Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Membuat Domain Gratis Selamanya

Cara Membuat Domain Gratis

Bagaimana Cara Membuat Domain Gratis Selamanya

Bagaimana Cara Membuat Domain Gratis Selamanya - Kebutuhan nama domain masih besar untuk digunakan dalam pembuatan blog pribadi, website, organisasi, toko online, dan lainnya. Sebagai pengguna biasanya kita mesti menyewanya melalu provider penyedia domain. Namun, ada pula penyedia domain yang menyediakan domain tanpa perlu membeli ( menyewa ). Salah satunya adalah melalui EU.org. Begini Cara membuat domain gratis selamanya menggunakan layanan EU.org.

Membuat blog/website berbayar sendiri bagi pelajar dan mahasiswa mungkin tidaklah gampang. Kita tahu untuk mengelola sebuah website membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bagi pelajar dan mahasiswa yang masih belum mempunyai penghasilan sendiri hal ini tentunya memberatkan. Salah satu solusi yang bisa diambil adalah menggunakan layanan open domain EU.org ini. Tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun; semuanya gratis. 

Apa itu EU.org 

Kalau saja kamu masih bertanya mengenai apa itu EU.org, saya kutipkan informasinya dari website nic.eu.org. Tujuan utama EU.org adalah menyediakan pendaftaran subdomain gratis kepada pengguna / organisasi nirlaba yang tidak mampu membayar biaya yang diminta oleh beberapa NIC ( Network Information Centre ). Karena sifatnya open domain, jadi siapa saja boleh mendaftarkan nama domain selama nama tersebut masih tersedia.

Walaupun kita bisa menggunakan layanan domain/subdomain EU.org secara gratis namun bukan berarti kita bisa menggunakan seenaknya. Layanan EU.org mempunyai beberapa kebijakan umum yang diperuntukkan bagi penggunanya. Beberapa kebijakan umum layanan EU.org adalah sebagai berikut:

  • Domain/subdomain EU.org sebagian besar diperuntukkan bagi individu ataupun organisasi nirlaba. Namun, situs komersial kecil masih diperbolehkan untuk menggunakan layanan ini. 
  • Layanan EU.org dapat digunakan untuk situs di luar wilayah Eropa ( non-Eropa ).
  • Pengguna EU.org juga harus mendapatkan otorisasi administratif dari provider yang menyediakan hosting bagi domain yang didaftarkan.
  • Pengguna layanan ini juga harus selalu mematuhi aturan standar berinternet, seperti tidak boleh melakukan spam, phis ( situs palsu untuk mencuri data autentifikasi ), menyebarkan malware, dan sebagainya.

Untuk selengkapnya kamu bisa mencari tahu sendiri melalui laman EU.org: general policy.

Langkah Cara Membuat Domain Gratis Selamanya

  1. Membuat identitas baru menggunakan fake name generator.
  2. Membuat akun di EU.org.
  3. Mendaftarkan nameserver hosting.
  4. Registrasi nama domain di EU.org.
  5. Proses validasi domain.
  6. Selesai, domain siap digunakan. 

1. Membuat identitas baru menggunakan fake name generator.

Langsung saja kita mulai langkah pertama cara membuat domain gratis selamanya. Untuk membuat identitas samaran silakan kunjungi fakenamegenerator.com. 

Pada situs tersebut silakan atur jenis kelamin, nama, dan negara terlebih dahulu, dan klik GENERATE. Secara otomatis situs akan membuatkan identitas samaran baru. Lihat gambar untuk melihat contoh yang sudah saya buat. 

Cara Membuat Domain Gratis
fake name generator

Identitas ini yang nantinya akan kita gunakan untuk mendaftar/membuat akun di EU.org. Apabila kamu sudah berhasil membuat identitas samaran baru, mari kita menuju langkah selanjutnya, yaitu membuat akun di EU.org.

2. Membuat akun di EU.org.

Silakan kunjung alamat url berikut nic.eu.org untuk membuat akun, atau mudahnya silakan klik link ini: REGISTER. Pada formulir pendaftaran akun masukkan identitas sesuai dengan identitas yang sudah kamu buat di fake name generator tadi. 

Apabila kamu tidak bisa mengakses link REGISTER melalui browsermu, gunakan saja vpn. Kalau kamu mengakses melalui chrome di pc gunakan addon vpn gratis seperti browsec atau winscrobe. Nah, kalau kamu mengakses menggunakan browser di smartphone jangan lupa install dulu aplikasi vpn-nya. Terserah mau pakai aplikasi browsec ataupun windscribe.

Oya, kalau kamu ingin membuat akun EU.org dengan email yang berbeda dari email pribadimu, boleh saja. Untuk membuat email baru tanpa nomor hp, kamu bisa mengikuti tutorialnya pada artikel ini: Cara Membuat Email Tanpa Nomor HP.

Jangan lupa centang opsi "Private ( not shown in the public whois )" dan "I have read and I accept the domain policy". Setelah itu klik CREATE.

Cara Membuat Domain Gratis
Isi formulir pendaftaran

Cek kontak masuk emailmu dan konfirmasikan akun yang baru saja kamu buat.

Cara Membuat Domain Gratis
Cek kotak masuk email

Kamu juga akan diminta memvalidasi akun yang baru saja dibuat tersebut. Cara memvalidasinya cukup Klik VALIDATE. 

Cara Membuat Domain Gratis
Klik validate

Setelah akun terverifikasi dan berhasil dibuat kamu akan melihat pemberitahuannyamelalui email. Kemudian, silakan login menggunakan name dan password.  

Cara Membuat Domain Gratis
Login ke akun yang baru

3. Mendaftarkan nameserver hosting.

Langkah selanjutnya adalah mendaftarkan nameserver hosting yang akan kita gunakan untuk domain situs yang akan kita buat nanti. Cara agar bisa mendapatkan nameserver hosting, kita bisa menggunakan layanan free dns dari HOSTRY. Klik link berikut untuk membuat akun di hostry: DAFTAR HOSTRY.

Isi formulir pendaftaran seperti biasa. Selesaikan semua proses pendaftaran akun hingga proses verifikasi email. 

Verifikasi akun hostry berhasil

Login ke akun hostry kamu dan cari tab SERVICE pada menu navigasi di atas, lalu pilih FREE DNS.

Free DNS service

Kamu akan diarahkan pada halaman isian nama domain yang akan kamu daftarkan pada layanan free dns ini. Tuliskan nama domain yang akan kamu buat kemudian klik CREATE DNS. Pada gambar contoh di bawah saya gunakan nama jajog.eu.org untuk nama domainnya.

Create DNS

Nah, sudah bingung belum? Hehehe ... Jangan bingung kawan. Selama kamu mengikuti urutan langkah-langkahnya kamu tidak akan kesasar.

Untuk melihat nameserver kamu bisa melihat melalui email pemberitahuan dari hostry setelah dns berhasil dibuat. Jangan lupa cek email kamu. 

Nameserver yang nanti akan kamu isikan pada proses registrasi nama domain di EU.org adalah ns1.hostry.com, ns2.hostry.com, ns3.hostry.com, dan ns4.hostry.com. 

Nameserver hostry


Sesuai yang diberitahukan melalui email, proses pembaruan nameserver record bisa memakan waktu maksimal hingga 72 jam. Namun, dari beberapa nama domain yang saya daftarkan ternyata membutuhkan waktu yang berbeda-beda. Ada yang hanya sekitar 5 jam saja, namun ada yang hingga 2 hari. Jadi, sabar saja ya kawan.

4. Registrasi nama domain di EU.org.

Nameserver sudah dibuat dan akun EU.org sudah berhasil dibuat. Sekarang saatnya membuat nama domain sesuai yang kamu inginkan. Terlebih dahulu login ke akun EU.org, kemudian klik tombol NEW DOMAIN.

Klik New Domain

Pada baris formulir "Complete domain name" isikan nama domain yang ingin kamu buat. Untuk contoh yang saya buat bisa kamu lihat di screenshot ini. 

Masukkan nama domain

Sedang untuk baris formulir ORGANIZATION kamu isikan dengan identitas samaran tadi. Yang terakhir isikan nameserver sesuai yang sudah kita dapatkan dari hostry pada langkah 3 tadi. Kemudian, klik SUBMIT.

Klik submit

Apabila semua pengisian formulir tadi sudah benar dan domain berhasil didaftarkan, akan ada pemberitahuan "No error, storing for validation". 

Domain berhasil didaftarkan

5. Proses validasi domain.

Proses validasi pendaftaran domain ini membutuhkan waktu. Perksa saja kotak masuk emailmu secara berkala. Apabila sudah ada email pemberitahuan masuk itu tandanya domainmu sudah siap digunakan. 

6. Selesai, domain siap digunakan. 

Apabila kamu mengikuti semua langkah sesuai dengan yang sudah dituliskan di atas, seharusnya kamu sekarang sudah mempunyai domain sendiri. Untuk tutorial kali ini saya menggunakan nama domain jajog.eu.org. Domain tersebut sudah online, silakan cek sendiri ya.

Mestinya, jika kamu akan membuat website tidak hanya membutuhkan nama domain saja, tapi juga hosting untuk menempatkan websitemu. Layanan hosting gratis yang paling mudah diakses dan digunakan adalah hosting dari google melalui layanan blogger/blogspot.

Jadi, Cara Membuat Domain Gratis Selamanya bisa menggunakan layanan EU.org, sedangkan hosting gratisnya bisa menggunakan layanan google blogger/blogspot. Enak kan, semua serba gratis. Tanpa mengeluarkan biaya untuk menyewa domain dan hosting kita sudah bisa membuat blog/website sendiri.

Contohnya seperti website yang baru saya buat, jajog.eu.org. Domain dan hostingnya gratis. Sekarang sudah online dan bisa diakses kapan saja.

Lantas, bagaimana cara menghubungkan domain baru yang baru saja kita buat tadi ke hosting google? Untuk tutorial ini akan saya tuliskan pada artikel selanjutnya: Bagaimana Cara Menggunakan Blogspot dengan Domain Sendiri


Kesimpulan

Bagaimana Cara Membuat Domain Gratis Selamanya adalah dengan menggunakan layanan open domain yang diberikan oleh EU.org. Langkah cara membuat domain gratis sudah dituliskan secara runtut pada artikel ini. Semuanya gratis dan dapat digunakan untuk kebutuhan apa saja, seperti blog pribadi, organisasi nirlaba, toko online, atau bahkan blog adsense. Tapi ingat, jangan digunakan untuk sesuatu yang ilegal ya. 

Semoga informasi dalam artikel Bagaimana Cara Membuat Domain Gratis Selamanya dapat membantu teman-teman, khususnya pelajar dan mahasiswa, yang membutuhkan membuat domain tanpa biaya tahunan. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada siapa saja yang membutuhkan. Semoga bermanfaat. 


—Sandy 

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Membuat Domain Gratis Selamanya"