Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Yang Wajib Dilakukan dan Dihindari Saat Fitnes

 Yang Wajib Dilakukan dan Dihindari Saat Fitnes

Yang Wajib Dilakukan dan Dihindari Saat Fitnes - Melakukan fitnes dengan goal perut sixpack, body building, weight loss, atau tubuh bugar, bukan perkara yang mudah. Banyak elemen yang harus diperhatikan dan satu dengan lainnya saling berhubungan. Artikel ini akan mencoba membantumua menemukan apa saja yang perlu dilakukan dan hindari untuk mewujudkan goal-goal tersebut.

Hal Yang Wajib Dilakukan dan Dihindari Saat Fitnes
Hal Yang Wajib Dilakukan dan Dihindari Saat Fitnes

Ada kalanya kamu harus melakukan evaluasi terhadapat goal dan segala macam hal yang telah kamu lakukan untuk menujunya. Terlepas dari apapun goal fitnesmu, konsistensi adalah hal yang terpenting untuk kamu lakukan. Tentu saja agar kamu semakin dekat dengan target yang sudah kamu buat.

Akan tetapi, beberapa hal mungkin memang perlu kembali dikoreksi agar menjadi lebih baik ke depannya. Seperti bagaimana program latihan yang baik, apa saja menu makanan yang perlu dikonsumsi, hingga hal-hal yang wajib dilakukan dan dihindari saat fitnes. 

Yang Wajib Dilakukan dan Dihindari Saat Fitnes

Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu kamu lakukan dan hindari agar goal fitnes kamu segera terwujud.

1. Lakukan latihan yang kamu sukai.

Apakah harus berlari ketika ingin menurunkan berat badan? Atau berlatih dengan berlama-lama di atas mesin treadmill untuk bakar lemak tubuh berlebih?

Tidak selamanya kamu harus melakukan latihan yang hanya itu-itu saja. Apalagi latihan-latihan tersebut adalah latihan yang kurang atau tidak kamu sukai. Lalu kenapa kamu hanya berlari (jogging) atau treadmill saja jika kamu memang tidak menyukainya?

Apabila jawabanmu “Karena saya harus melakukannya”, maka hal itu kuranglah tepat. Hal ini juga berlaku untuk latihan lainnya.

Ada baiknya kamu tidak harus melakukan latihan yang memang tidak kamu sukai. Tentu saja pertimbangannya adalah agar program latihan kamu tidak membosankan serta kamu dapat lebih rutin melakukan jenis latihan dengan lebih enjoy.

Selain itu, berlatih dengan gerakan maupun jenis latihan yang kamu sukai akan memberikan efek yang baik bagi kesehatan tubuh serta otak kamu. Kamu jadi tidak merasa terbeban atau bahkan stres dengan latihan-latihan itu.

2. Kurangi penggunaan gadget.

Memang, memiliki dan bermain dengan gadget adalah sesuatu hal yang tidak bisa dihindari di era teknologi seperti sekarang. Terlebih dengan hadirnya beragam media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lain-lain, seolah membuat hidup menjadi lebih berwarna.

Namun, ada baiknya kamu menyisihkan waktu tanpa bergulat dengan gadget. Perbanyak aktivitas fisik semacam bermain bersama keluarga atau travelling tanpa menggunakan gadget. Ini akan membuat aktivitas kamu menjadi lebih fokus termasuk dalam hal latihan.

Maksimalkan latihan dengan berkonsentrasi penuh pada step-step latihanmu. Jauhkan dahulu gadget apabila kamu tidak sedang benar-benar membuthkannya. Agaknya pengaturan waktu juga dibutuhkan di sini.

3. Nikmatilah makanan sehat yang kamu sukai.

Salah satu hal atau cara efektif menurunkan berat badan kamu adalah dengan mengatur pola makan atau diet. Diet ini sendiri bisa menjadi senjata ataupun momok dalam program diet. Makanan sehat biasanya sangat membosankan, tapi itulah perjuangan yang harus dilakukan untuk mendapatkan dan menjaga tubuh tetap ideal, serta juga kesehatan secara menyeluruh pastinya.

Untuk membuat pola diet kamu lebih terjaga, ada baiknya kamu menciptakan resep makanan sehat yang kamu sukai. Mungkin kamu akan membutuhkan banyak waktu untuk trial dan error. Tapi percayalah, jika kamu sudah mendapatkannya dan menempatkannya dalam menu diet, bukan tidak mungkin kamu akan segera mencapai goal yang kamu dambakan.

4. Lakukan juga latihan yang santai.

Apakah kamu penggemar latihan intens seperti HIIT (High Intensity Interval Training) atau Circuit Training? Ya, latihan-latihan tersebut memang terbukti sebagai cara efektif membantu menurunkan berat badan.

Tapi apakah baik jika selalu melakukan latihan seperti itu setiap sesi? Tidak. Hal itu justru dapat meningkatkan resiko cedera.

Berikanlah sedikit jeda pada anggota tubuhmu yang sudah diajak kerja keras dengan berlatih intensif. Poin ini bukan berarti mengajak kamu untuk berhenti melakukan latihan-latihan di atas, namun hanya sedikit memberikan nafas kepada anggota tubuh kamu untuk beristirahat. Karena bagaimanapun, tubuh juga memerlukan waktu istirahat agar performa latihan tetap terjaga di setiap sesinya serta menghindarkan dari potensi cedera. 

Caranya, kamu bisa melakukan latihan yang sedikit lebih rileks seperti pilates, yoga, atau bersepeda santai. Latihan-latihan tersebut akan membantu menjaga kesehatan persendian kamu sehingga kamu akan dapat berlatih dengan rutin di tahun yang baru nanti.

5. Jangan lupa sarapan. 

Terkadang beberapa dari kamu mungkin masih banyak yang melewatkan waktu sarapan. Entah itu karena alasan terburu-buru, tidak memiliki waktu lebih, atau memang sudah menjadi kebiasaan.

Padahal nyatanya, sarapan adalah salah satu cara efektif menurunkan berat badan dengan tetap menjaga bentuk tubuh tetap ideal. Selain itu, sarapan juga akan membantu kamu beraktivitas lebih optimal karena energi dalam tubuh terjaga. Percuma juga menurunkan berat badan tapi kesehatan tubuh jadi rentan terhadap serangan peenyakit. 

6. Jangan sering melihat timbangan.

Mesin timbangan merupakan salah satu media untuk membantu memantau dan memonitor perkembangan program kamu. Tapi, alat ini juga dapat membuat kamu stres. Misalnya, ketika kamu sudah berlatih dengan keras sepanjang waktu, namun jarum pada alat tersebut tidak bergerak ke kiri sedikitpun. Atau, mungkin malah bergeser ke kanan lebih banyak.

Stres ini tentu saja akan dapat mengganggu programmu. Kalau dibiarkan bisa-bisa akan timbul opini yang negatif, “ah sudahlah, toh juga tidak berubah sama sekali”. Pada akhirnya, hal ini bisa menghentikan kamu untuk melanjutkan program latihan.

Yang perlu diingat adalah setiap program fitnes ataupun fitness resolutions, tidak akan terwujud hanya dalam waktu semalam. Banyak juga yang sudah berbulan-bulan latihan namun belum juga terlihat perkembangannya dari segi fisik.

Alat timbangan sebetulnya bukanlah satu-satunya cara melihat perkembangan program fitnesmu. Bisa jadi berat badan kamu tidak bergeser di mesin itu karena massa otot kamu bertambah sementara massa lemak berkurang. Tentu saja ini adalah kemajuan yang positif dalam program kamu meskipun tidak terlihat melalui timbangan. Karena itulah, jangan terlalu sering melihat hasil di timbangan. Yang terpenting adalah tetap berlatih dengan rutin serta menjaga pola makan yang sehat.

7. Mulai rutin mengangkat beban.

Apabila goalmu adalah menurunkan berat badan, maka segera rencanakan untuk berlatih angkat beban. Apabila sebelumnya kamu malu untuk melakukannya, maka sebaiknya sekarang kamu harus menyingkirkan rasa malu tersebut.

Mengapa? Karena, banyak sekali manfaat dari latihan beban ini. Mulai dari membantu meningkatkan metabolisme tubuh, atau juga membuat tubuh menjadi lebih kuat sehingga aktivitas harian kamu jadi lebih lancar. Dan pastinya, sebagai salah satu cara efektif menurunkan berat badan.

Tidak harus langsung dengan beban atau gerakan yang sulit untuk memulainya. Lakukan secara perlahan dengan beban yang ringan, kemudian baru tingkatkan secara bertahap ke latihan yang lebih berat. Segera lakukan dan lihat perubahan apa yang akan kamu dapatkan.

8. Tetap positif thinking.

Beberapa masalah yang menyebabkan kamu sulit mewujudkan goal fitnesmu antara lain pola makan yang berat, latihan yang tidak konsisten, hingga tidak disiplin beristirahat secara cukup. Selain itu, ada beberapa hal lain yang dapat mengganggu programmu. Dan anehnya, ini bisa datang dari dalam diri kamu sendiri. Yaitu membuat pikiran negatif.

Pada poin sebelumnya dikatakan bahwa stres adalah salah satu aspek yang dapat mengganggu apapun program fitnesmu. Dan salah satu penyebab stres adalah karena kamu selalu berpikir dan lantas merasa gagal.

Untuk seterusnya, ada baiknya kamu menghindari pikiran-pikiran yang negatif tentang dirimu sendiri. Seperti, “ah tidak mungkin saya bisa menjadi seperti itu (memiliki tubuh ideal),” atau “sudah latihan keras tapi kok hasil tidak ada. Rasanya ingin menyerahsaja.”

Penting untuk kamu lakukan, konsistensi dan berikan reward atau rasa syukur kepada dirimu sendiri dari apa yang telah kamu lakukan selama program latihan fitnes ini. Cara-cara seperti ini akan menjaga kamu untuk selalu termotivasi dalam hal apapun, mulai dari latihan, diet, atau aktivitas sehari-hari kamu lainnya.

9. Agendakan waktu tidur yang lebih banyak.

Bukan berarti ini mengajak kamu untuk berlama-lama tidur tiap hari. Istirahat adalah bagian yang cukup penting dan vital dalam setiap program fitnes. Ketika jadwal istirahat (terutama tidur malam) terganggu, maka hal itu akan sangat berdampak negatif pada program fitnesmu. Latihan keras yang sudah dilakukan dan program diet yang sudah dijalani akan terasa sia-sia apabila kamu kurang maksimal beristirahat.

Istirahat merupakan momen sempurna bagi tubuh untuk pulih (recovery) dan berkembang setelah dihajar keras di tempat fitnes. Pada saat inilah otot-otot tubuhmu berkembang, bukan pada saat latihan.

Bukan hanya itu, waktu istirahat yang sempurna akan membuat tubuh selalu tetap berenergi sepanjang waktu, serta menghindarkan kamu dari stres. Oleh karena itu, apabila sekarang kamu masih belum dapat mewujudkan program latihan fitnes yang sesuai, bisa jadi hal itu dikarenakan kamu kurang memberi waktu istirahat yang banyak. Jika ternyata selama ini kamu masih begitu, sebaiknya segera ubah pola itu menjadi pola yang baru.


Poin-poin mengenai Hal Yang Wajib Dilakukan dan Dihindari Saat Fitnes di atas adalah yang paling sering dilakukan oleh orang-orang yang sedang dalam melakukan program fitnes. Dengan mengerti itu semua harapannya kamu akan bisa melakukan koreksi dari semua langkan dan program yang telah kamu jalani. Semoga di waktu depan goal program fitnesmu akan lebih cepat diwujudkan. 

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Hal Yang Wajib Dilakukan dan Dihindari Saat Fitnes"