pemulihan tubuh kamu?

Pertama-tama, vitamin C merupakan antioksidan kuat yang bekerja untuk melindungi sel-sel otot kamu dari radikal bebas yang merusak. Selain itu, Vitamin C seperti dari Ultimate Nutrition juga membantu dalam pembentukan hormon testosteron dan hormon anabolik lainnya.

Vitamin C juga membantu dalam pembentukan kolagen, yang merupakan pembentuk utama dari jaringan ikat. Ini berarti vitamin C juga menjadi komponen penting dalam menjaga tulang dan otot kamu bebas dari cedera. Penelitian dari University of North Carolina menemukan bahwa suplementasi vitamin C sebelum dan setelah latihan dapat membantu mengurangi nyeri otot atau yang biasa disebut delayed onset muscle soreness (DOMS) dan mencegah oksidasi glutathione.

4. Vitamin E

Vitamin E ini dikenal sebagai vitamin untuk membantu mengatasi masalah kulit, tapi banyak yang belum tahu manfaat lain selain mengatasi masalah kulit.

Vitamin E juga merupakan antioksidan yang sangat kuat yang membantu melindungi sel-sel tubuh kamu. Latihan yang intensif akan menghasilkan radikal bebas dalam tubuh. Ketika radikal bebas sudah menumpuk, maka racun dalam tubuh kamu juga akan semakin banyak. Jika demikian, maka akan dapat mengganggu performa latihan, pertumbuhan otot, pemulihan, serta sistem kekebalan tubuh.

Selain mampu menangkal radikal bebas, vitamin E juga dapat digunakan sebagai pencegahan dan pengobatan aterosklerosis karotid, yaitu penyempitan arteri karotis akibat stres oksidatif. Jadi, dengan suplementasi Vitamin E dapat mendukung pertumbuhan dan mempercepat pemulihan otot kamu dengan melancarkan aliran darah sehingga otot kamu akan tetap ternutrisi dengan baik.

5. Vitamin B (B6, B12, dan Folat)

Vitamin B6, B12, dan folat dapat dikatakan vitamin B yang paling penting untuk pertumbuhan dan pemulihan otot. Vitamin B6 dan B12 berperan langsung dalam metabolisme protein. Semakin tinggi konsumsi protein, vitamin B6 akan membantu metabolisme tubuhmu.

Fakta lain adalah vitamin B6 dibutuhkan untuk mendukung penyerapan vitamin B12. Kedua vitamin ini sangat penting dalam produksi sel darah merah dan sel sistem kekebalan tubuh. Keduanya juga berperan dalam pertumbuhan serta pemulihan otot.

Sementara asam folat (B9), dikombinasikan dengan B6 dan B12 dapat mengurangi kadar homosistein dan meningkatkan produksi oksida nitrat dan fungsi endotel. Yang hasil akhirnya adalah dapat melancarkan aliran darah serta pendistribusian nutrisi ke otot.


Nah, setelah kamu mengerti pentingnya vitamin untuk membantu proses pertumbuhan dan pemulihan otot, ada baiknya bagi kamu yang sedang menjalani program fitnes ataupun olahraga lainnya, jangan lupa untuk mencukupi asupan vitamin-vitamin ini. Harapannya agar otot cepat berkembang dan siap untuk diberi pressing dalam latihan berikutnya.

Semoga artikel 5 Vitamin untuk Pertumbuhan dan Pemulihan Otot ini bermanfaat untukmu. Jangan lupa share ya. 

Posting Komentar untuk "5 Vitamin untuk Pertumbuhan dan Pemulihan Otot"