Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Manfaat Makan Oatmeal Bagi Tubuh

Manfaat Makan Oatmeal Bagi Tubuh

Manfaat Makan Oatmeal Bagi Tubuh - Mungkin kamu serin mendengar oatmeal, apa itu oatmeal? Di dalam masyarakat kita, oatmeal memang masih kalah populer dibandingkan dengan nasi putih. Bahkan mungkin sebagian masih belum mengenal apa itu oatmeal. Sedang sebagian kecil orang sudah mengonsumsi oatmeal secara rutin sebagai pengganti karbohidrat yang lebih sehat.

Manfaat Makan Oatmeal Bagi Tubuh
Manfaat Makan Oatmeal Bagi Tubuh

Apa itu oatmeal

Oatmeal (oat) merupakan jenis gandum yang mengandung serat tinggi dan biasanya disajikan untuk sarapan pagi. Dalam penyajiannya, oatmeal juga sering diampurkan dengan buah-buahan segar atau susu.

Oatmeal atau havermut sangat mudah diolah/dimasak untuk dikonsumsi. Ini juga merupakan alasan kenapa oatmeal dijadikan salah satau elemen makanan pendukung kesehatan. Oatmeal merupakan makanan sumber karbohidrat yang kaya akan serat. Bahkan, ahli gizi dan praktisi kesehatan banyak yang merekomendasikan oatmeal untuk rutin dikonsumsi bagi peningkatan kesehatanmu. Selain itu, oatmeal juga dikenal sebagai makanan sehat bagi jantung.

Manfaat oatmeal untuk fat loss / weight loss

Mungkin bagi kamu yang melakukan program fat loss atau weight loss, mestinya sudah mengerti tentang fungsi dan manfaat oatmeal. Oatmeal dikonsumsi saat menjalankan program menurunkan berat badan karena salah satu manfaatnya adalah untuk mengurangi atau menekan rasa lapar. 

Tapi, apakah hanya itu saja manfaat dari makanan oatmeal ini? Tentu saja tidak. Masih banyak sekali manfaat makan oatmeal setiap hari bagi tubuh kita. Beberapa di antaranya akan dituliskan di bawah ini. Jangan dilewatkan ya, wajib baca sampai habis ya.

Manfaat Makan Oatmeal Bagi Tubuh

1. Mampu menekan nafsu makan.

Oatmeal merupakan makanan yang rendah kalori. Selain itu, oatmeal juga mengandung serat tinggi yang membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Artinya dengan mengganti menu makan menggunakan oatmeal, kamu akan mampu menkan rasa lapar lebih lama. 

Kandungan serat oatmeal tercatat dalam American Journal of Epidemiology tahun 2010. Pada jurnal tersebut disebutkan makan semangkuk oatmeal per hari dapat membantu memberikan 8 gram serat pada tubuh.

2. Meningkatkan sistem imun tubuh.

Di dalam oatmeal terdapat beberapa jenis serat, salah satunya adalah yang disebut serat beta-gluten. Selain berfungsi untuk melindungi jantung, serat jenis ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Serat ini akan bertugas membantu kekebalan tubuh dalam mencari dan memperbaiki bagian tubuh yang terserang infeksi bakteri.

Misal saja kamu memulai mengonsumsi oatmeal secara rutin di pagi hari, makan manfaat sarapan oatmeal setiap pagi akan bisa segera kamu rasakan, yaitu terjaganya imunitas tubuh dan perlindungan ekstra pada jantung.

3. Menstabilkan kadar gula darah dan menekan risiko diabetes tipe 2.

Manfaat makan oatmeal berikutnya adalah kelebihannya dalam menstabilkan kadar gula darah sehingga kamu dapat menekan risiko terkena gangguan diabetes tipe 2.

Oatmeal memang makanan yang kaya akan serat dan merupakan karbohidrat sederhana, yang berfungsi untuk memperlambat konversi seluruh makanan menjadi gula sederhana. Selain itu, kandungan magnesium yang tinggi pada oatmeal juga berfungsi sebagai pengatur kadar glukosa dan sekresi insulin.

4. Menurunkan kolesterol jahat.

Manfaat makan oatmeal dalam hal menurunkan kadar kolesterol jahat memang terbukti sangat baik. Telah banyak studi yang menunjukkan bahwa terdapat serat yang unik dalam oatmeal yang disebut beta-glucan. Serat ini sangat baik untuk mengontrol tingkat kolesterol tubuhmu. Serat tersebut juga bermanfaat untuk menghambat tubuh menyerap kolesterol jahat (LDL).

5. Mengandung antioksidan tinggi untuk melindungi jantung.

Penelitian dari Tufts University menunjukkan bahwa antioksidan dalam oatmeal cukup tinggi. Kandungan antioksidan ini disebut avenanthramides. Antioksidan ini membantu mencegah radikal bebas dan merusak kolesterol jahat (LDL) sehingga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler (yang berhubungan dengan jantung).

Selain itu, avenanthramides ini juga dapat mencegah dari pengerasan arteri atau yang biasa disebut dengan ateroskleorosis. Manfaat makan oatmeal bagi kesehatan kardiovaskuler ini akan menjadi lebih besar jika dikombinasikan dengan konsumsi vitamin C.

6. Menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

Manfaat makan oatmeal yang terakhir adalah mampu mencegah hipertensi. Memang, konsumsi oatmeal setiap hari sangat baik bagi kesehatan tubuh. Selain dapat melindungi jantung kamu, rutin konsumsi oatmeal dapat menurunkan risiko hipertensi atau darah tinggi. 

Dalam beberapa penelitian mengatakan bahwa risiko seorang pria mengalami gagal jantung bisa menurun jika mereka mengonsumsi semangkuk oatmeal per hari. Jadi, masukkan ke dalam menu dietmu segera agar kamu dapat merasakan manfaat sarapan oatmeal setiap pagi. 


Setelah kamu mulai mempertimbangkan mengonsumsi oatmeal tiap hari, baik sebagai sarapan ataupun makan malam, terapkan juga gaya hidup yang sehat, pola makan sehat, olahraga teratur, serta istirahat yang cukup. Maka, kondisi kesehatan dan kebugaran tubuhmu akan tetap terjaga dan sekaligus terlindungi dari beragam masalah kesehatan.

Manfaat makan oatmeal setiap pagi pun sama seperti tertulis pada poin-poin manfaat makan oatmeal di atas. Intinya kamu hrus rutin mengonsumsinya sebagai makanan pengganti nasi. Bisa sebagai sarapan, makan siang, ataupun malam. Oatmeal juga menjadi salah satu kunci untuk menurunkan berat badan (weight loss) atau fat loss. Segera masukkan oatmeal ke dalam menu dietmu ya kawan.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Inilah Manfaat Makan Oatmeal Bagi Tubuh"