Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Trik Cara Melatih Anjing Peliharaan

Cara Melatih Anjing Peliharaan

Cara Melatih Anjing Peliharaan - Memelihara hewan seperti anjing bukan perkara mudah. Tiap-tiap hewan memiliki karakternya sendiri-sendiri. Walau anjing terkenal sebagai hewan yang cerdas, bukan berarti mudah dipelihara juga. Apalagi kalau kamu masih belum mengenal karakter dari jenis-jenis anjing peliharaan. 

Cara Melatih Anjing Peliharaan
Cara Melatih Anjing Peliharaan

Tapi jangan lantas takut untuk memelihara anjing di rumah. Artikel ini akan membagi sedikit informasi mengenai cara melatih anjing peliharaan di rumah. Jangan sampai dilewatkan ya gaes, baca terus sampai habis.

Cara melatih anjing bersosialisasi

Cara melatih anjing bersosialisasi
Cara melatih anjing bersosialisasi

Apa kamu kesulitan mengajari anjing barumu dengan lingkungan sekarang, atau mungkin dengan anjing-anjing lama di rumah? Memang, mengajari anjing baru di rumah bersosialisasi dengan anjing yang sudah lebih dulu ada agak rumit, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Anjing memang jenis hewan yang teritorial, kurang bisa menerima sesuatu yang baru di lingkungan mereka. Biasanya mereka menganggap anjing baru sebagai penyusup atau pengacau, sehingga mereka sering menyerangnya.

Anjing agresif seperti Pitbull, Chihuahua, dan jenis-jenis anjing lainnya mungkin sulit menerima kedatangan anjing baru di rumahmu. Kalau hal ini terjadi, proses sosialisasi anjing baru di rumah mungkin sedikit terhambat. Padahal, masa-masa kritis anjingmu terjadi pada 2 bulan pertama sejak ia berada di rumah, dimana sikap dan perilaku kita akan menentukan sikap dan perilaku anjing itu sendiri nantinya, termasuk respon dari anjing-anjing senior di rumah kamu.

Cobalah bersikap ramah dengan anjing kamu. Ini adalah langkah awal untuk membuat anjing merasa tenang di rumah barunya. Perkenalkan ia dengan lingkungan, ruangan, orang-orang yang berada di rumah. Kemudian, suruhlah mereka memberikan makanan ringan kepada anjing baru tersebut sehingga si anjing merasa bahagia. Dengan rasa keamanan seperti ini, proses sosialisasi anjing baru akan menjadi lebih cepat sehingga anjing tidak bertengkar.

Setelah anjing merasa cukup nyaman, coba perkenalkan dia dengan anjing lainnya dalam posisi terikat. Jangan biarkan mereka melakukan kontak yang cukup dekat supaya anjing tidak bertengkar. Kalau bisa, tempatkan mereka di dua kandang yang bersebelahan sehingga mereka bisa saling mengenal.

Perlu diingat juga untuk tidak melupakan anjing-anjing lama yang sudah lebih dulu ada di rumah sehingga tidak terjadi rasa cemburu. Perlakukan mereka dengan baik secara adil, sehingga mereka bisa saling mengenal dan percaya. Ketika mereka sudah tidak saling menyalak begitu bertemu, tandanya proses sosialisasi anjing baru sudah hampir berhasil. Biarkan mereka bermain-main bersama, namun tetap awasi mereka. Anjing baru nantinya akan mulai merasa memiliki tempat barunya setelah beberapa minggu.

Cara melatih anjing mudah dituntun

Cara Melatih Anjing Mudah Dituntun
Cara Melatih Anjing Mudah Dituntun

Mungkin menuntun anjing kelihatannya mudah. Tapi, kalau anjing peliharaanmu jarang dituntun atau bahkan belum pernah kamu tuntun di luar rumah, maka pastinya anjingmu akan lebih sulit untuk dituntun walau hanya sekedar ke luar rumah. 

Hal ini dikarenakan anjingmu belum pernah mengetahui dunia luar. Lingkungan di luar rumah dirasa asing. Karena mungkin saat kamu mencoba menuntun anjing sore-sore misalnya, si anjing akan banyak menemukan hal baru yang akan mendistraksinya. Apabila ia semakin bergairah, bisa jadi tingkah lakunya akan sangat sulit dikendalikan. 

Perhatikan hal-hal berikut sebagai trik cara melatih anjing agar mau dan mudah dituntun saat di luar rumah.

  • Pertama–tama yang harus kita lakukan sebelum menuntun anjing adlaah kita harus memastikan terlebih dahulu ikatan pada tali leher anjing sudah benar atau belum. Hal ini penting dilakukan agar tali leher tidak terlepas saat anjing kita tuntun nanti.
  • Dalam menuntun anjing usahakan mengunjungi tempat-tempat yang sepi terlebih dahulu, karena ditakutkan anjing bisa saja tidak suka dan tidak nyaman dengan lingkungan atau hal-hal yang ada di situ, kemudian akan bertingkah di luar yang kita inginkan.
  • Saat menuntun anjing usahakan tetap rileks dan santai agar anjing juga merasakan aman dan nyaman.
  • Usahakan jangan lewat didekat orang yang berjualan makanan yang mengandung daging. Hal ini dilakukan agar anjing tidak terdistraksi dan melawan kalau disuruh jalan. Hal ini disebabkan karena anjing memiliki penciuman yang tajam, apalagi pada hal-hal yang menyangkut makanan.
  • Berikan pengawasan ekstra pada saat kita menuntunnya di luar rumah. Ini harus dilakukan karena anjing sangat peka terhadap hal-hal di sekitarnya, apalagi yang mengganggu dan mengancamnya.
  • Kalau anjing melawan, perintahkan dan koreksi anjing dengan nada suara yang agak tinggi. Apabila ia sudah terlatih dan terbiasa dengan koreksi, ia akan segera patuh terhadap perintah darimu. 
  • Kalau kamu memang masih khawatir anjing akan kabur saat dituntun, kamu dapat latihan menuntun anjing di halaman rumahmu terlebih dahulu. Biasakan mereka dengan tali dan koreksi darimu. Nah, setelah sekiranya mereka siap dituntun di luar, segera ajak mereka ke luar rumah. 

Hal terpenting dalam cara melatih anjing agar mau dituntun adalah faktor kenyamanan. Selama anjingmu merasa nyaman, baik dengan ikat ataupun lingkungan, anjing pasti tidak akan bertingkah yang macam-macam. Kamu dituntut untuk waspada dan memperhatikan mereka terus menerus. Anjing adalah hewan yang sangat peka. Jangan sampai ia merasa terganggu dengan hal-hal yang ada di sekitarnya.

Cara melatih anjing melompat

Cara Melatih Anjing Melompat
Cara Melatih Anjing Melompat

Anjing terkenal sebagai hewan yang pintar. Harusnya tidaklah sulit bagimu untuk mengajarinya melompat. Sekarang masalahnya tinggal kamu mau untuk meluangkan waktu untuk mengajarinya melompat atau tidak. 

Setiap anjing tentunya dapat melompat, tergantung situasinya. Melatih anjing melompat sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu bisa melakukan beberapa cara melatih anjing melompat seperti di bawah ini:

  • Memberi camilan dengan cara melemparnya. Hal ini bertujuan agar anjing merespon dengan melompat untuk memakan camilan tersebut. Lakukanlah hal ini setiap hari sehingga anjing dapat melakukannya tanpa kita kasih makanan.
  • Melemparkan suatu alat yang dapat terbang mendatar, seperti freesbie, dan memerintahkan anjing kita untuk mengambilnya. Untuk awalnya mungkin anjing hanya akan mengambilnya saat benda itu telah jatuh ke tanah. Namun, lakukan terus menerus dan berkomunikasilah dengan anjing, maka lambat laun ia akan mengerti dan berusaha menangkapnya dengan melompat.
  • Menyuruh anjing melompat sambil menarik tali lehernya. Mungkin cara ini kelihatannya agak kasar, tapi sebetulnya tidak. Sedikit tekanan/tarikan pada tali lehernya akan direspon anjing sebagai perintah. Anjing yang sudah mulai mengerti akan perintah pasti akan fokus dan serius mematuhinya. Cara ini hanya sebagai latihan pemancing saja.

Dalam melatih anjing melompat, kita harus tetap sabar. Tidak semua anjing bisa cepat paham dan mau melompat. Seperti halnya manusia belajar sesuatu, semua diawali sedikit demi sedikit hingga terbiasa dan akhirnya bisa. Jadi, jangan cepat menyerah dalam melatih anjing melompat. Coba cara-cara di atas satu persatu. 

Mungkin ada suatu lembaga khusus yang dapat mengajari anjing melompat, tapi alangkah baiknya bila kita sendiri yang mengajarinya. Melatih anjing kita sendiri adalah aktivitas yang mengasikkan. Selain itu, hal ini juga mampu menambah tingkat bondingmu terhadap anijing peliharaan yang merupakan partnermu.

Cara melatih anjing berhenti menggonggong

Cara Melatih Anjing Berhenti Menggonggong
Cara Melatih Anjing Berhenti Menggonggong

Anjing yang baik dan tidak mengalami stres biasanya akan terlihat dengan perilakunya yang baik. Apabila anjing kamu terus menggonggong tanpa henti hingga mengganggu orang di sekitar, berarti bisa jadi terdapat gangguan mental pada anjingmu. Kenali baik-baik permasalahan yang dihadapi oleh anjingmu. Pahami bahasa anjing dengan mengamati gerak-geriknya. Apakah ia sedang mengalami ketakutan, kesepian, bosan, atau mungkin luka fisik. Anjing menggonggong karena dia ingin mengkomunikasikan atau menyampaikan sesuatu kepada lingkungan sekitarnya.

Dekati anjing kamu, beri elusan sayang dan pelukan. Berikan isyarat lembut padanya untuk berhenti menyalak. Jangan pernah membentak ketika menghentikan anjing menyalak berkepanjangan, karena dia akan menjadi semakin stres dan ketakutan.

Biasanya anjing yang sering ditinggal sendirian di rumah dalam waktu yang cukup lama akan mengalami perasaan tertekan, stres dan ketakutan. Anjing adalah binatang sosial, ketika sendiri dia akan merasa terisolir. Saat kondisi buruk tersebut, maka dia akan menggonggong atau bahkan melolong untuk memanggil teman. Kalaupun kamu memang harus meninggalkannya, ajarkan anjing kamu terlebih dahulu, dengan sesekali pergi sebentar dan kemudian kembali lagi. Lakukan hal tersebut berulang-ulang sampai akhirnya anjing kamu terbiasa dan mengerti, bahwa kamu akan selalu kembali setelah bepergian. 

Selanjutnya, ketika anjing kamu telah memiliki pemahaman akan kebiasaan kamu maka dia akan merasa lebih tenang dan tidak ketakutan lagi dan akhirnya berhenti menggonggong.

Ajarkan anjing menggonggong dengan beraturan dan terarah. Ajak dia bermain-main dan berjalan-jalan serta berkomunikasi secara intens. Tunjukkan kasih sayang padanya. Berikan pengarahan, koreksi, dan perintah yang baik. Jangan sering berkata kasar ketika berkomunikasi dengan anjingmu.

Cara melatih anjing duduk

Cara melatih anjing duduk
Cara melatih anjing duduk

Melatih anjing duduk memang gampang-gampang susah, karena secara alaminya anjing memang sudah bisa duduk. Yang menjadi sulit adalah bagaimana membuat anjing untuk duduk sesuai dengan keinginanmu sebagai partnernya. Tujuan melatih anjing duduk sebetulnya juga agar anjing patuh dengan perintah untuk tenang dan diam di tempatnya.

Mengajari dan melatih anjing duduk membutuhkan waktu 2 hingga 3 kali dalam satu hari. Kamu harus rutin membimbing anjing belajar duduk. Waktu dalam satu sesi latihan duduk setidaknya 5 - 10 menit. Bahan yang harus disediakan ketika melatih anjing hanyalah sekotak biskuit kesukaan si anjing tersayang. 

Langkah-langkah cara melatih anjing duduk adalah:

  1. Pemilik harus mengalihkan perhatian anjingnya dengan menunjukkan biskuit kesukaan si anjing.
  2. Genggam biskuit tersebut di atas hidung anjing dengan ketinggian ± 5 cm dari ujung moncongnya.
  3. Panggil nama si anjing diikuti dengan komando “duduk” atau "sit" (terserah kamu). Panggil dengan suara jelas dan nada tegas. Contoh: “Doggy, duduk!”, "Bruno, sit!".
  4. Gerakkan biskuit maju mundur ke arah telinga anjing sampai si anjing terlihat ingin duduk. 
  5. Bila anjing masih tidak mengerti akan perintahnya, coba beri tekanan di daerah atas pantat anjing.
  6. Segera ketika anjing sudah berada dalam posisi duduk, katakan “bagus!” dengan nada senang, menunjukkan bahwa si anjing telah berlatih dengan baik.
  7. Berikan biskuitnya sebagai hadiah, lalu ulangi latihan 3 hingga 4 kali.

Selain langkah di atas, ada yang perlu diperhatikan dalam cara melatih anjing duduk. 

Berikut 5 tips untuk memudahkan anjing belajar duduk:

  1. Jika anjing sulit sekali diperintah untuk duduk, maka jangan dipaksa. Biarkan dia bermain, kemudian amati perilakunya. Ketika melihat ia duduk dengan sendirinya, segera puji “Bagus!” kemudian berikan hadiah.
  2. Pastikan waktu latihan tidak terlalu lama agar anjing tidak bosan. Lakukan pula latihan duduk di lokasi yang berbeda-beda.
  3. Untuk melatih anjing agar duduk ketika menyambut tamu, maka lakukan latihan duduk di pintu depan rumah. Misalkan ingin melatih anjing agar duduk sebelum makan, maka lakukan latihan duduk sebelum jam makan.
  4. Mungkin poin ini bisa kamu gunakan sebagai alternatif. Gunakan bahasa Inggris sebagai komando dan pujian, karena komando dalam bahasa Inggris lebih singkat. Contoh komando: “Sit!”.
  5. Pastikan untuk selalu memuji dan membelai anjing jika ia melakukan latihannya dengan baik. Dengan demikian ia akan merasa senang dan paham bahwa yang barusan ia lakukan disukai pemiliknya.


Melatih anjing sebetulnya mengasikkan. Interaksi yang intens akan membuat kita semakin mengerti tentang karakter anjing. Begitu juga sebaliknya. Mempunyai anjing jinak di rumah tentunya hal yang menyenangkan. Mereka bisa menjadi teman sekaligus penjaga yang akan melindungimu.

Anjing terkenal dengan kecerdasan dan kepekaannya. Artikel cara melatih anjing ini hanya sebagai tambahan informasi saja apabila kamu ingin memutuskan memelihara seekor anjing di rumah. Tiap-tiap anjing memiliki karakternya sendiri, dan tentunya melatih anjing dengan karakternya yang unik akan menjadi hal yang mengasikkan.

Semoga bermanfaat.

Sumber gambar:

akc.org
caesarsway.com
thepawshdog.com

Posting Komentar untuk "Beberapa Trik Cara Melatih Anjing Peliharaan"