Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Kulit Tidak Kering dan Kusam

Tips Cara Mengatasi Kulit Kusam

Tips Cara Mengatasi Kulit Kusam

Tips Cara Mengatasi Kulit Kusam -Salah satu cara untuk untuk mengatasi kulit kusam adalah dengan cara eksfoliasi atau pengelupasan pada kulit wajah. Cara ini setidaknya bisa dilakukan satu hingga dua kali dalam seminggu, dengan maksud untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit menjadi kusam, sekaligus menjaga agar pori-pori kulit tidak tersumbat. 

Berikut adalah cara-cara eksfoliasi:

  • Gunakan alat pengelupasan
    Spons alami, loofahs, dan batu apung sering digunakan untuk menghilangkan kulit kering, sel-sel kulit mati dari kaki, lutut, siku, dan daerah lain dari tubuh.
  • Scrub penghilang kulit mati
    Berbagai produk penghilang kulit mati bisa kamu dapatkan di pasaran. Mungkin kamu bisa membuat ramuan scrub sendiri di rumah dengan sedikit gula dan sedikit minyak zaitun atau minyak esensial favorit, lalu balurkan pada kulit kamu.
  • Cuci kulit dengan asam pengelupasan
    Pembersih dan lotion yang mengandung bahan-bahan seperti asam laktat (AHA/alpha hydroxy acid) dan asam salisilat (BHA/beta hydroxy acid) dapat berfungsi sebagai exfoliant, menghilangkan kulit mati dan membawa kulit lebih segar ke permukaan.

Sebagai pelengkap perawatannya, rajinlah mengonsumsi makanan yang mampu menutrisi kulit. Perawatan untuk mengatasi wajah keriput dan kusam secara alami yang paling baik adalah dari dalam, artinya berilah tubuh pakan bernutrisi yang berguna bagi proses peremajaan kulit. 

Kuncinya pada konsistensi. Perawatan yang mahal sekalipun akan tidak berfaedah jika kamu tidak konsisten dengan gaya hidup sehat. Mengatasi wajah keriput dan kusam sebetulnya dimulai dari rutinitas dan kebiasaan akan konsumsi makanan yang sehat dan penuh nutrisi. Berikut jenis makanan yang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi kulitmu.

6 jenis makanan dan nutrisi untuk mengatasi kulit kusam

Tomat

Tips Cara Mengatasi Kulit Kusam
Buah tomat mengandung antioksidan kuat yang disebut lycopene. Kandungan lycopene berdasarkan penelitian bisa membantu melindungi kulit terhadap kerusakan yang diakibatkan sinar UV matahari. Lycopen juga larut dalam lemak, yang berarti bahwa itu lebih mudah diserap bila dikonsumsi dengan lemak, seperti telur, alpukat, dan minyak zaitun.

Daging merah

Tips Cara Mengatasi Kulit Kusam
Kandungan lemak dalam daging merah adalah lemak tak jenuh dengan tingkat kolestrol yang rendah. Daging merah tanpa lemak kaya akan protein dan dan zinc. Studi terbaru menunjukkan bahwa daging merah dianggap lebih mampu mengatasi jerawat tanpa menggunakan antibiotik. Untuk memproduksi kolagen, kulit kamu membutuhkan asam amino glisin dan prolin, dan protein dalam daging merah memiliki konsentrasi tertinggi dari kedua asam amino tersebut.

Teh hijau

Tips Cara Mengatasi Kulit Kusam
Bukan rahasia lagi bahwa teh hijau merupakan antioksidan yang kuat. Efek kuat anti-inflamasi dan anti-penuaan dikaitkan dengan konsentrasi tinggi dari senyawa catechin. Meminum satu cangkir teh sebanyak dua kali sehari selama enam bulan mampu memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Kacang hijau

Tips Cara Mengatasi Kulit Kusam
Kacang hijau adalah salah satu makanan yang membuat wajah lebih sehat karena jenis kacang-kacangan tersebut menjadi salah satu sumber terkaya dari silikon alami. Pilih kacang hijau organik, karena banyak mengandung silikon lebih tinggi dari pada tanah.

Kacang Kenari 

Tips Cara Mengatasi Kulit Kusam


Tidak hanya salmon yang memiliki banyak Omega 3. Kacang kenari juga mengadung Omega 3. Jika kamu khawatir kulitmu mengalami pembengkakan, blotchiness, jerawat, atau kerutan, kacang kenari juga bisa memberi solusi terbaik untuk kamu. Bahan nabati Omega-3 seperti yang ditemukan dalam kenari, secara alami berfungsi sebagai anti-inflamasi yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit.

Yoghurt

Tips Cara Mengatasi Kulit Kusam

Yoghurt merupakan asupan yang sangat baik untuk wajah kamu dan bisa membantu mengatasi jerawat, eksim, bahkan ketombe. Hanya saja yang perlu diperhatikan, pastikan untuk memilih yogurt rendah lemak dan rendah gula, karena gula dapat memperburuk peradangan.

Berikut tadi merupakan Tips Cara Mengatasi Kulit Kusam yang bisa langsung kamu praktikkan sehari-hari. Skincare untuk kebutuhan eksfoliasi kulit sekarang sudah banyak sekali pilihannya, baik yang impor maupun merk lokal, dan semuanya memiliki testimoni yang bagus sesuai jenis kulit penggunanya. Bahan makanan sebagai asupan nutrisi dari dalam pun juga mudah didapat.

Jangan takut lagi dengan permasalahan kulit kusam. Sekarang, mengatasi kulit kusam agar memperoleh kulit yang bersih dan sehat bukanlah hal yang mustahil. 

Semoga bermanfaat.

sumber gambar: pinterest.com

Posting Komentar untuk "Cara Agar Kulit Tidak Kering dan Kusam"