Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam Psikolog dan Deskripsi Pekerjaannya

Macam-macam Psikolog dan Deskripsi Pekerjaan

Macam-macam Psikolog dan Deskripsi Pekerjaan - Apa saja macam-macam spesialisasi seorang psikolog dan apa yang sebenarnya mereka lakukan di berbagai cabang psikologi yang ada? Ketika orang-orang mendengar istilah psikolog, banyak yang langsung membayangkan pria atau wanita duduk di kantor, menulis catatan sementara seorang klien duduk terhipnotis di sebuah sofa kulit. Tentu, ada banyak psikolog yang terlibat dalam terapi bicara jenis ini, tetapi orang-orang yang bekerja di bidang psikologi juga melakukan berbagai hal lain.


Macam-macam Psikolog dan Deskripsi Pekerjaan
Macam-macam psikolog dan deskripsi pekerjaannya

Tahukah kamu bahwa ada psikolog yang mempelajari cara orang bekerja dan berinteraksi dengan alat di lingkungan mereka? Atau bahwa beberapa psikolog menemukan cara untuk membantu memperlambat pemanasan global? Menarik bukan, ternyata banyak spesialisasi psikolog yang sama sekali belum kita ketahui.

Di bawah ini adalah daftar dari beberapa macam-macam psikolog dan deskripsi pekerjaan profesional (spesialisasi) mereka. Simak sampai selesai ya.

1. Psikolog Penerbangan

Para psikolog ini mempelajari perilaku pilot dan anggota awak pesawat lainnya. Psikolog penerbangan juga melakukan penelitian tentang keselamatan penerbangan, mengembangkan peralatan pelatihan baru, dan membantu memilih karyawan yang cocok.

Dapat dikatakan bahwa seorang psikolog penerbangan mungkin akan memilih pelamar untuk dapat menempati posisi pilot elit. Oleh karena sifat pekerjaan yang amat terspesialisasi dan rumit, sangatlah penting untuk memilih kandidat yang sehat, stabil, dan mampu untuk menghadapi tekanan kuat. Psikolog penerbangan memanfaatkan pengetahuan psikologi mereka untuk memastikan bahwa hanya orang-orang terbaik yang dipilih untuk peran-peran penting ini.

Dalam pekerjaannya psikolog penerbangan juga bekerja sama dengan tenaga profesional lainnya, termasuk insinyur dan psikolog faktor manusia, untuk merancang berbagai komponen pesawat terbang seperti kabin atau dek penerbangan. Dengan mempertimbangkan psikologi manusia selama proses desain, psikolog penerbangan dapat membantu memastikan bahwa produk ini dikembangkan dengan persepsi, perhatian, memori, dan kemampuan lain yang berjalan dalam pikiran manusia.

2. Ahli biopsikologi

Para psikolog ini juga kadang-kadang disebut psikolog biologis atau psikolog fisiologis. Mereka mempelajari dan melakukan penelitian pada otak dan perilaku. Dengan pemeriksaan terhadap dasar-dasar bagaimana saraf bekerja, ahli biopsikologi dapat memahami berbagai faktor biologis yang mungkin memengaruhi cara orang berpikir, merasakan, dan bertindak.

Psikolog jenis ini mungkin juga menyelidiki bagaimana penyakit otak dan cedera berdampak pada perilaku. Dengan lebih memahami bagaimana orang dipengaruhi oleh cedera dan penyakit seperti itu, para peneliti juga dapat menemukan cara baru untuk mencegah, mengobati, dan mengelola penyakit dan trauma otak yang serius.

3. Psikolog Klinis

Spesialisasi ini mungkin sering kita dengar atau baca melalui media atau pemberitaan. Psikolog klinis mempunyai deskripsi kerja menilai, mendiagnosis, dan mengobati orang yang mengalami tekanan psikologis dan penyakit mental. Mereka juga melakukan psikoterapi dan mengembangkan rencana perawatan.

Psikolog klinis sering bekerja di rumah sakit, klinik kesehatan mental, ataupuun praktik pribadi. Mereka dilatih dalam berbagai teknik perawatan tetapi mungkin berspesialisasi dalam mengobati gangguan tertentu atau bekerja dengan populasi tertentu. Sebagai contoh, seorang psikolog klinis mungkin memiliki spesialisasi pada bidang-bidang pekerjaan, seperti perawatan pasien penyalahgunaan zat/obat, kesehatan mental anak dan orang dewasa, atau juga kesehatan mental pada geriatri (orang lanjut usia).

Walaupun psikolog klinis sering bekerja di lingkungan medis, mereka bukan dokter dan dalam kebanyakan kasus tidak dapat membuat resep obat untuk pasiennya.

4. Psikolog Kognitif

Psikolog kognitif menyelidiki bagaimana orang berpikir, termasuk topik-topik seperti pengambilan keputusan dan pemecahan masalah. Psikolog tipe ini mempelajari bagaimana otak memproses, belajar, menyimpan, mengenali, dan memanfaatkan informasi.

Psikolog kognitif dapat bekerja dalam berbagai instansi, termasuk universitas, pusat penelitian, fasilitas rehabilitasi, rumah sakit, lembaga pemerintah, atau juga membuka praktik sendiri. Profesional di bidang ini sering melakukan berbagai tugas seperti melakukan penelitian dan bekerja dengan pasien.

Seperti bidang psikologi lainnya, psikolog kognitif sering memilih untuk berspesialisasi dalam bidang tertentu seperti memori, perkembangan bahasa, perhatian, pemecahan masalah, atau ketidakmampuan belajar.

5. Psikolog Komunitas

Spesialisasi psikolog ini melakukan penelitian tentang masalah kesehatan masyarakat. Mereka juga berupaya mendidik masyarakat dan mengembangkan program pencegahan. Para profesional ini berfokus pada membantu memimpin perubahan positif di tingkat individu dan masyarakat.

Kamu mungkin menemukan psikolog komunitas bekerja di berbagai instansi, seperti di universitas, lembaga pemerintah, organisasi masyarakat, dan bisnis swasta sebagai peneliti, profesor, konsultan, penasihat kebijakan, atau direktur program.

Penelitian psikologi dalam bidang ini cenderung sangat berorientasi pada tindakan dan berfokus pada pengembangan solusi dunia nyata yang dapat segera dipraktikkan. Psikolog komunitas bekerja untuk mengatasi masalah sosial, meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan, dan membuat kebijakan yang meningkatkan kehidupan masyarakat.

6. Psikolog Komparatif

Psikolog komparatif mempelajari perilaku spesies yang berbeda, terutama bagaimana perbedaan perilaku antara hewan dan manusia. Lantas, mengapa harus mempelajari hewan/binatang? Karena, walaupun terdapat perbedaan besar antara manusia dan hewan, namun diasumsikan ada beberapa hal yang mungkin berlaku pada semua spesies (hewan dan manusia).

Oleh karena itu, mempelajari perilaku dan respons hewan seperti tikus dan anjing dapat memberikan wawasan tentang perilaku manusia juga. Pengamatan antara kedua spesies ini telah terbukti memberikan masukan penting sepanjang sejarah ilmu psikologi.

Karya psikologi Thorndike dengan kucing, karya Pavlov dengan anjing, dan karya Skinner dengan merpati hanyalah beberapa contoh psikologi komparatif di mana perilaku hewan dapat memberikan wawasan tentang perilaku manusia.

7. Psikolog Konsumen

Psikolog konsumen juga dikenal sebagai psikolog pemasaran. Psikolog konsumen meneliti perilaku konsumen dan mengembangkan strategi pemasaran untuk mempromosikan bisnis. Psikolog jenis ini terlibat dalam membantu sebuah bisnis lebih memahami apa yang membuat konsumen membeli produk dan layanan. Mereka meneliti bagaimana pembeli merespons pesan pemasaran, menganalisis strategi pengambilan keputusan, dan menyelidiki peran yang dimainkan emosi dalam pilihan pembelian suatu produk.

Para psikolog konsumen membantu sebuah bisnis untuk mengembangkan pesan pemasaran, mengidentifikasi audiens target (pangsa pasar), mengembangkan produk yang menarik bagi kelompok konsumen tertentu, dan mempelajari tentang bagaimana merek dan produk dapat terbentuk dan berubah. Mereka menyelesaikan deskripsi pekerjaan ini melalui penggunaan angket, survei riset pasar, eksperimen, kelompok fokus konsumen, dan pengamatan lapangan.

8. Psikolog Konseling

Psikolog konseling menyediakan psikoterapi untuk orang yang mengalami gangguan psikologis, masalah perilaku, kesulitan emosional, stres, dan masalah yang terkait dengan itu semua. Para profesional ini memiliki banyak kesamaan dengan psikolog klinis.

9. Psikolog Lintas Budaya

Psikolog lintas budaya melihat bagaimana orang berbeda-beda antar budaya dan bagaimana afiliasi budaya mempengaruhi perilaku. Mereka sering mengeksplorasi bagaimana berbagai aspek perilaku dapat bersifat universal atau beragam di berbagai budaya.

Sebagai contoh, psikolog lintas budaya mungkin menyelidiki bagaimana gaya pengasuhan berbeda antara budaya kolektivis (timur) dengan budaya individualis (barat) serta bagaimana perbedaan dalam pengasuhan tersebut mempengaruhi perilaku saat dewasa.

10. Psikolog Perkembangan

Psikolog perkembangan meneliti perkembangan manusia di seluruh umur. Beberapa fokus pada periode tertentu seperti anak usia dini, remaja, dewasa, atau usia tua. Para profesional ini dapat melakukan tugas-tugas seperti mengevaluasi anak-anak yang mungkin mengalami keterlambatan perkembangan atau kecacatan, menyelidiki masalah yang berkaitan dengan penuaan, dan mempelajari bagaimana keterampilan bahasa diperoleh.

Beberapa psikolog perkembangan mungkin fokus pada penelitian dan menambah pemahaman kita tentang masalah perkembangan yang dapat muncul sepanjang hidup manusia. Profesional lain dapat melakukan pekerjaan terapan dengan klien yang membutuhkan bantuan dalam mengatasi masalah perkembangan.

11. Psikolog Pendidikan

Para psikolog ini mempelajari bagaimana orang belajar dan proses pendidikan. Ini mungkin melibatkan pengembangan strategi pengajaran dan teknik pengajaran. Beberapa psikolog pendidikan mempelajari bakat atau ketidakmampuan belajar.

Psikolog pendidikaan melihat bagaimana faktor sosial, kognitif, dan emosional mempengaruhi proses pembelajaran. Beberapa profesional di bidang ini mengkhususkan diri dalam mengidentifikasi dan menangani masalah potensial yang dapat mengganggu cara anak-anak belajar. Yang lain mengkhususkan diri dalam meneliti proses pembelajaran, sementara beberapa mungkin malah fokus pada merancang bahan ajar guna memaksimalkan hasil pembelajaran.

12. Psikolog Teknik

Psikolog teknik berfokus pada menemukan cara untuk meningkatkan kemampuan manusia dengan meningkatkan mesin, peralatan, teknologi, dan lingkungan kerja. Sementara beberapa mungkin fokus pada penelitian yang lebih mendasar, ini adalah bidang yang paling sering diterapkan. Psikolog teknik bekerja untuk memecahkan masalah dunia nyata dan mengembangkan solusi yang dapat memiliki aplikasi praktis dalam kehidupan sehari-hari.

Psikolog teknik dapat ditugaskan untuk mengembangkan teknologi yang dapat digunakan dalam industri perawatan kesehatan untuk membantu pasien pulih lebih cepat. Mereka juga membantu merancang dan memurnikan produk yang digunakan orang setiap hari, termasuk ponsel dan kendaraan bermotor.

13. Psikolog Lingkungan

Psikolog lingkungan mengeksplorasi hubungan antara manusia dan lingkungannya, termasuk lingkungan alam serta lingkungan yang diciptakan. Ini mungkin termasuk bekerja pada proyek konservasi, membantu melindungi spesies yang terancam punah, dan menyelidiki cara untuk menghentikan pemanasan global.

Para profesional ini dapat bekerja sebagai peneliti untuk mempelajari dampak yang ditimbulkan manusia terhadap lingkungannya. Beberapa psikolog lingkungan juga bekerja di pemerintahan untuk membentuk kebijakan lingkungan.

14. Psikolog Forensik

Psikolog forensik fokus pada hubungan antara psikologi dan hukum. Dalam profesinya mungkin melibatkan aktivitas seperti konsultan dalam kasus pidana atau perselisihan sipil, melakukan evaluasi hak asuh anak, dan menawarkan layanan psikoterapi kepada korban kejahatan.

Berkat penggambaran populer dalam film dan program televisi, minat dalam bidang psikologi forensik ini telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Sementara penggambaran budaya pop ini sering menggambarkan psikolog forensik sebagai detektif yang bekerja untuk menangkap penjahat. Psikolog forensik nyata biasanya melakukan tugas-tugas seperti menilai remaja dan pelanggar dewasa untuk risiko residivisme, bekerja dengan saksi anak, mengevaluasi kompetensi untuk menghadapi persidangan, dan menawarkan profesional kesaksian di pengadilan.

15. Psikolog Kesehatan

Psikolog kesehatan berpusat pada bagaimana psikologi, biologi, kelompok sosial, dan perilaku memengaruhi kesehatan, penyakit, dan kesehatan secara umum serta meneyuluruh. Mereka bekerja dengan klien untuk membantu memaksimalkan kesejahteraan dan meningkatkan kesehatan mental dan fisik.

Beberapa profesional di bidang ini melakukan pekerjaan klinis di mana mereka menilai dan merawat klien yang mencari bantuan dengan berbagai masalah kesehatan. Mereka mungkin melibatkan penyediaan psikoterapi, pemberian penilaian psikologis yang berbeda, mengajar orang tentang teknik koping yang berbeda, dan mendidik klien tentang perilaku sehat.

16. Psikolog Industri-Organisasi

Psikolog Industri-Organisasi (psikolog I-O) mempelajari perilaku di tempat kerja, seperti bagaimana memilih karyawan terbaik untuk pekerjaan tertentu, atau bagaimana membuat produktivitas pekerja semakin meningkat. Seorang psikolog I-O mungkin memanfaatkan pengetahuannya tentang prinsip-prinsip psikologis untuk merancang penilaian untuk menyaring calon untuk peran pekerjaan tertentu.

Mereka juga dapat ditugaskan untuk mengembangkan program pelatihan untuk karyawan yang ada untuk meningkatkan pengetahuan, memaksimalkan efisiensi, dan meminimalkan cedera. Psikolog I-O juga sering diminta untuk menilai bisnis pada tingkat organisasi dan mencari cara baru untuk menurunkan biaya, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan kepuasan dan retensi karyawan.

17. Psikolog Militer

Psikolog militer mempraktikkan psikologi dalam lingkungan militer. Pekerjaan psikolog militer ini dapat berupa aktivitas seperti merawat para tentara yang mempunyai penyakit mental atau tekanan emosional, melakukan penelitian dalam berbagai aspek kehidupan militer, dan juga membantu tentara melakukan transisi untuk kembali ke dalam kehidupan sipil (bagi para pensiunan).

Beberapa psikolog militer fokus melakukan psikoterapi di berbagai cabang militer, sementara yang lain menerapkan pengetahuan mereka tentang pikiran dan perilaku manusia untuk merekrut, memerangi stres, pelatihan, kepemimpinan, dan pengambilan keputusan.

18. Psikolog Kepribadian

Psikolog kepribadian mempelajari berbagai aspek kepribadian dan bagaimana ciri-ciri individu memengaruhi kehidupan dan perilaku seseorang. Para peneliti di bidang psikologi kepribadian tertarik pada berbagai topik yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, mereka dapat mempelajari bagaimana kepribadian terbentuk dan apakah itu dapat diubah. Mereka mungkin juga menyelidiki apakah ciri-ciri kepribadian tertentu terkait dengan penyakit atau kelainan tertentu, bagaimana kepribadian memengaruhi keputusan yang diambil orang, dan banyak faktor yang berkontribusi pada pengembangan kepribadian.

19. Psikolog Sekolah

Psikolog sekolah membantu anak-anak mengatasi masalah emosional, akademik, sosial, dan perilaku di lingkungan sekolah. Profesional yang bekerja di bidang psikologi ini memainkan peran penting dalam sistem pendidikan, biasanya berkolaborasi dengan orang tua, guru, siswa, dan staf sekolah lainnya untuk memastikan bahwa lingkungan belajar yang sehat, aman, mendukung, dan produktif.

Anak-anak yang bergulat dengan masalah tertentu, apakah itu perilaku, emosi, atau akademis, dapat bekerja dengan psikolog sekolah untuk membuat target ataupun rencana yang efektif untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Psikolog sekolah memberikan intervensi langsung atau perilaku manajemen ketika dibutuhkan, atau mereka mungkin hanya menawarkan dukungan dan saran kepada siswa yang membutuhkan bantuan seseorang untuk diajak berdialog (sharing).

20. Psikolog Sosial

Psikolog sosial mempelajari perilaku kelompok, termasuk bagaimana orang berperilaku dalam lingkungan sosial dan bagaimana kelompok mempengaruhi perilaku individu-indoovidu di dalamnya. Seorang psikolog sosial dapat menyelidiki berbagai topik, termasuk sikap, prasangka, komunikasi, hubungan interpersonal, agresi, dan persuasi.

Untuk beberapa profesional, psikolog sosial ini sebagian besar melibatkan melakukan penelitian dasar yang dirancang untuk menambah pemahaman kita tentang perilaku sosial pada msyarakat tertentu. Dalam kasus lain, psikolog sosial memanfaatkan keterampilan dan pengetahuan mereka untuk memengaruhi perilaku manusia dalam hal mendorong sebuah kelompok menjadi lebih produktif dan sehat secara sosial.

Kesimpulan

Seperti yang dapat kamu lihat dari uraian singkat pada artikel Macam-macam Psikolog dan Deskripsi Pekerjaan barusan, ada banyak jenis ilmu psikologi dan psikolog yang berfokus pada berbagai perilaku manusia. Apabila kamu tertarik untuk mempelajari atau mungkin ingin mengambil kuliah psikologi, beberapa informasi di atas mungkin dapat memberi pengetahuan dan orientasi apa yang akan kamu pilih ke depannya. 

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Macam-macam Psikolog dan Deskripsi Pekerjaannya"