Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat dan Menghapus Akses Spotify Pie Chart

Cara Membuat dan Menghapus Spotify Pie Chart
#SpotifyPie

Apa itu Spotify Pie Chart: Cara Membuat dan Menghapus Akses

Cara Membuat dan Menghapus Akses Spotify Pie Chart - Siapa yang tidak kenal dengan Spotify, layanan streaming musik (penyiaran musik) dan siniar (podcast) ini sudah sangat populer dikalangan anak muda sejak beberapa tahun yang lalu. Baru-baru ini Spotify kembali ramai diperbincangkan gara-gara munculnya fitur baru Spotify Pie chart.

Apa itu Spotify Pie chart?

Spotify Pie chart adalah chart berbentuk bulat (seperti roti pie) yang menggambarkan sejumlah musisi beserta genre yang didengarkan oleh seorang pengguna platform Spotify. Sebetulnya mirip Spotify Wrapped, hanya saja Spotify Wrapped dikeluarkan secara resmi oleh Spotify di akhir tahun sebagai rangkuman aktivitas penggunanya. Sedang Spotify Pie chart bisa dibuat dalam jangka waktu yang lebih pendek. Kamu bisa membuat chart tiap bulan atau tiap minggu.

Ada lagi perbedaannya dengan Spotify Wrapped, Spotify Pie ini dibuat oleh pihak di luar Spotify, alias tidak resmi. Pembuatnya adalah seorang mahasiswa di universitas UCLA, bernama Darren Huang. Melalui aplikasi berbasis web ini, kamu bisa membuat chart Spotify Wrapped-mu dalam jangka waktu yang lebih pendek. Beberapa pengguna media sosial sudah mencoba fitur ini dan membagikannya.

Cara membuat Spotify Pie chart

Tool / aplikasi ini berbasis web, jadi kamu bisa mengaksesnya hanya melalui website. Pertama-tama kunjungi url https://huangdarren1106.github.io.

Cara Membuat dan Menghapus Spotify Pie Chart
Laman login

Kemudian kamu akan diminta login menggunakan akun Spotify. Sebelum login, kamu akan dimintai persetujuan oleh aplikasi ini. Aplikasi ini akan melihat data akun Spotify-mu seperti nama, nama pengguna, gambar profil, jumlah pengikut, dan playlist publik. Kemudian juga melihat aktivitasmu di Spotify, seperti konten yang kamu putar, informasi perangkat Spotify Connect, artis dan konten teratasmu.

Cara Membuat dan Menghapus Spotify Pie Chart
Laman persetujuan


Apabila kamu menyutujinya, klik saja SETUJU. Secara otomatis aplikasi akan membuatkan pie chart Spotify.

cara membuat spotify pie
Contoh Spotify Pie

Spotify Pie Chart

Pada Spotify Pie chart genre musik digambarkan dengan simbol warna dan nama musisinya dituliskan dalam bentuk daftar. Besaran pie chartnya ditentukan sesuai dengan data aktivitas akunmu. Jadi, kamu juga bisa melihat perubahan aktivitasmu sendiri, apakah kamu saat ini sedang sering mendengarkan musik hard rock, metal, atau old school trash.

Setelah pie chart sudah jadi, kamu bisa mengambil tangkapan layar dan membagikannya melalui instagram, twitter, atau media lainnya.

Cara Menghapus Spotify Pie Chart 

Cara menghapus akses dari aplikasi Spotify Pie ini sangatlah mudah. Kamu hanya perlu masuk ke dalam akun Spotify dan menuju bagian PROFIL, dan pilih AKUN. Kemudian pada navigasi kiri cari tab APLIKASI, kamu akan melihat aplikasi apa saja yang terhubung dengan akunmu. Klik HAPUS AKSES pada aplikasi yang bernama "spotifyapp2". Ini adalah akses dari aplikasi Spotify Pie. Apabila nama aplikasi sudah hilang / tidak ada dalam daftar, itu tandanya kamu sudah memutuskan ijin akses dari aplikasi Spotify Pie.

Cara Menghapus Spotify Pie Chart


Nah, kalau kamu tertarik untuk membuat pie chart Spotify-mu sendiri, silakan ikuti cara-cara di atas. Mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. 

Semoga artikel Cara Membuat dan Menghapus Spotify Pie Chart ini dapat bermaafaat. Jangan lupa bagikan kepada siapa saja yang membutuhkan informasinya.

—Sandy

Posting Komentar untuk "Cara Membuat dan Menghapus Akses Spotify Pie Chart"