Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencoba Senam Yogalates, Yoga dan Pilates

 

Kombinasi yoga dan pilates: Yogalates

Hal yang Perlu Dipersiapan Sebelum Latihan Yogalates

Mencoba Senam Yogalates, Yoga dan Pilates - Yogalates merupakan sebutan yang umum digunakan untuk gabungan aktivitas olahraga yoga plus pilates. Gabungan latihan yoga dan pilates ini akan memperkuat postur dan batang tubuhmu secara keseluruhan. Yogalates juga berguna untuk meningkatkan kekuatan, kestabilan, sekaligus kekencangan otot tubuh. 

Otot-otot tubuh bagian lentur (termasuk perut dan punggung) akan terpelihara kelenturannya. Otot akan lebih panjang, meramping, dan kencang. Umumnya latihan ini juga akan memberi manfaat relaksasi bagi tubuh dan pikiran. Olahraga yogalates ini juga sangat baik diaplikasikan oleh ibu hamil.

Manfaat senam yogalates

Selain yang sudah disebut di atas, yogalates memiliki banyak manfaat untuk organ-organ tubuh, diantaranya:

  • Meningkatkan kekuatan dalam atau kestabilan otot inti (core).
  • Melindungi dan menguatkan tulang belakang.
  • Meningkatkan pernafasan dan stamina.
  • Meningkatkan sirkulasi darah dan limpa.

Keunggulan senam yogalates

Yogalates merupakan gerakan senam yang berbeda dari gerakan-gerakan senam lainnya. Ada beberapa alasan penting para peneliti melakukan penelitian terhadap metode yogalates untuk kesehatan tubuh serta keseimbangan psikologis. Beberapa poin alasan yang menjadikan olahraga/senam yogalates ini khas adalah:

  • Yogalates merupakan program yang unik. Yogalates merupakan gabungan dari Hatha Yoga, Tibetan Yoga, Taoist Yoga dan Pilates ditambah dengan pelatihan fisik yang luas. 
  • Yogalates memiliki pendekatan yang holistik. Yogalates merupakan sistem pencegahan dan pelatihan terapeutik. Program Yogalates hampir semuanya berorientsi pada masalah bagian tulang belakang dan leher. Yogalates juga memperkenalkan tahapan untuk penyakit yang berbeda seperti yang telah direkomendasikan oleh instruktur yoga dan literatur medis.
  • Setelah melakukan pendekatan secara holistik, yogalates juga melatih sistem pembangun tubuh. Pelatihannya cukup sulit mencakup pelatihan semua kelompok otot dan organ internal. Gerakan banyak difokuskan pada mengembangkan postur yang baik, tulang belakang yang fleksibel, keseimbangan (fisik dan mental), kekuatan, daya tahan, kontrol pernafasan dan meditasi (olah jiwa).
  • Peserta yogalates dilatih untuk menunjukkan latihan yang aman. Setiap peserta yogalates telah dibekali dengan beberapa tips keselamatan.
  • Pelatihan peserta yogalates mencakup pelatihan psikologis yang terdiri dari persiapan pikiran, konsentrasi, kontrol pernafasan, kesadaran tubuh, disiplin diri, visualisasi dan kepercayaan diri serta harga diri.

Persiapan sebelum latihan yogalates 

Latihan yoga dilakukan dengan kesadaran penuh, dalam keselarasan dengan pernafasan. Oleh karena itu perlu dilakukan berbagai persiapan agar latihan tidak hanya efektif, tetapi juga bisa dinikmati dan bermanfaat. Selain itu juga perlu dilakukan pemeriksaan diri terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui apakah latihan tersebut aman atau tidak dan disesuaikan dengan perawatan yang mungkin sedang dijalani. Jika pernah mengalami pergeseran lempengan tulang, kecelakaan atau jatuh, disarankan untuk memeriksakan diri pada ahli tulang sebelum berlatih. 

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan yogalates:

1. Menyiapkan lingkungan.

Latihan Yoga dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan, bermanfaat dan berharga. Lingkungan yang mendukung sangatlah penting. Tempat terbaik untuk melakukan Yoga adalah tempat yang nyaman, bersuhu sedang, berudara bersih dan berada di luar ruangan tapi tidak berangin. 

Berlatihlah pada permukaan yang rata, dan jika ruangan tempat latihan tidak dilapisi karpet, letakkan selembar alas yang tidak licin di atas lantai tempat berlatih. Jika memungkinkan, lakukan latihan di luar ruangan, pada beranda atau halaman berumput dimana alas berupa rumput telah tersebar. 

Sebelum latihan usahakan matikan semua alat komunikasi agar tidak mengganggu konsentrasi. 

2. Waktu latihan.

Menurut tradisi Yoga, pukul 4 pagi (Brahmamuhurta) merupakan waktu terbaik untuk berlatih. Jika memiliki masalah sulit tidur, lakukan latihan lebih siang. Pagi hari adalah waktu terbaik untuk berlatih seorang diri. Kombinasi waktu latihan pagi dan malam untuk hasil optimal. Dengan berlatih pada waktu pagi hari membantu mengurangi rasa kaku setelah melewati berjam-jam waktu di atas tempat tidur dan dapat membangkitkan tenaga untuk hari itu. 

Latihan di waktu malam menimbulkan rasa lelah yang menyenangkan dan menghasilkan tidur yang nyenyak.

3. Makanan dan minuman.

Latihan Yoga sebaiknya dilakukan dengan perut yang kosong atau hampir kosong. Waktu yang paling baik untuk berlatih adalah sebelum sarapan pagi. Sebaiknya diawali dengan segelas air hangat untuk membersihkan sistem tubuh. Jika memiliki gula darah rendah sebaiknya menghisap permen manis sebelum berlatih.

4. Pakaian dan aksesoris. 

Selama melakukan latihan Yoga diharapkan melepaskan semua obyek yang mungkin dapat melukai, seperti kacamata, pernak‐pernik rambut atau perhiasan. Pilih pakaian yang longgar, ringan, nyaman, dan terbuat dari bahan alami, seperti katun dan linen. Untuk kenyamanan maksimum, kosongkan kandung kemih dan mungkin juga isi perut sebelum memulai latihan. Sebelum mulai, dianjurkan untuk mandi air hangat untuk menghangatkan otot dan sendi, serta lebih baik tidak memakai make up. 

Setelah semuanya kamu persiapkan dengan baik, latihan senam kombinasi yoga dan pilates siap kamu mulai. Faktor-faktor persiapan di atas sangat penting mengingat latihan senam yogalates membutuhkan ketenangan dan fokus dalam latihan. 

Yuk, mari mencoba senam yogalates. Yoga dan pilates bisa menjadi kombinasi yang apik untuk mewujudkan fisik dan mental yang prima.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mencoba Senam Yogalates, Yoga dan Pilates"