Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lakukan 5 Kebiasaan ini Agar Dapur Bersih dan Rapi

5 Kebiasaan Agar Dapur Bersih dan Rapi
5 Kebiasaan Agar Dapur Bersih dan Rapi

Lakukan ini agar Dapur Bersih dan Rapi 

5 Kebiasaan Agar Dapur Bersih dan Rapi - Apa pun bentuk tempat tinggal kamu, entah rumah tapak, rumah susun, pun sebuah apartemen mewah, menjaga kebersihan dapur adalah sebuah keharusan. Alasannya, dapur inilah pusat makanan dan bahan masakan kamu siapkan dan simpan. Tentunya jangan sampai sumber bahan makanan tersebut terkontaminasi gara-gara dapur kita tak terjaga kebersihannya. Untuk itulah, mengagendakan bersih-bersih total dapur setiap 6 atau 12 bulan sekali sangatlah dianjurkan.

Selain rutin membersihkan dapur setiap 6 dan 12 bulan sekali, beberapa kebiasaan sederhana ini bisa membuat kebersihan dan kerapian dapur kamu senantiasa terjaga, lho! 

Apa saja kebiasaan-kebiasaan yang dimaksud itu? Simak terus ulasan di bawah ini ya.

Kosongkan wastafel / dishwasher

kosongkan wastafel
Kosongkan wastafel

Sebelum kamu mulai memasak, pastikan area cuci piring seperti wastafel atau dishwasher masih dalam keadaan kosong atau bersih. Itu artinya kamu sudah membersihkan semua peralatan masak yang kamu gunakan sebelumnya. Jangan sampai peralatan tersebut ditimbun di watafel sampai berjam-jam, semalaman, atau malah berhari-hari. 

Jangan lupa juga untuk membersihkan wastafel tersebut. Cuci permukaannya dengan sabun dan gosok perlahan hingga bersih dari minyak dan lainnya.

Menjaga wastafel tetap selalu bersih juga bermanfaat untuk mencegah bau. Tumpukan peralatan bekas masak yang masih menyimpan minyak, bumbu, atau bahan masakan dapat mengakibatkan bau yang tidak sedap. Begitu juga pada saluran wastafel, jaga selalu saluran ini dari timbunan bekas makanan atau sisa bahan masakan.

Terapkan aturan “satu masuk, satu keluar” untuk isi kulkas

Jangan sampai isi kulkas kamu malah jadi sarang makanan busuk atau kedaluwarsa! Setiap selesai belanja untuk stok makanan, sortir isi kulkas untuk membuang makanan yang sudah tak lagi bisa dimakan, busuk, atau kedaluwarsa. Dengan begitu, isi kulkas tidak akan kepenuhan, selain juga tidak mengeluarkan aroma yang tidak sedap.

Rajin lap permukaan meja dapurmu

Rajin mengelap permukaan meja dapur
Rajin mengelap permukaan meja dapur

Kamu wajib menyadari bahwa permukaan meja dapur adalah salah satu area permukaan yang paling terkontaminasi di dalam rumah. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu mengelap permukaannya sebelum memasak agar kotoran-kotoran yang menempel tidak tertransfer ke dalam bahan makanan. Kamu bisa menggunakan tisu basah yang mengandung cairan desinfektan (disinfectant wipes), atau menyemprotkan cairan desinfektan dan mengelapnya dengan tisu dapur (paper towel).

Selama kamu masih beraktivitas memasak, permukaan meja dapur memang pasti jadi tempat yang berantakan. Maka itu kamu tetap harus rajin mengelapnya, baik sebelum, selama, dan seusai memasak.

Sediakan peralatan bersih-bersih di dapur

Agar kebiasaan menjaga dapur bersih sehari-hari terasa makin mudah, kamu bisa memulainya dengan menyiapkan peralatan kebersihan mendasar untuk dapur, seperti lap meja, sabun pembersih, sapu, pengki, atau juga pel serta menyimpannya di tempat yang mudah dijangkau. Dengan demikian, sewaktu kamu ingin mulai mengelap meja atau membersihkan wastafel, kamu tak perlu pusing keliling rumah atau apartemen untuk menemukan peraltan yang kamu butuhkan.

Sediakan tempat sampah yang cukup besar

Sediakan tempat sam[ah yang cukup besar
Sediakan tempat sam[ah yang cukup besar

Yang namanya sampah pastilah jorok dan kotor, sedangkan dapur akan selalu memproduksi sampah. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu menyediakan tempat sampah dengan ukuran cukup besar agar semua sampah dapat tertampung. Jangan lupa juga untuk memisahkan sampah basah dan kering. Sebab menyatukan sampah basah dengan kering akan mudah mengundang lalat dan bakteri di sekitar sampah. 

Tempat sampah sebaiknya tertutup. Jangan gunakan tempat sampah berupa trash bag saja, karena bau dari sampah yang membusuk akan tersebar. Berbeda jika kamu menggunakan tempat sampah yang tertutup. Aroma dari sampah yang membusuk bisa tertahan untuk tidak menyebar ke seluruh ruangan serta tidak mengundang lalat ataupun hewan lainnya.

  Di samping itu, jangan lupa pula untuk membuang sampah secara teratur di tempat pembuangan di luar hunian agar tidak terus-menerus menumpuk di dalam dapur. Biasanya untuk keperluan rumah, jasa angkut sampah akan berkeliling memungut sampat dapur seminggu sekali. 


5 kebiasaan di atas bila kamu lakukan secara konsisten akan mampu menjaga dapur bersih dan rapi. Kebersihan dapur ini juga berpengaruh kepada kesehatan keluarga. Dapur yang kotor dapat menjadi sarang penyakit, padahal makanan kita diolah dari tempat tersebut. Nah, bisa jadi hal yang berbahaya bukan.

Artikel di atas berusaha menyampaikan sesuatu kebiasaan yang sederhana, yaitu aktivitas rutin agar dapur bersih dan rapi. Silakan lakukan kebiasan-kebiasaan positif ini agar keluarga juga dapat terjaga kesehatannya. 


Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Lakukan 5 Kebiasaan ini Agar Dapur Bersih dan Rapi"