Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Latihan di Gym untuk Pemula Agar Eektif

Tips Latihan di Gym untuk Pemula Agar Eektif

Tips Latihan di Gym untuk Pemula Agar Eektif - Tentu, setiap orang yang keluar masuk tempat gym pasti mempunyai target yang membuatnya bersemangat dalam melakukan latihan. Setiap orang mempunyai tujuan yang berbeda-beda. Namun kesamaannya, semua ingin agar tubuh mereka lebih sehat dan mempunyai bentuk tubuh ideal. Itu merupakan tujuan awal, jika nantinya akan muncul otot-otot yang menghiasi tubuh kamu, itu adalah bonus.

Tips Latihan di Gym untuk Pemula Agar Eektif
Tubuh yang ideal. img/truewillaesthetic.com 

Bonus tersebut tentunya akan membuat kamu lebih bersemangat dan semakin memperkuat tekadmu untuk meraih tubuh ideal lengkap dengan pahatan ototnya. Tubuh yang memiliki postur ideal dengan tambahan otot-otot yang padat memberi juga kesan yang positif bagi orang yang melihatnya. 

Berikut adalah tips latihan di gym untuk pemula yang harus kamu pahami dan lakukan agar latihanmu menjadi efektif. Kenapa tips ini diberikan kepada pemula? Karena, bagi pefitnes yang sudah lama nge-gym (atau juga yang sudah profesional) pasti akan melakukan latihan dengan efektif. Mereka sudah memiliki target atau goal tersendiri, dan mereka sangat serius untuk mengejar goal-goal tersebut.

Tips Latihan di Gym untuk Pemula Agar Eektif

1. Ketidaknyamanan dalam latihan adalah bagian dari keberhasilan.

Ketika kamu mengalami masalah yang membuat kamu tidak nyaman, maka setelah melaluinya kamu akan menjadi manusia yang lebih kuat. Benar, pengalamanlah yang membuat manusia lebih tahan menghadapi kejamnya kehidupan. 

Sama dengan hal tersebut, ketika latihan pun kamu tidak bisa hanya bersantai dengan melakukan angkat berat dengan beban yang sama di setiap latihan. Kamu perlu keluar dari zona nyamanmu. Tingkatkan beban yang kamu angkat di setiap minggunya, atau latihan-latihan di luar kebiasaan yang kamu lakukan. Karena, dari hal itulah otot-ototmu akan bekerja lebih keras, sehingga akhirnya massa otot akan bertambah dan membentuk tubuh yang kamu inginkan.

2. Kualitas mengalahkan kuantitas.

Berapapun kamu menghabiskan waktu latihan berjam-jam di gym, hal itu tidak akan berarti apa-apa jika kamu tidak melakukannya dengan serius. Berbeda ketika kamu hanya memiliki waktu yang sebentar, namun bersungguh-sungguh dengan berlatih keras. 

Intinya, ini tentang seberapa produktif kamu selama latihan. Waktu latihan yang pendek namun berkualitas jauh lebih baik dibanding latihan lama namun tidak ada kualitas. Bahkan, beberapa yang ahli di bidang kebugaran menyarankan latihan tak lebih dari 40 menit bagi yang melakukan program penurunan berat badan.

3. Disiplin dalam latihan.

Jika kamu menginginkan keberhasilan yang cepat dalam membentuk tubuh ideal maka disiplin adalah kuncinya. Disiplin dalam latihan memiliki arti yang lebih luas dari sekedar tepat waktu saja. 

Misalnya, disiplin dengan mematuhi jadwal latihan yang telah kamu buat, disiplin dalam menjalankan program diet kamu, disiplin dalam menjaga pola istirahatmu, dan masih banyak lainnya. Jangan pernah menyepelekan hal ini, karena kebanyakan orang-orang dengan tujuan yang sama akan gagal karena tidak disiplin dengan rencana yang telah ia buat sendiri.

4. Latihan dengan partner dapat membantumu mencapai target.

Sebagai makhluk sosial, kita tak dapat hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Begitupun ketika kamu latihan di gym. Tidak semua gerakan-gerakan dalam latihan dapat kamu lakukan sendiri. Misalnya, ketika kamu melakukan bench press dengan beban yang ekstrem. Untuk mengantisipasi kegagalan di tengah repetisi dari set tertentu, maka kamu membutuhkan bantuan partner. Dengan demikian, untuk mencapai target dalam latihan, kamu wajib mencari dan meminta bantuan partner latihan kamu.

Cara paling mudah adalah dengan mengajak kawan yang mempunyai hobi latihan di gym juga. Ajak dia untuk membuat goal dan berlatih bersama.

5. Gym adalah tempat latihan, bukan tempat nongkrong.

Kebanyakan, jika kamu bertemu dengan orang-orang terdekat di gym, secara tidak sadar waktu kamu terbuang hanya untuk mengobrol. Padahal, tujuan kamu datang ke gym bukan untuk mengobrol, melainkan melakukan latihan agar tubuh kamu semakin ideal dan berotot. Untuk itu, hindari banyak mengobrol ketika berada di gym. Hal itu akan memupuskan harapan kamu untuk memiliki tubuh yang kamu idam-idamkan.

Senada dengan poin nomor dua di atas, kualitas lebih penting daripada kuantitas. Aktivitas mengobrol di gym sama juga dengan aktivitas yang tidak berkualitas. Cukup "say hi" dan berbasa-basi pendek saja, selebihnya islakan habiskan waktumu dengan latihan yang serius.

6. Coba berlatih di tempat lain untuk mencari suasana baru.

Terkadang kebosanan adalah musuh bagi kamu yang ingin melakukan latihan secara rutin mengikuti jadwal yang telah kamu buat. Melakukan latihan di tempat yang sama hampir setiap hari membuat kamu serasa jenuh dan berujung pada kemalasan kamu dalam melakukan latihan. Untuk itu, sesekali lakukan latihan di gym yang berbeda. Suasana tempat yang baru, dan orang-orang yang baru akan lebih membuat kamu bersemangat dalam melakukan latihan.

7. Afirmasi diri sebagai motivasi.

Ketika kamu melakukan latihan di gym, jangan pernah meremehkan kekuatan pesan yang kamu katakan pada diri sendiri. Nada bicara yang mengandung pesimistis dapat menghancurkan kemajuan dalam pelatihan kamu. Sebaliknya, jika kamu bersemangat dan berbicara optimis kepada diri kamu sendiri, maka hal tersebut justru akan membangun kekuatan kamu.

Tips Latihan di Gym untuk Pemula Agar Eektif

Kesimpulan

Implementasikan tips-tips pada artikel Tips Latihan di Gym untuk Pemula Agar Eektif di atas untuk membantu menyempurnakan dan mempercepat tujuanmu dalam memperoleh tubuh sehat dan ideal. Tips-tips di atas kelihatannya memang sederhana, namun sebetulnya memiliki faedah yang nyata. Poin-poin tersebut merupakan bagian dari langkah-langkahmu mewujudkan goal latihan gym-mu. 

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Tips Latihan di Gym untuk Pemula Agar Eektif"