Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Pairing Baseus WM01 Earbuds

Unboxing dan Cara Pairing Baseus WM01 Earbuds

Baseus WM01 Earbuds adalah salah satu perangkat TWS yang cukup populer. Saya baru saja membelinya. Awalnya sih penasaran ingin merasai menggunakan earbuds wireless. 

Kelebihan menggunakan earbuds tentunya karena jenis perangkat ini kompatibel dengan aktivitas harian kita. Sebelumnya saya menggunakan earphone dengan kabel, dan memang ternyata cukup merepotkan saat harus menggunakannya di tengah aktivitas pekerjaan saya.

Apa yang dimaksud TWS

Menggunakan perangkat TWS semacam Baseus WM01 Earbuds ini memang praktis dan bisa mendukung kinerja kita. Oya, barangkali ada yang belum mengerti apa yang dimaksud TWS. TWS merupakan kependekan dari True Wireless Stereo atau perangkat nirkabel guna mendengarkan audio secara stereo. Termasuk dalam perangkat TWS, adalah earphone, headset, atau juga earbuds.

Apa Itu Baseus WM01 Earbuds

Baseus WM01 Earbuds adalah earphone wireless yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon atau mendengarkan musik. Earbuds ini mampu digunakan dalam mode telepon/panggilan selama 5 jam, dan pada modus standby hingga 21 jam. 

Jarak maksimal penggunaanya sekitar 10 meter. Di luar jarak itu, earbuds akan terputus koneksinya dengan telepon kita.

Kenapa Memilih Baseus WM01 Earbuds

Alasan awalnya karena direkomendasikan dari seorang kawan. Setelah mencoba mencari informasi melalui youtube dan beberapa artikel, sepertinya ulasan yang diberikan penggunanya kebanyakan positif. Kemudian juga harga dari Baseus WM01 cukup terjangkau dibanding earbuds setipe dengan label merk-merk elektronik kawakan. Ya sudah, akhirnya saya putuskan membeli produk ini.

Unboxing Baseus WM01 Earbuds

Dalam satu paket Baseus WM01 earbuds berisi satu buah earphone charging case, satu pasang earphone, ear tips cadangan 4 buah, kabel charger satu buah, user manual, dan kartu garansi. 

Beberapa paket penjualan produk ini memasukkan pouch ( kantong ) sebagai tambahannya. Tapi, pada produk yang saya beli kebetulan tidak ada pouch-nya. Lihat penampakannya di bawah ini:

Bagaimana Cara Pairing Baseus WM01 Earbuds
Baseus WM01

Bagaimana Cara Pairing Baseus WM01 Earbuds
Baseus WM01

Bagaimana Cara Pairing Baseus WM01 Earbuds
Baseus WM01

Bagaimana Cara Pairing Baseus WM01 Earbuds
Baseus WM01

Bagaimana Cara Pairing Baseus WM01 Earbuds
Baseus WM01

Bagaimana cara menggunakan Baseus WM01 Earbuds

Earbuds ini memiliki banyak fitur dan bisa dioperasikan dalam berbagai mode penggunaan. Bisa digunakan dalam mode musik maupun mode panggilan.

Ingat, sebelum menggunakan produk ini cek dan lepas dulu stiker isolasi pada konektor charging earphone. 

Bagaimana Cara Pairing Baseus WM01 Earbuds
Lepas stiker isolasi

Kemudian, sebaiknya isi dahulu daya baterai dengan kabel type C yang tersedia. Cara pengisian daya baterai sama seperti perangkat lainnya. Karena produk ini tidak menyertakan adaptor charger di dalamnya maka gunakan adaptor charge teleponmu saja.

Berapa Lama Charging Baseus WM01 

Lama charging Baseus WM01 sekitar 2 - 3 jam. Pada produk baru biasanya proses pengisian awal tidak sampai selama itu. Untuk pengisian daya yang pertama membutuhkan paling sekitar 1 jam. Masukkan earphone ke dalam case-nya saat kamu melakukan pengisian daya.

Bagaimana Cara Pairing Baseus WM01

Setelah daya baterai sudah penuh, sekarang saatnya melakukan pairing dengan bluetooth teleponmu. Pada saat pairing letak telepon dan earphone harus dalam radius 1 meter. Cara pairing Baseus WM01 cukup mudah, keluarkan dahulu earphone dari case-nya dan jangan lupa terlebih dahulu menghidupkan bluetooth pada telepon yang ingin kamu pairing. 

Amati lampu indikator pada ujung earphone. Saat lampu berkedip cepat, tekan dengan pelan "area sentuh" pada earphone sekitar 3 detik. Apabila terdengar suara "tut", itu tandanya sinyal bluetooth earphone sudah menyala. Agar bisa mendengar suara notifikasinya kamu juga bisa memasangkan earphone langsung pada telinga, dan sentuh "area sentuh" dengan ujung jari.

Cara Pairing Baseus WM01
Area sentuh ( touch area )

Langkah selanjutnya kamu tinggal mencari perangkat bluetooth dari telepon dengan mengaktifkan tombol "CARI PERANGKAT". Telepon akan melakukan scanning perangkat bluetooth yang akif di sekitarnya. Jikalau semua proses sudah berjalan benar, seharusnya telepon dapat menemukan perangkat dan menampilkan nama "BASEUS ENCOK WM01".

Langkah terakhir, silakan tap "HUBUNGKAN PERANGKAT". Pairing Baseus WM01 dengan teleponmu sudah berhasil. Cek dengan memutar video, mp3, ataupun video pada aplikasi youtube.

Oya, apabila perangkat bluetooth meminta kata sandi, tuliskan saja "0000" sebagai sandinya.

Lihat video berikut untuk lebih jelasnya:

Link Produk

Bagi kamu-kamu yang tertarik untuk mencoba produk earphone bluetooth Baseus WM01 ini bisa membelinya di lapak official berikut: Beli Baseus Encok WM01.

Cara Menggunakan Baseus WM01 Pada Mode Musik

Untuk memutar dan menjeda lagu ( play/pause ), silakan ketuk/tekan "area sentuh" earphone kanan sebanyak 2 kali. 

Kemudian, untuk memutar lagu sebelumnya tekan selama 2 detik earphone sebelah kiri. Sebaliknya, untuk memutar lagu selanjutnya dalam daftar putar silakan tekan selama dua detik earphone kanan.

Dan, untuk mengaktifkan asisten suara tekan 2 kali earphone kiri. Kamu bisa merekam suara untuk mengaktifkan perintah melalui suara. Misal, kamu ucapkan "YOUTUBE", nanti secara otomatis teleponmu akan membuka aplikasi youtube. Atau misal kamu mengucapkan "MAINKAN YOUTUBE", telepon akan memainkan video rekomendasi dari youtube-mu.

Cara Menggunakan Baseus WM01 Pada Mode Panggilan

Cara menerima dan menutup panggilan telepon menggunakan earbuds ini cukup dengan mengetuk earphone kanan dan kiri sebanyak dua kali. Sedangkan untuk menolak panggilan telepon kamu hanya perlu menekan earphone kanan dan kiri selama beberapa detik.

Cara Menghidupkan dan Mematikan Baseus WM01

Earphone Baseus otomatis menyala saat kamu mengeluarkan dari charge case-nya. Untuk mematikannya kamu cukup memasukkan earphone kembali ke dalam charge case-nya. 

Mengembalikan ke Pengaturan Pabrik

Cara mengembalikan ke pengaturan pabrik ( reset ), matikan dahulu bluetooth telepon. Masukkan earphone ke dalam charger case-nya, kemudian buka tutupnya lagi dan keluarkan earphone. 

Amati lampu indikator pada earphone. Saat lampu indikator berkedip cepat ketuk earphone 3 kali, salah satunya saja. Nah, sekarang earphone sudah kembali ke pengaturan pabrik. 

Untuk menghubungkan ke perangkat bluetooth telepon lainnya silakan lakukan seperti langkah yang sudah dituliskan di awal tadi.

Catatan:

  • Jangan simpan earbuds pada tempat yang bersuhu tinggi dan mempunyai medan magnet kuat. 
  • Jangan letakkan earbuds di tempat yang dekat dengan sumber api. 
  • Apabila earbuds terkena air, segera keringkan dengan cara alami ( tanpa pemanas ), dan gunakan kembali.
  • Jika earbuds tidak dapat terhubung kembali secara otomatis, coba matikan bluetooth telepon. Reset earbuds ke pengaturan pabrik dan sambungkan/pairing ulang dengan teleponmu.
  • Gelombang elektromagnetik yang kuat di sekitarmu dapat menggangu koneksi bluetooth earbuds ini. Biasanya koneksi akan putus-putus. Sebaiknya jauhi tempat yang memiliki medan magnet tinggi saat menggunakan earbuds.

Pengalaman setelah menggunakan earphone wireless seperti Baseus WM01 ini ternyata memang menyenangkan. Sambil beraktivitas pun kita masih bisa menerima panggilan telepon. Juga saat butuh mendengarkan musik kala mengerjakan tugas-tugas kantor/kuliah, cukup gunakan earphone wireless ini. Praktis, mudah digunakan, serta kompatibel dengan aktivitas harian kita.

Bagi kamu yang masih bingung mencari tahu Bagaimana Cara Pairing Baseus WM01 Earbuds, semoga artikel di atas dapat membantu. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada siapa saja yang membutuhkan. 

—Sandy

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Pairing Baseus WM01 Earbuds"