Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Artificial Intelligence Online Gratis

Daftar Website Artificial Intelligence Tools Online Gratis

Aplikasi Artificial Intelligence Online Gratis
img/pexels.com

Daftar Website Artificial Intelligence Tools Online Gratis - Teknologi Kecerdasan Buatan / artificial intelligence (AI) mungkin adalah salah satu yang paling pesat perkembangannya. Penerapannya sudah mampu menjadi pendamping aktivitas hidup manusia, walaupun masih banyak bidang yang belum terjelajahi. Hingga kini, teknologi ini terbukti memiliki dampak revolusioner terhadap kehidupan manusia di muka bumi ini. Oleh beberapa pihak disebut juga sebagai tahap evolusi manusia yang baru.

Tentang artificial intelligence

Pada beberapa pembahasan di forum, baik talkshow ataupun akademis, teknologi kecerdasan buatan ini ternyata membawa ketakutan bagi sebagian orang. Masa di mana kecerdasan buatan akan mengambil alih kerja manusia seolah nampak di depan mata dan semakin mendekat. Pada bidang industri dan bisnis sudah beramai-ramai melakukan tranformasi dengan menggunakan teknologi ini.

Kecerdasan buatan memang sengaja diciptakan untuk membuat mesin dapat bekerja serupa manusia. Replikasi ini sangat penting guna memenuhi kebutuhan manusia yang kian hari kian kompleks. Batasan, seperti jarak (geografis), waktu, birokrasi atau apapun yang dulunya menjadi penghambat produktivitas manusia, kini memperoleh jalan keluar. Kecepatan, efisiensi, dan efektivitas kerja artificial intelligence menjadi jawaban atas itu semua.

Saya kutipkan mengenai tipe-tipe artificial intelligence dari artikel di Forbes. 

1. Mesin Reaktif (Reactive Machines)

Ini adalah bentuk sistem AI tertua yang memiliki kemampuan sangat terbatas. Mereka meniru kemampuan pikiran manusia untuk menanggapi berbagai jenis rangsangan. Mesin ini tidak memiliki fungsionalitas berbasis memori, jadi mesin tersebut tidak dapat merekam dan menggunakan pengalaman yang diperoleh sebelumnya untuk menginformasikan tindakan mereka saat ini. Dengan kata lain mesin ini tidak memiliki kemampuan untuk "belajar".

2. Memori Terbatas (Limited Memory)

Selain memiliki kemampuan mesin reaktif murni, juga mampu belajar dari data historis untuk membuat keputusan. Hampir semua aplikasi AI yang ada termasuk dalam tipe AI ini.

3. Teori Pikiran (Theory of Mind)

Dua tipe AI sebelumnya sudah ditemukan dan digunakan, sedang tipe Theory of Mind dan yang selanjutnya masih dikembangkan dan sedang berjalan.

4. Kesadaran Diri (Self-aware)

Tipe self-aware disebut sebagai tahap akhir dari keseluruhan teknologi AI. Pada tahap ini, mesin AI memiliki kesadaran sendiri serupa manusia, dan mampu mengembangkan diri terus menerus sesuai dengan pengalaman yang ia terima. 

Tools online gratis artificial intelligence 

Artikel berikut akan menginformasikan website yang menggunakan teknologi artificial intelligence. Kita akan belajar bersama bagaimana cara menggunakan situs-situs tersebut guna menunjang kinerja kita, baik untuk keperluan tugas sekolah ataupun pekerjaan.

Saya pribadi menggunakan beberapa situs yang terdapat dalam daftar. Testimoninya tentu sangat positif. Bayangkan, 5 tahun yang lalu, untuk membuat sebuah video highlight produk saja saya harus menginstall beberapa software editing, baik editing video, suara, ataupun gambar. Tak hanya itu, tentunya PC pun harus bandel dan mampu mendukung instalasi dari software-software tersebut. 

Namun kini, dengan tekonolgi AI semua bisa saya lakukan melalui browser saja. Waktu yang digunakan pun sangat singkat. Sangat efektif dan efisien mendukung kinerja kita. Langsung saja, simak daftar situs artificial intelligence tools berikut.

1. Speech From Text: https://voicemaker.in/

Untuk yang pertama ada speech from text / text to speech melalui situs voicemaker.in. Kamu bisa menghasilkan suara/audio hanya dari teks yang kamu tuliskan. Sebenarnya teknologi AI seperti ini sudah cukup dikenal. Dipopulerkan melalui google dengan fitur android text to speech. 

Dengan voicemaker.in kamu bisa membuat teks menjadi suara yang dapat kamu gunakan untuk narasi video, podcast/audiobook, materi eLearning, presentasi powerpoint, bumper, pidato, dan sebagainya. 

Kenapa harus menggunakan voicemaker.in? Menurut saya, fitur gratisan yang ditawarkan cukup lengkap. Kamu bisa mengatur suara mendekati cara bicara manusia asli. Lihat gambar di bawah.

Aplikasi Artificial Intelligence Online Gratis
voicemaker.in

Keterangan gambar:

A. Box untuk mengisikan teks. Versi gratis dibatasi hingga 250 karakter. Untuk teks yang lebih panjang kamu bisa mengupgrade menjadi member pro.

B. Untuk mengatur gaya bicara agar terdengar natural melalui fitur di kolom ini. Kamu bisa mengatur jeda, tekanan suara, kecepatan, tinggi rendah nada bicara, volume, atau juga cara menyebutkan teks. Misal penyebutan angka 12, secara default akan menjadi "satu dua". Maka kamu harus melakukan pengaturan SAY AS pada opsi NUMBER, sehingga nanti hasil suara yang dihasilkan menjadi "dua belas".

C. Bagian pengaturan bahasa, karakter suara, serta jenis kelamin. Hal ini yang membuat tools ini menjadi menarik. Bukan hanya pilihan bahasa saja yang banyak, namun tools ini juga memberikan pilihan dialek atau logat tiap bahasa-bahasa tersebut. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan beberapa pilihan dialek dari orang yang menggunakan bahasa Tamil di India, Singapura, ataupun Srilanka. Selain itu pilihan bahasanya pun banyak sekali, mulai dari bahasa Afrika/Afrika Selatan, Amharic, Arabic, Urdu India, Urdu Pakistan, hingga Zulu.

D. Tombol untuk mengubah teks dan mendownload hasil audio.

E. Bagian ini juga sebagai pengaturan tambahan bagi suara dan audio output.

Contoh hasil suaranya bisa kamu dengarkan sendiri (tekan tombol play).

Kunjungi situsnya langsung, silakan atur dan kombinasikan suara sesuai keinginanmu. Semuanya gratis.

2. Image Correction: https://imglarger.com

Tools AI ini sangat powerfull dalam membantu meningkatkan kualitas foto/gambar menjadi lebih baik. Fitur-fitur yang bisa kamu gunakan:

  • AI Enlarger
    Perbesar dan tingkatkan gambar tanpa kehilangan kualitas. Dukungan pembesaran 200%, 400% dan 800%.
  • AI Upscaler
    Algoritme peningkatan yang disesuaikan dan dioptimalkan untuk meningkatkan gambar lebih cepat dan dalam proses batch.
  • AI Anime Upscaler
    Meningkatkan gambar anime dan kartun kelas atas hingga 16k. Alat alternatif terbaik untuk Waifu2x.
  • AI Enhancer
    Meningkatkan dan menyesuaikan warna dan keseimbangan cahaya gambarmu.
  • AI Sharpener
    Deblur gambar dengan teknologi AI yang canggih dan cepat. Pertajam gambar buram sambil menjaga kualitas.
  • AI Face Retouch
    Memerbaiki wajah buram, rambut, mata, bibir, dan kulit hanya dengan satu klik.
  • AI Background Remover
    Hapus latar belakang dari gambar secara otomatis.
  • AI Denoiser
    Menghilangkan noise pada foto hasil jepretan kamera digital.
  • AI Cartoonizer
    Mengubah foto atau wajah menjadi gaya kartun.
  • AI Photo Colorizer
    Menambahkan warna ke foto hitam putih secara otomatis.

Untuk menggunakan tools ini, kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Lakukan pendaftaran seperti biasa. Jangan lupa verifikasi pendaftaran melalui email. 

Pada contoh kali ini saya akan mencoba fitur AI Retouch foto. Cara menggunakannya, pilih fitur AI dan kemudian unggah foto/gambar yang hendak kita retouch. Jalankan proses dengan menekan tombol START. Tunggu beberapa saat, dan jika proses sudah selesai silakan unduh.

Lihat gambar di bawah untuk contoh hasil retouch foto.   

Aplikasi Artificial Intelligence Online Gratis
Hasil retouch foto blur

Bagaimana? Luar biasa kan hasilnya. Jadi, kamu tidak usah lagi bingung bila fotomu berkualitas rendah. Kamu dapat meretouchnya kapan saja dengan menggunakan tools AI di situs imglarger.com ini.

3. Magic Eraser: https://www.magiceraser.io

Situs tools AI berikutnya adalah magiceraser.io untuk menghapus elemen pada gambar dengan cepat. Tools ini juga sama powerfulnya dengan yang sebelumnya. 

Kamu bisa menghapus elemen pada mockup untuk keperluan promosi produk dengan cepat. Atau kamu bisa menghapus objek yang menghalangi fotomu. Semuanya hanya dengan cara yang mudah dan singkat.

Saya contohkan langsung saja dengan menggunakan gambar tadi (yang baru saja saya retouch). Pada gambar tadi, ada selembar daun yang berada di depan subjek foto. Saya akan mencoba menghapusnya menggunakan tools AI ini.

Cara hapusnya mudah, kamu tinggal mengunjungi situsnya dan mengunggah foto tanpa perlu mendaftar akun. Setelah foto berhasil kamu unggah, kamu akan dialihkan pada halaman pengeditan.

Pada halaman ini kamu bisa mengatur besarnya diameter kuas yang digunakan untuk menyeleksi objek/elemen yang akan kamu hapus. Lihat gambar.

Aplikasi Artificial Intelligence Online Gratis
Upload gambar yang akan diedit

Aplikasi Artificial Intelligence Online Gratis
Seleksi objek yang akan dihapus

Setelah semua objek tertutupi oleh area kuas berwarna hijau, segera tekan tombol HAPUS. Tadaaa, objek tersebut langsung hilang. Keren kan?

Aplikasi Artificial Intelligence Online Gratis
Objek daun sudah hilang

Apabila semua objek yang kamu inginkan sudah terhapus, kamu bisa mengunduh hasilnya pada tombol UNDUH di atas. Untuk mengunduh hasil dengan resolusi penuh, kamu bisa mengupgrade status member menjadi member pro. 

4. Rytr: https://rytr.me 

Daftar selanjutnya akan diisi oleh situs tools AI rytr.me. Tools ini dapat membantu untuk menghasilkan teks sesuai keperluanmu. Kamu bisa membuat tulisan untuk keperluan paragraf blog, nama brand, ide bisnis, email, instagram caption, testimoni produk, dan masih banyak lagi. Kamu harus membuat akun lebih dulu untuk dapat menggunakan tools ini.

Pilihan bahasa yang ada pun beragam. Selain itu kamu juga bisa memilih gaya penuturan yang akan digunakan, seperti gaya formal, kasual, joyfull, dan lain-lain. Hasil akhir tulisan paling banyak adalah tiga variasi, dengan pilihan level kreativitas mulai dari level rendah hingga optimal.

Aplikasi Artificial Intelligence Online Gratis
Ruang editdi rytr

Untuk contohnya, saya coba meng-generate sebuah paragraf untuk blog. Pengaturannya topik saya isikan "cara menulis artikel dengan  cepat", lalu untuk bagian keyword saya coba isikan dengan "cara menulis", "menulis artikel cepat", "teknologi ai writer", "blog dan situs". Pada bagian gaya penuturan saya coba dua tipe, yaitu formal dan kasual, dengan level kreativitas optimal. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Aplikasi Artificial Intelligence Online Gratis
Hasil teks formal

Aplikasi Artificial Intelligence Online Gratis
Hasil teks kasual

Kalau kamu sedang buntu ide, mungkin tools AI satu ini bisa jadi alat bantu yang tepat untuk menemukan ide, inspirasi, atau memandumu untuk terus berkreasi. 

5. Talk to Books: https://books.google.com/talktobooks/

Untuk melengkapi daftar tools AI pada artikel ini, saya akan melanjutkan dengan tools eksperimental yang sedang dikembangkan oleh google. Yang pertama ada "talk to books". Apa yang bisa dilakukan dengan talk to books ini? 

Sederhananya, kamu bisa menggunakannya untuk keperluan mencari buku yang ingin kamu baca. Namun tidak hanya itu, talk to books juga memberikan hasil yang lebih luas seperti frase yang sesuai dengan pencarianmu, kutipan atau juga berbagai macam sudut pandang berdasar dari ratusan buku yang ada. 

Teknologi ini membuat hasil pencarian terlihat seperti sebuah percakapan. Jadi, kamu juga bisa sekedar mengetikkan pertanyaan pada kolom pencarian. Kemudian, AI akan menjawabnya dalam bentuk frase-frase atau juga paragraf dalam suatu buku. 

Aplikasi Artificial Intelligence Online Gratis
Talk to book

Tapi, karena talk to books ini masih dalam pengembangan, hasil yang paling optimal baru bisa kita rasakan jika kita menggunakan bahasa Inggris. Saya sudah mencobanya dengan bahasa Indonesia, hasilnya masih kurang memuaskan.

Untuk melihat contohnya, silakan lihat pada seksi SAMPLE di bagian bawah halaman situs. 

6. Things translator https://experiments.withgoogle.com/thing-translator

Things translator ini cukup menarik. Tools eksperimen ini memungkinkan kita untuk mengambil foto suatu benda dan mencari tahu bagaimana benda ini diucapkan dalam bahasa lain. Mungkin saat kamu berada di luar negeri dan kebingungan untuk mengucapkan nama suatu benda, kamu bisa menggunakan tools tersebut.

Contoh dari hasil translator benda ini bisa kamu lihat dalam cuplikan video di bawah.

Kamu bisa mencobanya dengan langsung mengunjungi url berikut https://experiments.withgoogle.com/thing-translator. Kemudian silakan pilih LAUNCH EXPERIMENT. Untuk dapat menggunakannya, tools ini akan meminta izin mengakses kamera teleponmu. 

Pilihan bahasa yang ada sementara masih terbatas pada bahas Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, Cina, Jepang, Korea, Hindi, dan Belanda.

Kesimpulan

Beberapa tools AI berbasis web di atas dapat kamu kombinasikan penggunaannya. Kamu dapat mengubah dan mengoreksi gambar menggunakan magic eraser dan image correction. Kemudian, audio narasi bisa menggunakan speech from text. Sedangkan untuk ide dan kepenulisan bisa menggunakan ryte dan talk to books. Dan, kesemuanya gratis..

Nah, artikel daftar website artificial intelligence tools online gratis ini tentunya akan saya update sesuai dengan perkembangan. Untuk tools online lainnya yang dapat menunjang kinerjamu bisa cari pada artikel lain di situs ini.

Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Aplikasi Artificial Intelligence Online Gratis"