Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Tips Merawat Anjing di Rumah

Kumpulan Tips Merawat Anjing di Rumah

Kumpulan Tips Merawat Anjing di Rumah - Bagi kamu yang masih baru dalam hal memelihara anjing di rumah tentunya banyak menemui kesulitan mengenai cara rawatan hariannya. Anjing tidak hanya membuthkan makan, minum, dan kandang saja. Banyak aktivitas anjing yang harus kita ketahui dan perhatikan. Hal ini juga sebagai bentuk tanggung jawab kamu sebagai pemilik anjing tersebut.

Tips Merawat Anjing di Rumah
Tips Merawat Anjing di Rumah

Mungkin kamu belum tahu bahwa anjing memiliki tingkah laku yang khas dan unik, seperti suka mengunyah, menggonggong, atau tingkah laku aktif lainnya. Pengetahuan mengenai anjing seperti pentingnya anjing diberi kandang, kebersihan kuku dan bulu, fungsi kalung anjing, dan sebagainya akan diulas pada artikel ini.

Ikuti terus artikel Kumpulan Tips Merawat Anjing di Rumah sampai selesai ya, agar kamu semakin paham tentang karakteristik anjing sebagai hewan peliharaan.

Mengapa anjing suka mengunyah

Anjing suka mengunyah
Anjing suka mengunyah

Anjing membutuhkan kegiatan membersihkan diri terutama giginya. Mereka membersihkan giginya dengan cara mengunyah tulang-tulangan atau benda keras lainnya.

Beberapa penjelasan perilaku anjing suka mengunyah:

  1. Melakukan pembelajaran, anak anjing umumnya memanfaatkan giginya untuk memahami atau mengenal sebuah benda. 
  2. Disebabkan oleh pertumbuhan gigi. Rasa sakit dan gatal pada gusi menyebabkan anjing mengunyah sesuatu untuk menghilangkannya.
  3. Stres. Ketika mengalami kebosanan dan kesepian, hiburan yang sering dilakukan anjing adalah dengan mengunyah sesuatu di sekitarnya. 
  4. Membersihkan gigi. Seperti layaknya manusia, anjing pun membutuhkan kegiatan membersihkan diri terutama giginya.

Mengunyah memang terkesan buruk dan menyebalkan bagi kamu selaku pemilik karena beberapa barang bisa rusak. Tapi, yang perlu kamu ingat bahwa hal tersebut adalah kebiasaan anjing yang bersifat natural dan tidak mungkin dihilangkan. Perihal mengunyah tersebut juga tidak sepenuhnya menunjukkan aspek yang buruk. Ketika kamu melarang anjing mengunyah, berarti kamu sudah melarang anjing untuk rutin membersihkan giginya dari sisa-sisa makanan yang berada di mulut. Bila gigi dan mulut anjing kotor, bisa jadi gangguan gigi dan mulut akan menyerangnya.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi perilaku anjing tersebut adalah dengan mengalihkan kebiasaannya dengan memberikan mainan dan tulang-tulangan sebagai ganti ketika dia mulai menggigiti sepatu atau barang-barang pentingmu. Ajak mereka bermain dan berjalan-jalan agar tidak stres akibat kebosanan. Kemudian, latih juga anjing untuk menentukan barang mana yang boleh dia kunyah dan tidak boleh dia kunyah.

Mengapa anjing perlu kandang

Kandang anjing
Kandang anjing

Cara merawat anjing yang benar adalah dengan memberikannya sebuah kandang. Kandang anjing memang diperlukan oleh anjing seperti halnya manusia memerlukan sebuah rumah. 

Seperti fungsi rumah, kandang anjing merupakan tempat berteduh, beristirahat dan sebagai tempat tidur anjing. Dengan adanya kandang, anjing akan merasa lebih nyaman dan senang. Biasanya mereka akan masuk sendiri ke dalam kandang tatkala sedang merasa lelah dan ingin tidur.

Supaya kandang anjing selalu memberikan kenyamanan bagi mereka, kandang haruslah dalam keadaan bersih. Sediakan pula makanan dan minuman di tempat yang mudah dijangkau dari dalam kandang oleh anjing. Dengan demikian, anjing akan merasa betah sewaktu berada di dalam kandang dan tidak melulu menggonggong minta keluar. Perhatikan pula letaknya, pastikan kandang berada pada tempat yang teduh dan terlindung dari hujan.

Sebaiknya kandang anjing tidak berfungsi ganda. Jangan jadikan kandang sebagai tempat bermainnya juga. Pisahkan mana kandang dan mana tempat bermain. Caranya adalah dengan membuat kandang tidak berukuran terlalu besar dan hanya sesuai sebagai tempat tidurnya saja. Sedang tempat bermain idealnya adalah di luar kandang. Setelah lelah bermain, biasanya anjing akan masuk ke dalam kandangnya dengan sukarela. Hal ini juga merupakan sarana mengajari anjing untuk disiplin. 

Kandang anjing juga memiliki fungsi sebagai pengaman, baik bagi tamu atau si anjing itu sendiri. Tidak semua anjing bisa ramah dengan tamu-tamu kamu. Selain itu jika ada tamu yang alergi atau takut dengan anjing, kandang anjing akan membuat mereka merasa lebih aman. Saat mereka berkunjung, masukkan dahulu anjing ke kandangnya. 

Namun penting diingat untuk tidak menggunakan kandang anjing sebagai tempat menghukum. Hal ini akan menyebabkan anjing merasa tidak diperhatikan atau merasa ditelantarkan bila dihukum di dalam kandang. Akibat seterusnya anjing akan merasa kandangnya bukanlah tempat yang nyaman dan menyenangkan sehingga anjing akan mudah stres.

Selain itu, dengan memberi anjing kesayangan sebuah kandang yang nyaman, anjing jadi tidak berkeliaran di rumah yang biasanya akan banyak merusak barang-barang yang ada. Saat membuat kandang, berpikirlah seperti saat kamu membangun rumahmu sendiri. Kandang haruslah nyaman dan memberikan rasa aman. Bagaimanapun juga anjing adalah makhluk hidup yang membutuhkan kasih sayang selayaknya manusia.

Cara aman mengikat anjing

Cara mengikat anjing
Cara mengikat anjing

Anjing adalah sahabat manusia. Sejak dulu anjing memiliki tugas untuk mengiringi ternak, berburu, menjaga rumah, dilatih untuk melakukan pencarian dan peyelamatan, membantu orang buta, atau hanya sekedar menemani manusia. Pemilik anjing kadang membiarkan saja anjing mereka bebas berkeliaran, walaupun juga tidak sedikit pemilik yang mengikat anjing mereka.

Ada banyak alasan mengapa seseorang mengikat anjing mereka, misalnya untuk mencegah anjing menggigit atau menakuti orang dan hewan lain. Kemudian juga mencegah anjing buang air besar atau kecil sembarang, berlarian tak tentu arah, bahkan bisa saja pergi jauh lalu kebingungan dan tersesat.

Disiplin dan bimbingan dari sang majikan dapat membangun terbentuknya hubungan yang baik antara keduanya. Salah satu cara untuk melindugi dan membuat anjing kamu disiplin adalah dengan menggunakan alat pengikat anjing. Hal ini berguna sekali ketika berjalan di tempat yang ramai, karena mereka bisa saja bingung dan hilang arah. Selain itu, di tempat yang ramai juga memungkinkan mereka menyerang orang yang dirasa mengganggunya.

Perlu diperhatikan beberapa hal mengenai alat pengikat anjing. Alat pengikat anjing tidak boleh terlalu panjang atau pun terlalu pedek. Alat pengikat yang terlalu panjang tidak memberikan kontrol yang baik pada anjing dan dapat mengakibatkan anjing menjadi agresif. Sedangkan tali yang terlalu pendek mengakibatkan ketidaknyamanan bagi anjing maupun si pemilik.

Salah satu alat pengikat anjing adalah dog collar atau kalung anjing. Penggunaan kalung anjing disesuaikan dengan jenis anjingnya. Pemakaian kerah yang tidak tepat dapat mengakibatkan hal yang buruk bagi leher anjing. Kalung ini digunakan sebagai pengontrol, identifikasi, fashion serta tujuan lainnya. 

Sama halnya dengan kalung anjing, tali anjing juga banyak digunakan untuk mengikat anjing. Biasanya tali dipasangkan di kalung, atau bisa langsung dileher hewan tersebut. Tali anjing biasanya dipakai ketika pemilik mengajak anjingnya berjalan-jalan, atau juga saat mengikuti kompetisi tertentu. Panjang tali yang sempurna dapat menahan anjing, sehingga mereka bisa dikontrol dengan baik.

Alat pegikat anjing biasanya digunakan untuk melatih anjing. Setiap alat pengikat memiliki kelebihan dan kekurangan, oleh sebab itu kamu harus mempertimbangkan sebelum memilihnya. Tanyakan dahulu mengenai kualitas pengikat anjing kepada penjualnya. Pengikat yang baik tentunya tidak menyakitkan bagi anjing dan juga membuat pemiliknya nyaman menggunakannya.

Manfaat kalung anjing

Prong collar
Prong collar

Kalung anjing merupakan asesoris untuk hewan peliharaan. Kalung ini dipergunakan majikan sebagai pemanis sekaligus tanda pengenal untuk anjing mereka. Selain itu kalung anjing juga dipergunakan sebagai alat bantu untuk melatih anjing. Banyak manfaat dari kalung anjing yang perlu diketahui para pemilik anjing sehingga tidak salah kaprah dalam penggunaannya.

Prong collar, salah satu jenis kalung anjing yang sering menjadi kontroversi. Prong collar merupakan kalung leher untuk anjing yang bentuknya dirancang menyamai kontur gigi anjing. Kalung anjing ini difungsikan untuk menuntun anjing belajar dengan menggunakan metode natural yang biasa diterapkan di lingkungan anjing di antara sesama anjing. Secara alamiah, anjing senior memanfaatkan hentakan gigi untuk menegur atau melarang anjing junior melakukan sesuatu. Metode inilah yang diadopsi prong collar untuk memudahkan para pelatih anjing melakukan pelatihan terhadap anjing mereka.

Beberapa pemilik anjing merasa kurang sreg terhadap pemakaian kalung anjing jenis prong collar. Menilai bentuknya yang tampak sangar, memberikan kesan bahwa kalung anjing tersebut lebih menyerupai alat penyiksa bagi hewan peliharaan dibandingkan alat melatih anjing yang baik.

Manfaat kalung anjing seperti prong collar, memang harus disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila memang tidak sesuai dengan seleramu, maka kamu tidak perlu ikut-ikutan untuk memasang prong collar pada anjing kesayanganmu. Pemakaian prong collar pun juga disarankan hanya pada anjing bertubuh besar, minimal memiliki berat badan 15 kg.

Cara merawat bulu anjing

bulu anjing
Bulu anjing

Setiap jenis anjing memiliki cara perawatan bulu yang berbeda. Bulu anjing yang tidak dirawat dengan baik tidak hanya membuat penampilan anjing menjadi kusam dan jelek, namun juga dapat menyebabkan timbulnya kutu anjing. Kutu anjing yang dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan anjing terkena kurap. Apabila kurap anjing tidak diobati juga, anjing bisa saja sakit dan mati. Oleh karena itu, perawatan bulu anjing harus diperhatikan dengan seksama.

Anjing yang berbulu lebat dan panjang membutuhkan perawatan ekstra dibandingkan dengan anjing yang berbulu pendek. Perawatan yang tidak tepat atau pemberian makanan yang salah dapat menyebabkan bulu anjing rontok. Perawatan rutin yang harus dilakukan kepada anjing kamu adalah memandikan anjing kamu dengan sampo anjing. 

Jangan memberikan sabun, deterjen atau sampo lainnya karena mengandung bahan yang mungkin dapat merusak bulu anjing. Kamu juga dapat memilih jenis sampo anjing khusus untuk anjing berbulu panjang atau berbulu keriting atau berbulu lembut. Anjing yang dimandikan secara teratur dapat terhindar dari serangan kutu anjing, selain juga dapat memperindah bulunya.

Apabila anjing kamu bermasalah dengan kutu anjing atau jamur kulit, tidak cukup hanya menggunakan sampo anjing saja. Kamu sebaiknya memberikan obat bulu anjing. Obat bulu anjing ini dapat berupa bedak, spray, obat yang diteteskan pada bulu, obat yang diminum, dan lain sebagainya. 

Sisir bulu anjing
Sisir bulu anjing

Kamu juga wajib menyisir dan menyikat bulu anjing supaya tidak kusut, khususnya untuk anjing yang berbulu panjang dan lebat. Penyisiran dan penyikatan bulu anjing ini akan membuang bulu mati dan juga mencegah timbulnya penyakit kulit. Jenis sisir atau sikat pun harus disesuaikan dengan jenis bulu anjing. Sediakan sisir khusus. Anjing dengan bulu dan kulit yang sehat tentunya akan semakin setia denganmu.

Cara memandikan anjing

Cara memandikan anjing
Cara memandikan anjing

Memandikan anjing tidaklah semudah yang kita lihat, karena umumnya anjing tidak suka dimandikan. Sebelum kamu memandikan anjing, alangkah baiknya bersihkan dulu kuku dan telinganya. Kita potong dahulu kukunya agar saat dimandikan anjing jari-jari kakinya dapat dicuci dengan bersih. Untuk membersihkan kuping anjing kita dapat menggunakan kapas yang dikasih sedikit alkohol.

Berikut ini beberapa langkah cara memandikan anjing di rumah:

  1. Sebelum memandikan hendaknya kita memasangkan pengikat leher pada anjing. Karena ketika anjing dimandikan, anjing akan sulit untuk kita kontrol. Mungkin saat dimandikan anjing dapat berlarian kesana-kemari bila tidak diikat.
  2. Tutupi telinga anjing dengan kapas agar tidak kemasukan air. Usahakan kapas jangan sampai terlepas pada saat memandikan.
  3. Kalau bisa gunakan selang untuk membasahi, jangan menggunakan sprayer. Tekanan sprayer terlalu kuat sehingga dapat menyakiti anjing. Basuh bulu anjing perlahan hingga seluruh badan basah.
  4. Kemudian beri sabun anjing atau sampo anjing ke seluruh bagian tubuh anjing hingga busanya merata. Bersihkan seluruh tubuh anjing dengan menggunakan sikat halus, seperti sikat semir. Sebaiknya kita menyikatnya secara searah, yaitu dari kepala ke ekor.
  5. Kita harus lebih memperhatikan saat membersihkan bagian dubur karena terkadang masih terdapat sisa tinja.
  6. Keringkan tubuh anjing dengan menggunakan blower khusus untuk anjing. Jika tidak punya kita dapat mengeringkannya dengan cara menaruh anjing di tempat yang tidak terkena sinar matahari dan terdapat aliran udara.
  7. Setelah kering kita dapat menyisir anjing tersebut dengan alur dari kepala ke ekor. Dalam menyisir anjing hendaknya dilakukan dengan lemah lembut sehingga anjing merasa lebih nyaman dan tidak kapok jika kita mandikan lagi.

Cara merawat kuku anjing

Cara merawat kuku anjing
Cara merawat kuku anjing

Memotong kuku anjing sangatlah penting. Kuku anjing akan tumbuh terus-menerus. Seberapa sering kuku harus dipotong tergantung dari gaya hidup anjing itu sendiri. 

Langkah pertama cara merawat kuku anjing adalah dengan memilih alat pemotong kuku yang tepat untuk anjingmu. Memotong kuku anjing bisa menjadi tugas yang sangat sulit, terutama jika anjing takut pada gunting kuku dan prosedur perawatan lainnya. Satu gerakan saja, dapat menyebabkan kamu tidak sengaja memotongnya terlalu dalam.

Sangat dianjurkan untuk menggunakan peralatan yang sesuai untuk perawatan anjing, bahkan jika itu hanya sikat kuku atau alat pemotong kuku.

Gunting kuku manusia tidak boleh digunakan pada anjing yang memiliki kuku berwarna hitam atau gelap, karena tidak mungkin untuk mengetahui sebatas mana kuku tumbuh. Gunting kuku juga cenderung meninggalkan anjing dengan kuku yang tajam, dan mereka bisa terluka saat menggaruk kulit. Kemudian juga lantai rumah akan terdapat banyak goresan karenanya. Pilihlah alat dremel yang memang dirancang untuk kuku anjing, seperti pemotong Peticure kuku hewan peliharaan.

Memotong kuku anjing yang terlalu pendek dapat menyebabkan rasa sakit dan bahkan berdarah. Kuku menjadi rentan terhadap infeksi jika rusak atau dipotong terlalu pendek. Memahami bagaimana memotong kuku anjing yang benar adalah kunci untuk mencegah cedera kuku akibat pemotongan yang terlalu dekat dengan pusat syaraf pada kuku anjing.

Dog pedicure
Dog pedicure

Berikut tips untuk menghentikan pendarahan pada kuku anjing jika kamu memotongnya terlalu pendek:

  1. Sebelum melakukan pemotongan, siapkanlah obat Styptic (sejenis obat merah), pati jagung atau tepung. Tepung ini fungsinya untuk menghentikan pendarahan.
  2. Jangan membiarkan anjing berjalan dulu, dan alihkan perhatiannya agar tidak menjilat kukunya yang terluka.
  3. Setelah pendarahan berkurang, ambil handuk atau kertas bersih dan tekankan pada kukunya.
  4. Segera cuci kuku kaki terluka.
  5. Bungkus seluruh kaki dengan beberapa lapis kasa steril. Jangan bungkus terlalu ketat, karena mengakibatkan sirkulasi darah yang buruk.

Memilih makanan untuk anjing 

Makanan anjing
Makanan anjing

Sudah tidak mengherankan bagi para penghobi anjing bahwa biaya makanan anjing mereka bisa mencapai jutaan rupiah per bulannya. Makanan instan kalengan, yang memiliki komposisi yang telah ditakar oleh para ahli kesehatan hewan dan dikemas dengan teknologi tinggi, memang cukup mahal harganya. Para penghobi anjing tentu berlomba-lomba memilih makanan anjing jenis ini untuk peliharaan mereka.

Jika kita lihat dari komposisinya, tidak jarang bahan-bahan dog food itu adalah daging ayam yang juga bergizi bagi manusia, atau malah juga menggunakan daging ikan. Para penghobi anjing itu kadangkala hanya melihat instannya saja, sekali membeli dan tidak perlu susah-susah mengolah. Padahal makanan anjing yang diolah secara alami itu yang paling bagus. Makanan mentah yang diolah sendiri lebih sehat dibandingkan makanan kalengan yang penuh dengan pengawet dan bahan-bahan kimia lain.

Mana yang lebih bergizi, makanan mentah atau makanan kalengan? Sudah tentu, semakin sama makanan itu dengan keadaan aslinya maka nilai gizi yang terkandung juga semakin banyak. Sama halnya dengan makanan yang dimasak. Berbagai vitamin, zat-zat bergizi larut dalam proses pemanasan dan menguap jika terlalu lama dimasak, jadi makanan mentah itu cocok bagi peliharaan.

Namun permasalahannya, amankah memberikan makanan mentah bagi anjing? Jika dilihat dari segi gizi kita bisa memastikan bahwa jawabannya iya, asalkan pengolahannya benar. Sebagai contoh kita bisa lihat efek makanan mentah bagi manusia. Orang Jepang banyak makan daging ikan mentah pada berbagai jenis sushi, akibatnya tubuh mereka lebih sehat walaupun risiko terkena penyakit yang disebabkan oleh parasit dalam ikan juga besar. Nah, disanalah tepatnya pemilik anjing memegang peranannya.

Jika ingin memberikan makanan mentah maka bahan yang dipilih harus benar-benar sehat, bebas dari penyakit, parasit ataupun bakteri. Untuk diet anjing, penghobi bisa memilih kombinasi kaya serat. Untuk pengolahan, makanan mentah yang sudah siap dan dibersihkan itu bisa ditaruh di dalam kulkas. Keluarkan jika hanya akan diberikan pada anjing, dan usahakan sudah termakan setelah setengah jam dikeluarkan dari kulkas. Jika tidak, maka bakteri bisa berkembang dan makanan itu sudah tidak sehat lagi.


Kumpulan Tips Merawat Anjing di Rumah di atas secara umum berguna bagi berbagai macam jenis anjing. Namun untuk detil perawatan semuanya ditentukan individu anjing itu sendiri. Kamu harus mengerti secara mendalam karakter dari anjing yang kamu pelihara. Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk memulai memelihara anjing pastikan dahulu kamu siap untuk bertanggung jawab. Jangan sampai anjing jadi menderita semenjak kamu pelihara.

Semoga bermanfaat.

Sumber gambar:
akc.org
thefoggydog.com

Posting Komentar untuk "Kumpulan Tips Merawat Anjing di Rumah"