Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-Macam Latihan Aerobik dan Manfaatnya

Macam-Macam Latihan Aerobik dan Manfaatnya

Apa Itu Aerobik?

Macam-Macam Latihan Aerobik dan Manfaatnya - Aerobik secara harfiah berarti oksigen. Latihan aerobik adalah olahraga yang memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan dan memulihkan kesehatan. Ada beberapa jenis latihan aerobik, dan jika kamu melakukannya setiap hari, tubuh kamu akan lebih sehat. 

Macam-Macam Latihan Aerobik dan Manfaatnya

Aerobik umumnya dilakukan dalam intensitas yang sedang-sedang saja dan dalam jangka waktu yang lama. Dengan dilakukan seperti ini biasanya akan bermanfaat untuk melangsingkan tubuh. Aerobik memberikan banyak keuntungan, sehingga aerobik menjadi salah satu olahraga yang penting dan populer di masyarakat.

Olahraga dapat dibagi menjadi dua kategori: aerobik dan bukan aerobik. Perbedaan dari keduanya adalah dalam hal kontraksi otot ketika berlatih dan bagaimana cara energi dikeluarkan di dalam otot. Contoh dari olahraga yang bukan aerobik adalah latihan beban atau latihan kekuatan. Tanpa melakukan latihan aerobik, seorang binaragawan terbaik pun tidak akan bisa berlari, berenang, dan sebagainya dalam jangka waktu yang panjang.

Ketika berlatih aerobik, tubuh akan memecah glikogen yang digunakan untuk menghasilkan energi. Jika glikogen di dalam tubuh tidak mencukupi, tubuh akan menggunakan cadangan lemak sebagai gantinya, dan itulah alasannya mengapa berat badan seseorang bisa turun melalui aerobik. Oksigen memainkan peranan yang sangat penting dalam proses ini. 

Dalam latihan aerobik, kamu tidak menggunakan energi secara berlebihan. Sebaliknya, kamu akan menggunakan energi dalam tingkat yang sedang-sedang saja dalam jangka waktu yang panjang untuk memicu penggunaan lemak sebagai sumber produksi energi. Secara umum, olahraga seperti lari jarak jauh, dansa aerobik, dan berenang menggunakan waktu yang panjang termasuk dalam latihan aerobik. Sedangkan, sesuatu yang dilakukan menggunakan gerakan yang bertenaga dengan waktu singkat, seperti lari jarak pendek (sprint) atau angkat beban, tidak termasuk dalam olahraga aerobik.

Manfaat olahraga aerobik

Manfaat latihan aerobik memang sangat besar, sehingga banyak dokter yang menyarankan olahraga ini kepada para pasien mereka, meskipun mereka sudah memiliki berat badan yang normal. Manfaat dari aerobik diantaranya adalah memperkuat otot, melapangkan jantung agar dapat memompa dengan lebih efisien, meningkatkan aliran darah dan oksigen dalam tubuh, dan meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas). Selain itu, Aerobik juga mampu mengurangi risiko kematian yang disebabkan oleh masalah yang berhubungan dengan jantung, dan mengurangi risiko terkena osteoporosis pada pria maupun wanita.

Ada sejumlah program latihan aerobik yang dapat kamu lakukan, yang meliputi kegiatan aerobik yang dilakukan sendiri ataupun dilakukan secara kelompok. Yang harus selalu kamu ingat, sebelum memulai program latihan aerobik yang baru, berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter atau ahli kesehatan untuk mempelajari jenis latihan aerobik apa yang terbaik untuk kamu. 

Tujuan latihan aerobik adalah untuk melatih organ dalam seperti jantung dan paru-paru agar mampu bekerja lebih maksimal. Aerobik adalah kunci untuk memperoleh kehidupan yang sehat dan hidup yang produktif secara fisik. Jadi jangan ditunda lagi, mulailah segera berolahraga yang melibatkan aerobik di dalamnya.

Belajar tentang aerobik

Seperti yang sudah diuraikan sebelumnya, aerobik adalah suatu bentuk olahraga yang memiliki banyak manfaat. Olahraga ini dapat juga digunakan untuk membantu proses pembentukan tubuh agar ideal, membakar lemak, menguatkan otot, mendongkrak kebugaran, serta membantu membangun ketahanan tubuh. Oleh karenanya, tidak ada alasan lagi bagimu untuk tidak melakukan latihan aerobik. 

Namun, sebelum kamu memulai rutinitas aerobik ini, penting juga untuk kamu ketahui bagaimana cara aerobik bekerja. Untuk itu kamu perlu melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Yang pertama dan paling penting, kamu perlu berkonsultasi dengan doktermu untuk membuat keputusan olahraga yang terbaik. Dokter akan dapat melihat program aerobik mana yang tidak akan bermanfaat bagi tubuhmu, atau jenis aerobik mana yang kelihatan akan sulit kamu lakukan, atau jenis mana yang benar-benar dapat menyebabkan cedera.
    Dokter juga akan dapat menjelaskan latihan aerobik mana yang terbaik untuk dilakukan, merekomendasikan pelatih, dan menjelaskan kepadamu semua manfaat kesehatan dari aerobik. Maka, pastikan untuk berkonsultasi dengan doktermu dahulu sebelum kamu memulai semuanya.
  • Internet juga merupakan sumber ilmu untuk mencari informasi tentang aerobik.
    Tidak hanya bisa membaca artikel tentang manfaat dan sejarah aerobik, kamu juga dapat berinteraksi dengan orang lain di chat room dan forum untuk berbagi pengalaman aerobik atau seekedar bertanya.
    Situs-situs di internet semacam forum kesehatan juga memungkinkan kamu melihat rutinitas serta berbagai macam pola latihan orang lain sebagai referensi.
    Selain Internet, kamu juga dapat mempelajari aerobik menggunakan literatur lainnya seperti buku. Beli buku-buku yang dapat memberi informasi banyak mengenai latihan aerobik. Pada marketplace/toko online banyak sekali pilihan buku-buku seperti itu.
  • Harus kamu ketahui bahwa informasi yang tersebar di internet mungkin tidak ditulis oleh seorang profesional. Maka, ada baiknya mencarinya pada kanal resmi yang dipunyai oleh seorang profesional.
    Misalnya, konten-konten kesehtan yang dikeluarkan oleh Ade Rai, baik instagram ataupun youtube. Informasi dan tips yang dibagikan melalu kanal tersebut adalah sahih, mengingat Ade Rai adalah seorang atlit binaragawan profesional.

Berbagai Manfaat Aerobik

Di seluruh dunia, orang-orang sibuk membicarakan bermacam cara terbaru untuk berolahraga, sebab banyak pemberitaan yang mengatakan tingkat kesehatan manusia di jaman modern seperti sekarang sudah semakin menunjukkan penurunan. Apalagi setelah pandemi covid yang lalu. 

Para dokter dan ahli kesehatan lainnya telah banyak melakukan kampanye mengenai berbagai manfaat aerobik. Semua orang bisa dengan mudah memperoleh segala manfaatnya, termasuk kamu.

Banyak sekali manfaat aerobik yang tidak disadari banyak orang. Contohnya, cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan menjaga fungsi jantung dalam memompa darah. Nah, cara terbaik untuk melakukannya ialah dengan mempraktikkan olahraga yang memungkinkan jantung kamu memompa darah lebih cepat dan lancar, seperti aerobik ini. 

Agar kamu merasa sehat sepenuhnya, maka kamu harus melakukan gerakan-gerakan konstan yang mampu memacu detak jantung menjadi lebih cepat dalam jangka waktu yang panjang. Ketika jantung kamu bekerja lebih cepat, aliran darah dan oksigen pada setiap bagian tubuh akan disuplai secara cepat dan banyak. Hal inilah yang menjadi pendorong tubuh tetap pada kondisi yang prima.

Manfaat aerobik berikutnya, selain membuat jantung dan paru-paru kamu kuat, latihan aerobik juga sanggup memperkuat otot-ototmu, karena latihan aerobik biasanya dilakukan dalam waktu yang panjang. Tidak peduli kamu mengonsentrasikan gerakan di bagian mana pada tubuhmu, aerobik tetap akan membuat seluruh otot tubuhmu bekerja lebih kuat dari sebelumnya.

Melakukan aerobik di rumah

Banyak cara untuk membuat aerobik bermanfaat bagi kesehatanmu. Hal pertama yang harus kamu mengerti ialah pentingnya latihan aerobik dalam memacu jantung dan paru-paru agar dapat bekerja dengan maksimal. Aerobik memungkinkan seluruh bagian tubuh bekerja bersama-sama. 

Namun, masalahnya tidak semua orang bisa mudah berlatih di gym atau mengambil kelas latihan aerobik. Banyak orang terlalu sibuk dengan urusan rumah dan pekerjaan sehari-hari, sehingga pergi ke gym tidaklah memungkinkan bagi jadwal mereka. Jika kamu seperti orang-orang tersebut, maka kamu harus melakukan aerobik di rumah. 

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk melakukan aerobik di rumah. Dasar dari aerobik itu sendiri ialah bagaimana kamu harus meningkatkan pernapasan dan memacu jantung memompa darah lebih banyak lagi. Hal ini dapat dikerjakan dengan berbagai cara.

Pertama, cara paling populer untuk melakukan aerobik di rumah ialah dengan menggunakan air bike atau treadmill. Mesin treadmill ini tidak akan memakan tempat. Ukurannya relatif sebesar sepeda biasa. Kamu bisa menyimpannya di mana saja dan menggunakannya saat akan berlatih..

Apabila cara pertama sulit untuk kamu penuhi, kamu bisa menggunakan cara kedua yaitu atur latihan-latihan yang sesuai dengan kemampuanmu selama latihan itu bakal memacu kerja jantung dan paru-paru. Sebagai contoh kamu bisa melakukan lompat tali (skipping), atau dengan berlari mengitari kompleks rumah. 

Hal-hal ini juga sangat penting, sebab kamu bisa menyesuaikan sendiri jenis olahraga apa yang akan kamu lakukan. Intinya, aktivitas olahraga jangan jadi membebani. Apabila kamu ingin membiasakan diri berolahraga namun tidak memiliki cukup waktu untuk melakukannya di gym, hal-hal di atas dapat kamu pertimbangkan untuk memenuhi kebutuhanmu akan  latihan aerobik.

Latihan aerobik yang benar 

Saat ini banyak orang menggunakan berbagai obat-obatan dan melakukan diet ketat mati-matian untuk menurunkan berat badan yang tak diinginkan. Fenomena ini muncul karena sebagian besar orang ingin mencapainya dalam waktu instan. Ingat, semua membutuhkan proses. Tidak ada tubuh sehat dan ideal yang bisa dicapai dalam satu malam.

Contoh latihan aerobik yang populer adalah berlari dan joging. Keuntungan mendasar dari olahraga jenis ini adalah jantung yang sehat. Tubuh manusia merespon peningkatan kebutuhan akan oksigen yang terjadi saat berlari atau joging. Saat latihan aerobik dilakukan, sistem sirkulasi tubuh merespon dengan bekerja lebih keras sehingga menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. 

Macam-Macam Latihan Aerobik dan Manfaatnya
Berlari dan joging.

Sama seperti otot tubuh lainnya yang menerima dosis sehat dari angkat beban, jantung menjadi lebih kuat dengan latihan aerobik rutin. Jantung yang lebih kuat akan memompa darah lebih efisien dan meningkatkan aliran darah ke banyak bagian tubuh. Dengan kondisi jantung yang sehat, naik turun tangga jadi tidak menyusahkan. Berlari jarak jauh pun jadi tidak masalah lagi. Tubuh seseorang akan menjadi lebih efisien dalam melakukan tugas hariannya.

Sama seperti aktivitas fisik lainnya, latihan aerobik rutin bisa memberikan penampilan tubuh yang ideal. Bagi orang-orang yang berolahraga rutin, otot-otot mereka menjadi kencang dan tanpa lemak. Selain dari peningkatan fisik ini, kepadatan otot dapat memberi kontribusi bagi kekuatan tulang serta mengurangi risiko patah tulang bagi orang yang berusia lanjut.

Studi kesehatan juga menambahkan bahwa aktivitas fisik yang sedang atau intens dapat mendorong tubuh untuk menghasilkan zat endorfin. Zat ini dihasilkan oleh otak yang berfungsi untuk meningkatkan suasana hati, menghilangkan perasaan stres, dan kecemasan. Efek ini oleh berbagai ahli kesehatan disebut sebagai “runner's high" (kegembiraan pelari).

Setelah kamu berkonsultasi dengan dokter mengenai latihan aerobik, kamu harus benar-benar melakukan rekomendasi tersebut. Latihan ekstrim dapat meningkatkan produksi hormon stres seperti kortisol, epinefrin, dan norepinefrin. 

Kelebihan beban stres dapat terjadi jika seseorang tidak mengurangi intensitas latihannya. Saat latihan yang intens selesai, sejumlah sel-sel kekebalan tubuh dapat berkurang. Jadi, apabila ada virus atau bakteri yang hinggap ke tubuh dalam tahap ini, maka mereka dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi yang mungkin akan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Latihan aerobik dan kegiatan fisik lainnya harus dilakukan dengan benar untuk menghindari efek buruk yang disebabkan oleh latihan yang tidak sesuai atau berlebihan. Orang yang ingin melakukan kegiatan tersebut dapat memulai latihan aerobik dengan berjalan kaki atau joging selama lima menit di pagi hari dan lima menit sore hari. Hari berikutnya mereka dapat menambahkan beberapa menit untuk setiap sesinya. Kemudian, barulah mereka bisa berjalan cepat atau joging selama 30 menit sehari dan merasakan manfaat dari latihan aerobik tersebut.

Mesin latihan aerobik

Kamu mungkin berpikir bahwa latihan aerobik yang lebih baik adalah dengan mesin daripada hanya dengan melakukan lari atau lompat tali. Ingatlah, sama seperti rutinitas latihan sehat lainnya, aerobik adalah latihan yang harus disesuaikan dengan kondisi tubuhmu. Bukan tentang mesin atau tanpa mesin. Kamu harus berkonsultasi dengan dokter atau trainer untuk menentukan latihan yang terbaik bagimu. 

Mesin aerobik menjadi sangat populer karena mesin ini lebih mudah digunakan. Selain itu juga praktis. Kamu tidak perlu lagi harus berlari di luar rumah di waktu pagi atau sore hari. Atau, kamu tidak perlu pergi ke gym. Tujuan dari latihan aerobik adalah untuk menaikkan denyut jantung dan memperoleh bentuk tubuh ideal. Kemudahan yang diberikan mesin seperti treadmill, menjadikan goal latihanmu lebih mudah dicapai.

Ada banyak mesin aerobik yang tersedia. Dua mesin yang paling gampang dipakai dan paling populer adalah treadmill dan dan mesin sepeda (air bike). Dengan kedua mesin ini kamu dapat menjalani latihan dengan baik. 

Macam-Macam Latihan Aerobik dan Manfaatnya
Treadmill.

Macam-Macam Latihan Aerobik dan Manfaatnya
Air bike / spinning bike.

Alasan mengapa kedua mesin ini sangat terkenal adalah karena kepraktisannya. Dengan mesin sepeda kamu bisa berlatih di rumah tanpa memandang waktu ketika latihan. Treadmill juga sama, kamu bisa menggunakannya saat di rumah.

Keputusan memilih untuk mempunyai mesin treadmill atau mesin sepeda tetap ada di tanganmu.

Intensitas latihan aerobik

Intensitas adalah aspek yang sangat penting dari setiap latihan aerobik. Jadi, jika kamu ingin mendapatkan hasil maksimal dari aerobik, pastikan bahwa kamu mengikuti tiga aturan berikut.

Pertama, ketahuilah bahwa intensitas latihan haruslah sesuai dengan kondisi fisikmu. 

Kamu sendiri yang menentukan intensitasnya. Bila latihan sudah sesuai dan menunjukkan hasil positif, berarti inilah yang dinamakan sweet spot.

Jika kamu berlatih terlalu intens, kamu dapat mencederai diri sendiri atau tidak akan melihat hasil positif dari latihan itu. Sebaliknya, jika kamu tidak berlatih dengan intensitas yang cukup, hasilnya juga tidak maksimal. Oleh karena itu, kamu harus berlatih dengan program yang memiliki intensitas yang tepat. Ketika mencoba latihan yang baru, pastikan bahwa latihan itu memiliki bobot atau kecepatan yang berat, namun tidak melebihi ambang batas ketahan tubuh. Kemudian, kamu perlu mengubah kembali intensitas latihan ketika toleransi tubuh dan daya tahanmu meningkat. Jadi, kamu harus terus memperhatikan hasil latihannya. Apabila terasa terlalu berat maka turunkan intensitasnya. Sedang bila terlalu ringan, naikkan.

Aturan kedua adalah jangan mencederai tubuh.

Terlalu banyak latihan adalah satu masalah besar karena akan membahayakan tubuhmu. Ketika kamu berlatih dan tidak melihat hasilnya, kamu pasti akan meningkatkan latihan. Hal ini bagus, namun jika terlalu banyak latihan akibatnya bisa membuat kamu muntah. Tubuh mungkin sudah tidak bisa mentolerirnya. Jika kamu berlatih dengan benar, kamu akan merasakan sakit pada otot-otot di sekujur tubuh, tapi bukan sendi. Sendi yang sakit menunjukkan bahwa kamu sudah berlatih dengan cara yang salah. 

Jangan pernah melakukan latihan intens di mana kamu tidak dapat mengontrol napasmu. Istirahat sebentar dan gunakan kecepatan yang lebih rendah untuk mengembalikan intensitas. Cara ini akan membantu mendapatkan hasil lebih banyak daripada cara latihan sebelumnya. 

Terakhir, bangunlah intensitas dengan perlahan.

Ketika kamu mulai berolahraga, kamu tidak akan bisa langsung lari maraton sejauh 10 km. Bangunlah intensitas latihan dengan perlahan. Membangun intensitas dengan perlahan akan membantu mencegah cedera fisik, seperti yang telah dibahas di langkah kedua. Selain itu, hasil latihan dengan intensitas yang tepat akan lebih cepat terlihat, sehingga kamu juga jadi tidak mudah stres melihat hasil perkembangannya. Semua latihan merupakan proses, jadi jangan mengharap intensitas latihan yang tinggi akan segera memberi hasil yang positif.

Untuk dapat meningkatkan daya tahan latihan aerobik sedikitnya dilakukan selama 30 menit hingga 1 jam. Tapi, sebelumnya awali durasi latihan dengan waktu yang pendek.

Aerobik dan sistem pendukungnya

Memiliki sistem pendukung sangat penting untuk jenis olahraga apapun. Ada sejumlah orang yang dapat menjadi bagian dari sistem pendukung kamu agar kamu dapat mewujudkan goal latihan. Mereka ini akan membantu kamu agar tetap termotivasi sehingga tidak tergoda untuk melewatkan aerobik hanya dengan aktivitas yang sia-sia.

Siapa saja sistem pendukung aerobik yang baik bagimu:

  • Pertama, seorang ahli perawatan kesehatan harus menjadi pemimpin bagi sistem pendukung kamu. Dokter akan dapat mengusulkan rutinitas aerobik yang baik bagi kamu, serta merekomendasikan apa-apa saja yang harus dihindari. Pastikan bahwa kamu mengunjungi doktermu secara teratur untuk mencatat grafik kemajuan dan juga berkonsultasi bila kamu ingin mengubah program aerobik.
  • Pelatih pribadi (trainer) juga harus kamu masukkan di bagian atas daftar anggota kelompok pendukung. Seorang pelatih pribadi untuk aerobik dapat memenuhi tujuan kamu menurunkan atau memelihara berat badan. Seorang pelatih pribadi juga akan mampu untuk memperbaiki bentuk latihan serta memberikan tips agar latihan aerobik kamu bisa seoptimal mungkin. Selain itu, pelatih pribadi ini juga akan memberi dukungan bagi mentalmu, Mengingat latihan aerobik membutuhkan komitmen yang besar.
    Keluarga kamu juga merupakan sistem pendukung yang bagus. Bahkan saat kamu berada di rumah dan tidak melakukan aerobik, kamu dan keluarga dapat bekerjasama untuk memiliki gaya hidup sehat dengan cara tidak merokok, makan makanan sehat, dan lebih sering beraktivitas di luar ruangan timbang bersantai-santai di sofa. Kamu juga dapat mengajak seluruh keluarga pergi ke gym untuk mencoba latihan aerobik. Ini adalah cara yang bagus untuk membentuk ikatan keluarga serta melakukan sesuatu yang positif untuk tubuhmu.
  • Terakhir, kamu dapat berlatih dengan pasangan agar tetap termotivasi. Cari seseorang yang juga suka melakukan aerobik dan pergi bertemu di gym pada saat yang sama. Hal ini dapat menjadi sebuah motivasi besar. Kamu juga dapat mencari mitra latihan dengan mengikuti kelas aerobik. Setelah selesai kelas, bergaul dengan teman-teman baru kamu akan membuat kamu merasa bahwa hidup sehat bermanfaat dan lebih mudah untuk dilakukan. 

Ketika kamu memulai program aerobik, memiliki banyak anggota pendukung mampu membuat hasil latihan menjadi lebih baik.

Aerobik untuk Pemula

Jika kamu baru memulai latihan aerobik, kamu mungkin akan merasa kewalahan. Oleh karenanya, kamu harus mulai latihan dari dasar.

Memulai latihan aerobik sangatlah mudah dan bisa kamu lakukan di rumah. Mulailah aerobik dengan berjalan di tempat dan menggerakkan lengan dan kaki untuk membuat denyut jantung kamu naik. Kemudian, secara bertahap lanjutkan dengan melakukan lebih banyak gerakan dan tempo lebih cepat. Lakukan pengulangan sebanyak yang kamu bisa lakukan. 

Hal lain yang harus kamu tahu adalah latihan ini seringkali bisa lebih maksimal dengan musik. Cara kerjanya adalah musik digunakan untuk mengantur tempo/rtime latihan. Gunakan musik semacam dance atau musik dengan beat yang sesuai. Selain itu, musik dapat digunakan untuk mengukur waktu latihanmu. Kamu dapat melakukan satu set untuk seluruh lagu, misalnya. Musik juga dapat memberi semangat dan motivasi saat kamu berlatih, serta menjaga mood tetap baik.

Aerobik tubuh bagian atas

Otot-otot lengan dan bagian lain yang terletak di atas pinggang adalah bagian tubuh yang sering tidak kita sukai. Bagian tubuh ini biasanya dipenuhi timbunan lemak dan ingin kita perbaiki. Kita menginginkan lengan dan tubuh bagian atas yang kuat dengan bentuk yang ideal. 

Kunci untuk melatih tubuh bagian atas adalah repetisi (pengulangan). Kamu harus melatih tubuh dengan melakukan gerakan-gerakan yang membuat otot kamu bekerja. Ketika kamu sedang joging atau berjalan, kamu bisa melakukan repetisi pada lengan dan bahumu dengan menggerakkan dan mengangkatnya ke atas kepala, sambil kemudian diturunkan lagi. Ulangi gerakan ini terus menerus selama kamu berlari. Gerakan ini dapat memberi tekanan ke otot lengan.

Apabila kondisinya memungkinkan, kamu bisa menambahi tekanan dengan membawa dumbbell. Tidak perlu yang berat. Tambahan beban pada lengan dengan dumbbell ini akan semakin memperkuat lengat dan membakar lemak yang ada. 

Aerobik untuk bagian perut

Untuk menarget otot perut, lakukanlah peregangan pada bagian otot ini saat latihan aerobik. Kamu bisa meregangkan otot perut dengan memutar badan ke sisi kanan dan kiri. Pastikan otot perut terasa tertarik dengan gerakan ini. 

Gerakan dapat juga diselingi dengan lompatan-lompatan. Ingat, usahakan ritme/tempo gerakan tidak berubah dan selalu menyesuaikan detak jantungmu.

Aerobik tubuh bagian bawah

Kaki adalah bagian tubuh yang harus selalu kuat karena fungsinya sebagai penopang sekaligus berjalan. Kamu harus mampu memiliki ketahanan ketika sedang berjalan atau berlari.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memperkuat tubuh bagian bawah dengan latihan aerobik. Berjalan cepat atau berlari mampu melatih otot-otot tubuh bagian bawah. Untuk menambah hasilnya, kamu bisa memberi beban pada kaki saat berlari. Pastikan beban pada kaki sesuai dengan kondisi kekuatan kakimu. Jangan terlalu ringan dan jangan juga terlalu berat. 

Dengan latihan yang rutin, tubuh bagian bawahmu akan semakin kuat dan memiliki ketahanan yang baik. 

Aerobik untuk seluruh bagian tubuh

Ketika kamu ingin melatih seluruh tubuhmu, ada beberapa hal yang harus diingat. Pertama, pada saat latihan kamu harus yakin bahwa telah menggerakkan seluruh kelompok otot dalam durasi waktu yang lama. Banyak orang yang gagal karena menyepelekan hal ini dan hanya menghasilkan latihan yang tidak memaksimalkan seluruh otot tubuh.

Aerobik terbaik yang dapat kamu lakukan adalah gerakan aerobik di mana kamu melatih setiap otot dalam tubuhmu. Ingatlah bahwa kamu harus memiliki sebuah sesi dimana jantung kamu memompa, sehingga yang harus kamu lakukan adalah terus menggerakkan setiap ototmu.

Latihan terbaik untuk melatih seluruh bagian tubuh bisa dilakukan dengan cara berjalan cepat di tempat. Biarkan jantung kamu berdenyut lebih cepat, kemudian setelahnya kamu dapat mulai melatih bagian otot-otot yang lain. Gunakan lengan kamu dan lakukan gerakan tangan meraih ke angkasa secara berulang-ulang. Pada saat yang sama, mulailah melakukan peregangan kaki untuk melatih tubuh bagian bawah. Kemudian, kamu bisa melakukan gerakan dari sisi ke sisi untuk melatih perut kamu.

Latihan aerobik, Berapapun Usiamu

Ada beberapa hal yang harus para manula ini perhatikan sebelum memulai latihan aerobik. Ingat bahwa latihan aerobik dilakukan karena ada yang ingin kamu bangun. Kamu harus memulainya dari yang kecil, dan dari mana kamu memulai akan banyak bergantung pada seberapa sehat kondisi kamu saat ingin memulainya. 

Tetap yang utama adalah berkonsultasi dahulu dengan dokter ataupun trainer perihal latihan ini. Apakah kamu masih direkomendasikan untuk melakukan aerobik? Jika iya, latihan seperti apa yang aman untuk fisikmu. Biarkan rekomendasi dari dokter itu menjadi panduan bagi program latihanmu.

Setelah berkonsultasi dengan dokter, manula dapat memulai resimen latihan aerobik yang sama dengan mereka yang berusia lebih muda. Hanya saja harus selalu memperhatikan intensitas latihannya. Selain itu juga lakukan latihan yang ringan hingga sedang saja. Jangan juga terlalu memforsir tubuh karena kekuatan fisik manula tentunya sudah lebih menurun dibanding orang yang muda.

Ingat, itu semua tergantung pada seberapa sehat kondisi tubuhmu untuk melakukannya, dan seberapa jauh kamu ingin menjalankan latihan aerobik ini. Selama kamu tidak berlebihan, latihan aerobik ini akan sangat membantu. 

Aerobik untuk ketahanan tubuh

Tidak peduli sudah sampai tahap mana latihanmu, meningkatkan porsi latihan sangatlah penting dilakukan. Jika kamu telah melakukan olahraga sejak lama, atau apabila kamu menekuni olahraga yang mengharuskan kamu memiliki ketahanan tubuh yang prima, kamu mungkin tahu bahwa aerobik bisa berperan sangat penting di sini. Kamu telah mengerti bahwa untuk mencapai kondisi tubuh sebaik mungkin, kamu harus meningkatkan kinerja jantung dan pernapasan kamu. 

Poin terpenting melakukan aerobik ialah memacu jantung memompa darah lebih cepat dan meningkatkan pernapasan. Itulah hal dasar yang perlu kamu perhatikan. Kamu bisa meningkatkan durasi, kecepatan atau apapun yang bisa kamu lakukan, agar aerobik dapat berefek sangat positif bagi perkembangan ketahanan tubuh kamu.

Ingat, menantang diri kamu sendiri ialah poin penting dalam melakukan aerobik. Kamu harus kreatif dan mencari gerakan lain yang tidak biasa dilakukan tubuh, sehingga tubuh akan terpacu untuk bereaksi positif. Inilah cara terbaik agar ketahan tubuhmu lebih meningkat. 

Aerobik air untuk menurunkan berat badan

Jika kamu menggunakan air untuk berolahraga, ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh latihan aerobik air ini. Pada dasarnya latihan aerobik air sama saja dengan aerobik biasa, hanya saja aerobik air dilakukan di dalam air.

Dengan melakukan latihan di dalam air, kamu akan memperoleh daya tahan yang lebih besar daripada jika kamu melakukannya di darat. Seperti sudah diketahui secara umum jika bergerak di dalam air kekuatan dan energi yang dibutuhkan akan lebih besar. Artinya, otot lebih maksimal mendapatkan tekanan, dan lemak juga semakin banyak terbakar.

Kamu bisa mengikuti kelas latihan aerobik air untuk menurunkan berat badan. Hal ini efektif dan sudah dijalani oleh banyak orang. Selain itu, aerobik air adalah kegiatan yang sangat menyenangkan karena sejak kecil hampir semua orang menyukai kegiatan yang yang berhubungan dengan air.

Latihan Aerobik yang kreatif 

latihan aerobik bisa menjadi sangat membosankan apabila kamu melakukannya terlalu sering. Tidak terkecuali dengan latihan yang kamu lakukan di rumah, seperti bersepeda atau berjalan di treadmill. Jangan biarkan diri kamu berhenti! Banyak sekali cara efektif untuk berlatih aerobik, dan kamu harus tahu bahwa kesemuanya akan sangat bermanfaat bagi kamu.

Seperti telah disebutkan di atas, ingatlah bahwa aerobik berfungsi memacu jantung kamu memompa darah lebih cepat dan juga meningkatkan intensitas pernapasan kamu. Artinya, untuk memperoleh kondisi demikian tidak ada batasan yang harus kamu patuhi untuk berlatih aerobik.

Cobalah latihan menggunakan papan skate dan berlari bersama anjing piaraanmu. Variasi latihan seperti ini dapat mencegah rasa bosan datang.

Contoh cara lain yang bisa kamu lakukan ialah dengan mengambil kelas dansa, terutama jenis dansa yang berirama dan memiliki gerakan cepat. Ini akan menjadi solusi terbaik dalam berolahraga kreatif sebab tubuh tetap akan bekerja maksimal. 

Atau kalau kamu masih kebingungan mencari variasi, silakan mencari referensi jenis latihan melalui internet. Tentunya akan banyak artikel ataupun video yang membahas tentang hal ini.

Nah, dari uraian tentang latihan aerobik di atas tentunya kamu dapat mengambi kesimpulan mengenai baik tidaknya jenis olahraga ini. Apabila kamu merasa hal ini penting, segeralah lakukan. Karena di masa seperti sekarang kesehatan terasa semakin mahal. Maka, lebih baik menjaga tubuh agar tetap sehat dengan berolahraga dan menjada pola makan. Kamu bisa memulainya dengan latihan aerobik di rumah. Sederhana, praktis, dan memberi efek yang sangat baik bagi tubuh.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Macam-Macam Latihan Aerobik dan Manfaatnya"