Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Jenis-jenis Anjing Peliharaan: Selain Setia Juga Berguna

Mengenal Jenis-jenis Anjing Peliharaan: Selain Setia Juga Berguna
Mengenal Jenis-jenis Anjing

Mengenal Jenis-jenis Anjing Peliharaan

Mengenal Jenis-jenis Anjing Peliharaan - Anjing adalah salah satu hewan peliharaan favorit banyak orang. Selain karena lucu dan imut, anjing  sering dipelihara karena dapat menjadi teman bermain dan memiliki loyalitas yang tinggi. Sebagian besar dari kita mungkin hanya tahu anjing jinak yang dipelihara di rumah-rumah saja. Sebenarnya ada berbagai jenis anjing selain anjing rumahan yang dipelihara manusia.

Jenis-jenis anjing dilihat dari fungsinya antara lain anjing pelacak, anjing balap, anjing penjaga dan penolong, dan anjing hias. Semua jenis anjing yang dipelihara memiliki fungsi yang berbeda-beda. Pada dasarnya semuanya jenis anjing bagus, tinggal bagaimana anjing dapat dilatih sesuai fungsi yang diinginkan majikannya

Jenis-jenis anjing pelacak. 

Jenis-jenis anjing pelacak
Anjing pelacak

Anjing ini biasa digunakan oleh para polisi. Digunakan untuk melacak jejak buruan polisi yang lari dengan cara mengidentifikasi dari bau buronan yang dicium anjing. Jenis-jenis anjing ini biasanya juga memiliki kecepatan berlari yang baik. Jenis-jenis anjing yang biasa digunakan sebagai anjing pelacak adalah anjing herder, dobermen, rottweiler, dan retriever.

Jenis-jenis anjing balap. 

Anjing balap
Anjing balap

Anjing yang satu ini dilatih khusus untuk balapan. Tidak banyak anjing yang bisa digunakan untuk balapan. Jenis anjing terbaik yang biasa dilatih untuk kontes balap adalah jenis anjing greyhound.

Jenis-jenis anjing penjaga dan penolong.

Anjing penolong
Anjing penolong

 
Anjing penjaga
Anjing penjaga

Anjing jenis ini biasa digunakan sebagai penjaga rumah ataupun penolong saat bencana alam guna mencari korban. Jenis anjing jinak yang satu ini sangat berguna bagi pera relawan-relawan bencana untuk secepat mungkin menemukan korban hidup. Sebenarnya karakternya tidak jauh beda dengan anjing pelacak, hanya fungsi kerjanya yang berbeda. Anjing yang biasa digunakan juga sama dengan anjing pelacak.

Jenis-jenis anjing hias. 

Anjing hias
Anjing hias

Anjing hias biasanya memiliki karakter yang ramah dan jinak. Jenis anjing terbaik yang bisa kita pelihara diantaranya mini shihtzu asal Tibet dan Cina, anjing poodle asal Jerman dan Rusia, anjing Chihuahua, anjing great dane, anjing pembroke welsh corgi asal South West Wales, dan anjing Labrador retriever asal Kkanada. Jenis anjing ini adalah jenis anjing bagus dan jinak. Paling sering dipelihara oleh manusia terutama sebagai terutama teman bagi keluarga.

Jenis-jenis anjing peliharaan yang populer 

Belakangan ini penggemar anjing di Indonesia sudah semakin banyak. Selain karena informasi mengenai anjing sebagai hewan peliharaan sekarang lebih lengkap didapat, juga karena menjamurnya kennel-kennel anjing baik ras campuran ataupun impor. Kalau di atas sudah dibagikan mengenai jenis-jenis anjing yang umum dipelihara dan digunakan untuk berbagai macam kepentingan manusia, berikutnya akan coba kami rangkumkan beberapa jenis anjing yang patut jadi dijadikan pilihan untuk kamu pelihara di rumah.

Jenis-jenis anjing Siberian Husky

Anjing Siberian Husky adalah jenis anjing yang bersahabat, baik, dan manja kepada manusia. Anjing Siberian Husky berasal dari daerah Asia Timur Laut. Anjing ini dikenal sebagai anjing penarik barang. Kekuatan dan kecepatannya tak diragukan lagi. Dia pernah menjadi pahlawan saat membawa serum penyelamat manusia didaerah Neana, Alaska. Keunikan anjing Siberian Husky adalah bentuknya yang mirip dengan serigala.

Siberian Husky
Siberian Husky. img/akc.org

Siberian Husky
Siberian Husky untuk penarik kereta. img/akc.org

Siberian Husky
Puppy Siberian Husky. img/akc.org


Anjing Siberian Husky memiliki postur tubuh yang sedang. Tinggi anjing Siberian Husky jantan sekitar 53,5-60 cm. Sedangkan yang betina tingginya sekitar 51-56 cm. Berat badan anjing jantan sekitar 16,8-22,4 kg. Sedangkan anjing betina beratnya antara 13-18,7 kg. Anjing ini memiliki tatapan mata yang tajam dengan mata berbentuk almond. Telinganya sedang dan berbentuk segitiga yang terletak di atas kepalanya. Kakinya memiliki kesan kokoh dan kekar.

Bulu anjing Siberian Husky memiliki panjang yang sedang. Ada dua lapis bulu pada anjing ini. Bulu bagian dalamnya lembut dan tebal, sedangkan bulu bagian luar lurus dan selalu terbaring lembut. Bulu bagian dalam sering rontok pada musim perontokan bulu. Warna bulu anjing Siberian Huski kebanyakan kombinasi warna hitam ke putih.

Anjing Siberian Husky memiliki sifat yang lembut dan bersahabat pada manusia. Anjing ini juga tidak gampang curiga pada orang asing yang baru dikenal. Dia ramah akan tetapi memiliki watak yang waspada. Anjing ini juga mudah bersahabat dengan anjing lain. Semua prilakunya ini sangat cocok untuk menjadi anjing peliharaan keluarga.

Banyak orang ingin memelihara anjing Siberian Husky dikarenakan profilnya. Perhatikan ini, kamu harus memiliki waktu luang lebih banyak apabila ingin memelihara anjing yang satu ini. Karena anjing ini adalah tipe anjing yang membutuhkan teman setiap waktu. 

Banyak orang beriklan “Jual Anakan Anjing Siberian Husky Berumur”. Untuk meyakinkan para konsumen penjual melampirkan foto anjing Siberian Husky yang dijualnya. Sebagian orang memilih untuk membeli anjing Siberian Huski saat dia masih anak-anak. Karena akan mudah untuk dilatih dan lebih loyal kepada majikannya. Harga anjing Siberian Huski kualitas pet kira-kira 3-5jt.

Harga anjing Siberian Husky

Informasi mengenai harga anjing Siberian Husky ini hanya sebagai perkiraan saja ya, karena semua juga ditentukan oleh kualitas anjing itu sendiri. Menurut penelusuran dari berbagai macam situs jual beli anjing, anjing dengan surat lengkap/stamboom dengan keturunan yang tercatat serta dari kennel terkenal tentunya memiliki harga lebih tinggi dari pada Siberian Husky yang berkualitas rendah dan dari keturunan yang tidak jelas.

Anakan Siberian Husky kualitas pet dengan stamboom dibanderol kisaran 5 jutaan. Sedang yang berkualitas rendah dan garis keturunan yang tidak jelas biasanya bisa didapat di harga 1 - 2 juta saja. Kemudian, harga antara jantan dan betina juga tidak bisa dipatok. Semuanya kembali ditentukan dengan kualitas dari si anjing itu sendiri. Karakter dan skill yang dimiliki juga akan menjadi penentu dari harga jualnya.

Jenis-jenis anjing Rottweiler

Anjing Rottweiler adalah salah satu jenis anjing yang biasa digunakan sebagai anjing penjaga. Anjing ini memiliki kewaspadaan yang tinggi dan pemberani. Dalam kehidupan sehari-harinya anjing ini memiliki kemampuan yang baik dalam berinteraksi dengan manusia. Keunikan anjing Rottweiler terletak pada perawakannya yang garang. Sangat cocok dalam mendukung tugasnya sebagai anjing penjaga.

anjing Rottweiler
Rottweiler dewasa

Puppy Rottweiler
Puppy Rottweiler

Rottweiler kontes

Rottweiler kontes

Anjing Rottweiler memiliki bulu yang sedang. Ada dua lapis bulu pada anjing ini, bulu bagian dalam dan luar. Bulu dalam biasanya lebih pendek dari bulu bagian luar. Warna anjing Rottweiler adalah hitam dan pada bagian tertentu berwarna coklat.

Anjing Rottweiler sangat setia pada majikannya. Anjing ini sangat suka bekerja. Dia bisa sangat patuh pada perintah majikannya. Anjing ini salah satu anjing yang suka dengan anak-anak. Dia suka bermain dengan anak-anak dan sangat penyayang. Selain itu, anjing Rottweiler juga sangat pemberani dan memiliki kewaspadaan terhadap lingkungan.

Rottweiler memiliki tubuh yang masif, tegak dan kokoh. Sangat sepadan dengan tugasnya sebagai anjing penjaga. Anjing Rottweiler jantan memiliki tinggi antara 61-68 cm. Dan memiliki beratnya antara 50 kg. Sedangkan anjing Rottweiler betina memiliki tinggi sekitar 56-63 cm dengan berat badan sekitar 42 kg. Hidungnya hitam dan agak lebar. Memiliki moncong yang proporsional dengan kepalanya dan dibagian ujung meruncing. Telinganya berbentuk segitiga dan menggantung dengan ukuran sedang. Anjing Rottweiler memiliki kaki yang kokoh dan kuat. Kaki bagian belakang sedikit lebih panjang dibanding kaki bagian depan dan biasanya makanan anjing ini sangat diperhatikan oleh pemiliknya.

Harga anjing Rottweiler

Anjing Rottweiler sangat diminati untuk dipelihara. Selain sebagai teman bermain dia juga dapat digunakan sebagai anjing penjaga di rumah kita. Harga anjing ini sangat bervariasi. Harga anakan Rottwelier dengan stamboom berkisar 3,5 - 4 juta, sedang anakan non stamboom berkisar antara 1 - 3 juta. 

Untuk anjing dewasa non stamboom biasanya dipasang sekitar 5,5 - 8,5 juta, sedang harga anjing dewasa dengan stamboom ada pada kisaran 9 - 14 juta. Tapi ingat, harga ini bukan harga fix. Semuanya juga tergantung pada kualitas anjing dan juga penjual dalam membanderol harga.

Jenis-jenis anjing Labrador Retriever

Anjing Labrador Retriever adalah salah satu anjing terlaris di Amerika saat ini. Keunikan anjing Labrador Retriever terletak pada kepintaran dan cara perawatannya yang mudah. Anjing trah ini termasuk anjing yang cerdas, dia mudah untuk dilatih. Anjing ini memiliki kepandaian yang beraneka ragam. Dia sering dilatih sebagai anjing pemburu, anjing penuntun, maupun anjing pelacak. Anjing ini lebih mudah dirawat dari pada jenis Retriever lainnya karena memiliki bulu yang pendek. Banyak orang ingin memiliki anjing ini karena karakternya saat berinteraksi manusia.

Labrador Retriever
Labrador Retriever

puppy Labrador Retriever
Puppy Labrador Retriever

Labrador Retriever berburu
Labrador Retriever berburu

Labrador Retriever kontes
Labrador Retriever kontes

Anjing Labrador Retiever memiliki prilaku yang sangat baik pada manusia. Aktif dan energik saat bermain. Apabila dibiarkan anjing ini seakan-akan tidak mau berhenti untuk diam. Anjing ini dapat bermain dengan anak-anak disegala umur. Sangat cocok menjadi anjing keluarga. Anjing Labrador Retriever sangat suka makan. Apabila pola makan anjing ini tidak diatur, tubuhnya dapat mengalami kegemukan.

Anjing Labrador Retriever memiliki perawakan yang hampir sama dengan jenis Retiever lainnya. Tinggi anjing jantan sekitar 56-57 cm, sedangkan untuk anjing betina antara 54-56 cm. Anjing ini memiliki ekor yang khas. Ekornya tertutup bulu padat dan tebal sehingga terkesan bulat. Kaki anjing ini terlihat kokoh dan kekar. Kepalanya lebar dengan moncong yang kuat.

Warna anjing ini biasanya hitam, kuning, dan coklat. Kombinasi warna jarang sekali ada. Anjing ini memiliki bulu pendek yang padat, tidak berombak, dan halus. Bulunya memiliki lapisan minyak sehingga tahan diberbagai cuaca.

Harga anjing Labrador Retriever

Harga anjing Labrador Retriever tergantung dari kualitasnya. Untuk pet quality anakan (puppy) yang ras asli berkisar antara 4 - 6 juta, sedang anakan yang campuran (mix) dapat dibeli di kisaran 700 ribu hingga 2 juta. Kemudian, untuk anjing dewasa asli dipasang pada harga 5 - 0 juta, sedang yang mix dibanderol di harga 3 - 5 juta.  

Jenis-jenis anjing Chihuahua

Anjing Chihuahua merupakan salah satu jenis anjing yang sangat populer dan digemari berbagai kalangan, dari anak-anak hingga dewasa, dari orang biasa hingga selebritas. Anjing ini juga dikategorikan sebagai anjing hias.

Chihuahua dewasa
Chihuahua dewasa

Puppy Chihuahua
Puppy Chihuahua

Chihuahua kontes
Chihuahua kontes

Anjing Chihuahua berasal dari Meksiko dan dinamai dari nama daerah di negara tersebut. Sejak akhir abad ke-19, di Eropa mulai dijual anjing Chihuahua dengan harga tinggi karena Chihuahua dianggap sebagai hewan peliharaan kaum bangsawan pada masa itu.

Keunikan anjing Chihuahua terdapat pada ukuran tubuhnya yang kecil. Panjang tubuhnya lebih besar daripada tinggi badannya. Chihuahua diklaim sebagai jenis anjing terkecil di dunia. Ukuran tubuh mini ini membuatnya banyak dijual dengan harga mahal. Semakin kecil ukuran tubuhnya, semakin mahal harga anjing ini. Anjing Chihuahua yang paling laris di pasaran adalah anjing yang memiliki berat badan sekitar 1 kg.

Chihuahua merupakan anjing yang sangat digemari di kalangan selebriti Hollywood. Paparazzi seringkali mencoba memperoleh foto anjing Chihuahua dengan pemiliknya yang merupakan selebriti papan atas seperti Paris Hilton, Britney Spears, Hillary Duff, hingga Demi Moore. 

Mengapa selebriti sangat menyukai Chihuahua? Jawabannya mungkin terdapat pada sifat si anjing imut tersebut. Chihuahua merupakan tipe anjing rumahan yang lincah, periang, dan manja. Anjing ini sangat suka mencari perhatian pemiliknya dengan perilaku yang lucu. Ukuran tubuhnya yang kecil membuatnya mudah dibawa kemana-mana, bahkan beberapa selebriti membawa Chihuahua mereka dalam tas tangan merek perancang terkenal.

Ada yang perlu diperhatikan saat kamu memilih memelihara Chihuahua. Melatih Chihuahua membutuhkan trik-trik khusus karena sifat alami anjing ini yang manja. Jika dalam rumah terdapat hewan peliharaan lain maka Chihuahua tidak boleh diberi perlakuan khusus karena ukurannya yang kecil. Jika mereka merasa diistimewakan maka mereka akan menjadi anjing yang galak dan agresif. Jangan selalu menuruti kemauan mereka karena mereka akan menjadi terlalu manja dan menjadi tidak penurut. 

Anjing Chihuahua yang terlalu manja akan mudah merasa cemburu, apalagi jika ada anak-anak di dalam rumah. Mereka akan menganggap anak-anak sebagai saingan dan memperlakukan mereka sebagai musuh. Namun, jika pemilik dapat menunjukkan ketegasan dalam melatih mereka, maka mereka akan menjadi anjing yang manis.

Harga anjing Chihuahua

Harga anjing Chihuahua kualitas show pasti lebih mahal dari kualitas pet. Untuk harga anakan Chihuahua non stamboom berkisar 1,5 - 2,5 juta, sedang anakan dengan stamboom ada pada kisaran harga 3,5 - 4,5 juta. Pada anjing dewasa non stamboom dijual sekitar harga 3 - 5 juta, sedang anjing dengan stamboom berkisar 7 - 15 juta.

Untuk anjing Chihuahua kualitas show harganya bisa sangat beragam dikarenakan selain ditentukan oleh kualitasnya, juga ditentukan oleh piala yang sudah didapatkan. Chihuahua yang sudah banyak memenangi kontes anjing hias tentunya akan jauh lebih mahal dibandingkan Chihuahua yang belum pernah mengikuti kontes, walaupun anjing itu keturunan dari anjing kualitas kontes.

Jenis-jenis anjing Golden Retriever

Anjing Golden Retriever adalah salah satu anjing terlaris di dunia film. Anjing trah ini termasuk anjing yang sangat cerdas. Mereka mudah untuk dilatih. Keunikan anjing Golden Retriever terletak pada kepintaran dan bulu emasnya. 

Golden Retriever dewasa
Golden Retriever dewasa

Puppy Golden Retriever
Puppy Golden Retriever

Golden Retriever
Golden Retriever

Anjing ini memiliki kepandaian yang beraneka ragam. Dia dapat dilatih sebagai anjing pemburu, anjing penuntun, maupun anjing pelacak. Selain kepintaran yang dimilikinya dia juga memiliki bulu yang indah. Bulunya berwarna keemasan saat sinar matahari menerpanya. Kecerdasan dan keindahan inilah yang menjadi daya tarik utama para pecinta anjing untuk memeliharanya.

Ada dua jenis standardisasi untuk anjing Golden Retriever, yaitu standar Britania dan standar Amerika. standar ini dibuat agar anjing Golden Retriever memiliki kualifikasi sebagai anjing yang indah dan pintar. Standardisasi ini meliputi struktur tubuh, karakter anjing, dan kemampuan anjing dalam menuruti perintah majikannya.

Yang pertama standar Britania. Standar ini dipakai untuk semua negara kecuali Amerika dan Kanada. Standar Britania memiliki tubuh yang lebih besar dan lebih pendek. Kepalanya cenderung lebih persegi dan moncong lebih besar. Tinggi anjing jantan harus antara 56-61 cm diukur sampai atas tulang bahu. Sedangkan untuk anjing betina harus antara 51-56 cm. Anjing Golden Retriever pembiakan di Inggris dapat bernuansa warna krem atau orange emas.

Kemudian, standar yang kedua adalah standar Amerika. Pada Standar Amerika mata anjing memiliki jarak yang lebih jauh ketimbang standar Britania. Mata anjing bisa berbentuk segitiga dan agak sipit. Tinggi anjing pada standar Amerika lebih pendek. Untuk anjing Golden Retriever jantan tingginya antara 58-61 cm. Sedangkan anjing Golden Retiever betina tingginya antara 55-57 cm. 

Pada standar Amerika berat anjing dicantumkan, sedangkan standar Britania tidak. Untuk anjing jantan beratnya antara 27,2 - 36,3 kg. Sedangkan untuk anjing betina 24,94 - 36,28 kg. Pada standar amerika anjing Golden Retiever harus memiliki koordinasi yang baik dari keempat kakinya, cara berlarinya mulus dan bertenaga. Bulunya berwarna keemasan dan tumbuh lebat.

Sifat anjing Golden Retriever sangat bersahabat. Anjing ini tipe anjing yang bertanggung jawab dan bisa diandalkan. Anjing ini memiliki rasa ingin selalu menyenangkan hati pemiliknya.

Harga anjing Golden Retriever

Ingat, mengenai harga Golden Retriever bisa berubah sewaktu-waktu ya. Informasi mengenai harga ini hanya sebagai gambaran bagi kamu apabila berminat untuk memelihara anjing Golden Retriever ini. Untuk puppy Golden Retriever jantan harganya berkisar 4 - 7 juta, sedang puppy betina 5 - 8 juta. Sedangkan anjing dewasa jantan dibanderol pada harga 12 - 15 juta, kemudian yang betina berkisar pada harga 15 - 20 juta. 


Sekelumit ulasan pada artikel mengenai Mengenal Jenis-jenis Anjing Peliharaan di atas semoga dapat memberi informasi tambahan bagi kamu yang mendambakan memiliki peliharaan anjing di rumah. Anjing sudah dicatat sejarah sebagai salah satu hewan yang berjodoh dengan manusia. Selain memiliki karakter yang setia, namun anjing adalah hewan yang sangat berguna bagi manusia khususnya untuk kebutuhan sebagai anjing pelacak, anjing balap, anjing penjaga dan penolong, dan anjing hias.

Semoga bermanfaat.

Sumber gambar:

akc.org
wikipedia.org

Posting Komentar untuk "Mengenal Jenis-jenis Anjing Peliharaan: Selain Setia Juga Berguna"