Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Investasi Modal 10 Ribu Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa

Investasi Modal 10 Ribu?! Cobain Dulu Ah ...

Investasi Modal 10 Ribu Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa - Ternyata jaman sudah betul-betul bergeser. Belakangan ini wacana investasi sudah menggema di mana-mana. Bahkan ada investasi modal 10 ribu. Awalnya sih seperti tidak percaya, wong saya termasuk orang jadul, ngertinya investasi ya deposito, emas, ataupun tanah. 


Investasi Modal 10 Ribu
img/pexels

Seiring perkembangan teknologi, cara investasi pun semakin mudah dan beragam. Semua bisa kita kerjakan sendiri walaupun notabene kita cuma orang awam. Informasi mengenai investasi juga sudah sangat mudah kita dapatkan melalui media seperti youtube, portal berita finance, dan lainnya. Bahkan sebagiannya menyampaikan informasi dengan sangat jelas. Informasi yang pertama saya dapatkan mengenai investasi modal 10 ribu adalah melalui aplikasi Bibit. 

Apa itu aplikasi Bibit?

Bibit adalah aplikasi reksa dana yang membantu investor pemula ( seperti saya ) untuk berani dan bisa memulai berinvestasi. Siapa pun bisa langsung melakukan investasi dengan optimal sesuai dengan level risiko. Untuk kamu yang tanpa pengalaman pun bisa dengan mudah berinvestasi tanpa harus bingung dengan langkah-langkahnya.

bibit

Kelebihan dari aplikasi Bibit adalah adanya fitur Robo Advisor. Robo Advisor merupakan sebuah fitur dari Bibit yang dapat membantu para investor terutama investor pemula untuk menjalankan investasi reksa dana dengan baik. Robo Advisor Bibit akan mengarahkan jenis investasi serta di mana kamu sebaiknya meletakkan investasi kamu sesuai dengan porto foliomu.

ilustrasi bibit robo advisor
ilustrasi bibit robo advisor

Lantas, apakah Bibit aman atau jangan-jangan scam?

Uang para investor pada Bibit dapat dipastikan aman karena Bibit beroperasi sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh OJK. Uang investor tidak disimpan oleh Bibit, tapi disimpan di bank kustodian (seperti Bank BCA, BNI, HSBC) yang bertanggung jawab untuk menyimpan dan menjaga dana investor.

Terus, bagaimana kalau Bibit sampai tutup/bangkrut? 

Seluruh dana investasi sama sekali tidak disimpan di Bibit, tapi disimpan secara aman di Bank Kustodian. Artinya, andaikan Bibit sampai tutup sekalipun, reksa dana kamu tetap tersimpan aman di bank kustodian dan dapat dicairkan kapan saja.

Nah, beberapa informasi di atas tadi yang akhirnya membuat saya memberanikan diri untuk mencoba menjadi investor. Kedengarannya keren ya, hehehe. Sebetulnya yang lebih baik dari hanya sekedar 'kerennya menjadi investor', kamu secara langsung diajari untuk merencanakan keuangan masa depanmu dengan lebih presisi. Pada aplikasi Bibit kamu bisa merencanakan keuangan seperti pembiayaan pernikahan, pendidikan anak, dana pensiun, pembelian mobil / gadget, liburan, dan lain sebagainya. 

Maka itu, bagi kamu yang selama ini tidak/kurang memperhitungkan keuanganmu di masa depan, ada baiknya mencoba sedikit-sedikit berinvestasi melalui aplikasi Bibit ini. Semua belum terlambat, mulailah berinvestasi sekarang. Rencanakan masa depanmu dengan lebih baik lagi. Semisalpun kamu masih duduk di bangku sekolah, yang umumnya masih belum mempunyai penghasilan sendiri, kamu bisa belajar investasi dengan mencoba investasi modal 10 ribu.

Cara investasi modal 10 ribu di Bibit 

Supaya kamu bisa investasi modal 10 ribu tentunya kamu harus memiliki akun Bibit terlebih dahulu. Persyaratannya mudah, kamu hanya perlu mempersiapkan kartu identitas seperti e-ktp ataupun sim / passport bila diperlukan. Biasanya kartu sim / passport diperlukan bila tampilan e-ktp mu sudah buram, atau tidak terlihat jelas informasi yang tertulis pada e- ktp tersebut. Kalau pada kasus saya, saya menggunakan data pembanding foto Kartu KK dikarenakan foto pada e-ktp saya sudah buram.

Oya, Bibit dapat diakses melalui browser (komputer/laptop) ataupun melalui aplikasi. Untuk aplikasinya silahkan instal melaui link berikut:
Install Aplikasi Bibit

Nah, bagi kamu pengguna baru silahkan masukkan kode referral berikut: sandybibit agar kamu mendapatkan cashback sebesar Rp25.000,- yang dapat kamu gunakan untuk pembelian reksa dana di Bibit.

Setelah kamu berhasil membuat akun di Bibit, silahkan buka aplikasinya dan lihat pada bagian kanan atas layar. Tap simbol "search". Lihat gambar:

tampilan kolom search
tampilan kolom search

Kemudian, kamu akan diarahkan pada halaman pilihan investasi. Langsung scroll ke bawah dan pilih Koleksi Reksa Dana - Minimal Pembelian Rp 10 Ribu.

Koleksi Reksa Dana Minimal Pembelian Rp 10 Ribu
koleksi reksa dana

Nah, silahkan amati pilihan-pilihan investasi minimal modal 10 ribu yang tertera di layar. Kamu bisa memilih sesuai yang kamu inginkan. Pada contoh kali ini saya memilih invesatsi modal 10 ribu di Sucorinvest Sharia Money Market Fund. Lihat gambar:

Sucorinvest Sharia Money Market Fund

Setelah kamu pilih, kamu akan diarahkan pada tampilan seperti berikut. Kemudian, langsung saja tap BELI.

tap tombol BELI
tap tombol BELI


Isikan nominal investasi dengan nominal Rp10.000,- dan tap BELI SEKARANG

Investasi Modal 10 Ribu
tap BELI SEKARANG

Kemudian jangan lupa centang pernyataan persetujuan pembelian reksa dana, dan tap BAYAR SEKARANG.

tap BAYAR SEKARANG
tap BAYAR SEKARANG

Pada opsi pembayaran silahkan sesuaikan dengan tempat dana yang kamu punyai, bisa melalui bank Jago, gopay, linkaja, shopeepay, ataupun transfer bank. Pada contoh di bawah, saya menggunakan gopay untuk metode pembayarannya. Kemudian, langsung tap tombol BAYAR yang berada di paling bawah layar.

bayar melalui gopay
bayar melalui gopay

Apabila pembayaran/pembelian reksa dana kamu berhasil, kamu akan melihat pemberitahuan seperti gambar di bawah ini.

pembayaran via gopay berhasil
pembayaran via gopay berhasil

Tapi ingat, walaupun proses pembelian reksa danamu telah berhasil namun kamu masih harus melewati verifikasi dari manajer investasi Bibit terlebih dahulu. Lihat gambar.

proses pembelian reksa dana
proses pembelian reksa dana

Terus, kapan proses pembelian selesai?

Lamanya proses pembelian seperti yang telah tercantum dalam keterangan di aplikasi Bibit.

  • Maksimal 2 hari kerja. Sabtu / Minggu / hari libur tidak termasuk hari kerja.
  • Pembayaran Sebelum 13:00 WIB - 1 Hari Kerja*
    Ketika Kamu melakukan pembayaran sebelum pukul 13:00 WIB (misal Senin jam 09:00 WIB) maka transaksi akan diverifikasi oleh Manajer Investasi pada hari yang sama (Senin jam 22:00 WIB) dan proses pembelian akan selesai pada hari bursa berikutnya yaitu hari Selasa sekitar jam 22:00.
  • Pembayaran Antara 13:01 - 13:59 WIB - 1-2 Hari Kerja*
    Apabila Kamu melakukan pembayaran di jam tersebut, order Kamu bisa dilaksanakan di hari yang sama atau di hari kerja berikutnya.
  • Pembayaran Setelah 14:00 WIB - 2 Hari Kerja*
    Apabila Pembayaran dilakukan setelah pukul 14:00 WIB (misal Senin jam 15:00 WIB) maka akan diverifikasi oleh Manajer Investasi pada hari bursa berikutnya (Selasa jam 22:00 WIB) dan proses pembelian akan selesai pada hari bursa selanjutnya yaitu Rabu sekitar jam 22:00 WIB.

*Khusus untuk produk reksa dana Sinarmas dan Pinnacle, batas akhir pembayaran agar dapat diproses di hari yang sama adalah pukul 12:00 WIB.


Apabila pembelianmu sudah berhasil dan masuk protofoliomu, kamu akan mendapatkan pemberitahuan melalui aplikasi. Contohnya seperti ini:

pembelian berhasil masuk portofolio
pembelian berhasil masuk portofolio


Nah, sekarang investasi sudah sangat mudah, bahkan dengan nominal 10 ribu saja kamu sudah bisa memulai berinvestasi. Mulailah sekarang untuk belajar berinvestasi dan melek keuangan dengan lebih baik, karena semua informasi sudah bisa lebih mudah kita dapatkan. 

Jangan ragu untuk memulainya, karena modal investasi hanya 10 ribu. Sangat kecil bila dibandingkan ongkos yang kamu keluarkan untuk nongkrong dengan ayangmu. 

Saya mencoba Bibit untuk berinvestasi reksa dana dikarenakan seperti yang saya tulis di atas, aman dan terpercaya. Bagi kamu yang belum mendaftar di Bibit, segeralah mendaftar dengan menggunakan kode referral: sandybibit, dan dapatkan cashback sebesar 25 ribu yang dapat kamu gunakan untuk membeli reksa dana. Link aplikasinya di sini ya: Aplikasi Bibit

Selamat belajar investasi modal 10 ribu, dan mulailah sekarang, tentunya bersama Bibit. Semoga bermanfaat.

—Sandy


Posting Komentar untuk "Investasi Modal 10 Ribu Cocok untuk Pelajar dan Mahasiswa"