Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Tau Cara Membuat Perut Sixpack Lakukan 4 Hal Ini

Cara Membuat Perut Sixpack

Cara Membuat Perut Sixpack - Mempunyai perut sixpack adalah idaman bagi banyak orang; pria juga wanita. Langkah untuk mendapatkannya pun tidak cukup mudah. Kamu harus menargetkan dan membuat rencana-rencana untuk mewujudkannya.

Mau Tau Cara Membuat Perut Sixpack Lakukan 4 Hal Ini
Fake sixpack

Ketika bicara tentang mempunyai perut sixpack, apa yang segera terlintas dalam benakmu?

Sounds cool? Postur tubuh ideal? Atau sehat dan bugar penuh percaya diri?

Yup, semua itu adalah gambaran singkat dari mereka yang telah mampu memebentuk perut sixpack. Dan, kabar baik yang perlu kamu ketahui, semua orang ternyata telah memiliki otot perut yang bisa dipahat menjadi bentuk sixpack. Namun, kebanyakan tidak terlihat karena tertutup oleh lemak atau volume otot yang kurang tebal.

Cara bikin perut sixpack dalam 1 minggu

Pernah mendengar judul artikel seperti ini? Atau artikel dengan judul senada, "cara membuat perut sixpack dalam seminggu di rumah?"

Apa iya bisa membuat perut sixpack dalam 1 minggu, 1 minggu, 1 bulan? Apakah mungkin?

Mendapatkan perut sixpack tidak semudah itu kawan-kawan. Sebelum lebih jauh mengenai langkah dan cara membuat perut sixpack, yang harus perlu kamu lakukan sebagai dasar adalah memangkas kadar lemak dalam tubuh.

Banyak dari mereka yang gagal dalam membuat perut sixpack adalah karena memiliki jumlah kadar lemak tubuh yang cukup tinggi, terutama di sekitar perut. Maka, seperti yang sudah disebut sebelumnya tadi, memangkas atau menghilangkan kadar lemak di perut haruslah dilakukan terlebih dahulu. 

Lantas, bagaimana cara terbaik memangkas kadar lemak pada perut?

1. Mengatur Pola Makan

Para profesional selalu mensyaratkan kontrol pola makan di awal latihan membentuk otot perut menjadi sixpack. Asupan makanan dan nutrisi ini sama pentingnya dengan latihan rutin yang nantinya bakal kamu jalani. Latihan berat tanpa mengontrol pola makan sama saja sia-sia.

Peran nutrisi sangatlah penting ketika kamu menginginkan perut sixpack. Apabila otot sudah kuat tapi kadar lemak masih menumpuk, maka otot sixpack tetap tidak akan terlihat. Lemak tetap akan menutupi sehingga perut tidak akan terlihat kering dan membentuk sixpack.

Dalam memilih nutrisi makanan yang pertama dilakukan adalah memberi asupan otot berupa makanan tinggi protein, rendah lemak, dan juga rendah karbohidrat.

Pola makan ini harus disiplin kamu jalani dengan selalu menghindari berbagai makanan yang akan merugikan program dietmu. Sebisa mungkin jauhi makanan cepat saji atau gorengan, karena makanan seperti ini banyak sekali kandungan lemaknya. 

Di bawah ini adalah contoh menu makanan yang bisa kamu terapkan untuk program perut diet sixpack.

Menu makan diet sixpack 

Sarapan

– 2 potong roti gandum / 3-4 sendok oatmeal.

Snack Pagi

– 1 buah apel / jeruk / pir.

Makan Siang

– 100 gram dada ayam / ikan / sapi.

– 50-80 gram beras merah (berat pada saat belum masak).

– 100 gram sayuran.

Snack Siang

– 2 potong roti gandum / 2-3 sendok makan oatmeal.

Makan Malam

– 100 gram dada ayam / ikan / sapi.

– 100 gram sayuran.

Sebelum Tidur

– Susu tinggi protein rendah lemak dan gula.

Kamu bisa sesuaikan pilihan menu diet sixpack di atas sesuai dengan kemampuanmu. 

2. Latihan rutin.

Tidak bisa tidak, kunci mendapatkan perut sixpack melalui latihan rutin. Cara membakar kadar lemak berlebih dalam tubuh adalah dengan latihan (olahraga). 

Menginginkan perut sixpack namun tidak mau rutin berlatih, itu sama saja dengan mengkhayal. Jadi, jika kamu mempunyai goal mendapatkan perut sixpack, mulailah berlatih dari sekarang. 

Adapun contoh latihan sederhana yang bisa kamu lakukan antara lain:

Medicine Ball Throws

Medicine Ball Throws

Mungkin kamu dapat mengubah gerakan sit-up dengan lebih menyenangkan menggunakan latihan Medicine Ball Throws. 

Untuk melakukan latihan medicine ball throws, kamu perlu seorang partner latihan. Salinglah menjauh dengan partner sekitar 3-8 kaki, lemparkan bola ke partner kamu ketika kamu mengangkat tubuh ke atas, partner akan menangkap bola ketika dirinya mengangkat tubuh ke atas. Begitu seterusnya.

Latihan ini sama halnya dengan sit-up klasik. Namun, dengan permainan yang lebih menyenangkan ini akan melatih kerja sama dengan partner latihan kamu. Irama dan periodesasi sangat diprioritaskan dalam melakukan latihan Medicine Ball Throws.

Hanging Leg Raises

Contoh gambar beserta variasinya.


Hanging Leg Raises
Hanging Leg Raises

Hanging Leg Raises
Hanging Leg Raises

Gerakan fleksi dan ekstensi ini merupakan jenis yang paling umum dari latihan perut. Maka untuk mendapatkan hasil yang maksimal dengan latihan Hanging Leg Raises, maka pastikan bagian panggul kamu terlibat. Apabila panggul kamu tak bergerak, kamu hanya akan menggunakan fleksor pinggul untuk melakukan latihan hanging leg raises ini. Latihan fleksi ekstensi lainnya adalah variasi sit-up. 

Reverse Crunch

Reverse Crunch
Reverse Crunch



Latihan ini menargetkan otot perut bagian atas, bawah, dan obliques. Caranya pun sangat mudah yaitu mulai dengan berbaring telentang di lantai dengan kaki berada di depanmu.

Selanjutnya tempatkan tangan kamu di sisi dengan lantai untuk topangan. Secara perlahan-lahan tekuk kaki kamu di lutut dan posisikan ke arah dada. Lalu angkat bahu dan tubuh sejauh mungkin dari lantai dalam gerakan dan kembali ke posisi awal, kemudian ulangi.

Ball Crunch

abs Ball Crunch
Ball crunch

Dengan melakukan abs crunches dengan exercise ball, kamu dapat mendukung punggung bawah untuk secara efektif menargetkan perut bagian atas tanpa perlu menarik leher kamu.

Langkah awal memulai latihan ini adalah duduk di exercise ball besar dan jalankan kaki kamu ke depan, sampai punggung bagian bawah kamu bersentuhan dengan bola. Turunkan badan bagian atas sejajar dengan lantai. kamu bisa menyilangkan tangan di dada, atau memperpanjangnya di samping tubuh.

Bukan hanya latihan di atas, karena yang perlu kamu lakukan adalah untuk memangkas kadar lemak dalam tubuh maka kamu juga diharuskan untuk latihan yang menargetkan banyak kelompok otot.

Latihan yang dianjurkan adalah latihan compound seperti squat, deadlift, hingga bench press. Pun demikian, kamu juga bisa melakukan teknik latihan lainnya seperti High Intensity Interval Training (HIIT) atau Circuit Training.

3. Atur pola istirahat.

Setelah konsisten menjaga pola makan dengan diet sixpack dan berlatih rutin, langkah yang tak kalah penting adalah mengatur pola istirahat. Ini namanya latihan cerdas. Tanpa punya waktu istirahat yang cukup, latihan dan diet yang kamu lakukan akan sia-sia.

Sebabnya, otot pulih dan berkembang justru terjadi ketika kamu sedang istirahat. Sementara pada saat latihan, otot seolah dirusak. Merusak otot bukan arti harafiah ya. 

Beri jatah waktu otot untuk berkembang dengan memberinya waktu beristirahat yang cukup. Kalau kamu fokus kepada goal sixpack tentunya waktu malammu tidak akan kamu sia-siakan dengan menghabiskannya bersama puluhan serial netflix.

4. Suplementasi untuk membuat perut sixpack.

Suplementasi juga menjadi keharusan untuk mendapatkan perut sixpack. Asupan nutrisi tubuh harus sangat diperhatikan. Dan, tidak semua nutrisi yang kita butuhkan bisa didapat dari makanan harian. Apalagi orang-orang yang memiliki aktivitas harian berat. Solusinya adalah dengan bantuan suplemen. Suplemen merupakan nutrisi tambahan yang kurang atau tidak kamu dapatkan dari makanan (real food). 

Berikut ini adalah beberapa suplemen yang wajib kamu konsumsi jika kamu ingin membuat perut sixpack yang sempurna.

1. Whey Protein

Whey protein
Whey protein

Sudah tidak asing lagi bagi kamu yang hobi fitnes dengan nama ini. Whey protein adalah yang sempurna untuk membantu program kamu tersebut. Protein sendiri adalah makanan utama bagi otot sehingga sangat membantu program pembentukan otot, termasuk otot sixpack.

Supaya latihanmu tetap maksimal, kebutuhan protein yang cukup sangat diperlukan terutama untuk mempercepat masa recovery (pemulihan). Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa pilih suplemen whey protein terbaik untuk pembentukan otot perut sixpack.

2. Kafein

Kafein
Kafein

Selain diet, latihan adalah wajib untuk kamu lakukan jika ingin mendapatkan perut sixpack. Dan untuk membantu kamu mendapatkan energi yang cukup, maka kamu memerlukan asupan nutrisi yang besar dan kafein.

Kafein adalah power booster paling popular dalam dunia olahraga, dalam hal ini fitnes. Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa kafein sangat membantu mendongkrak energi selama latihan. Dengan energi tubuh yang memadai, maka latihanmu akan menjadi lebih intens dan maksimal. 

Produk-produk whey protein dan kafein bisa kamu dapatkan melalui lapak di marketplace atau toko-toko yang sudah terpercaya.

Kesimpulan

Cara membuat perut sixpack membutuhkan banyak usaha dan keseriusan. Jangan percaya dengan artikel dengan judul seperti ini, "cara membuat perut sixpack dalam seminggu di rumah", "cara bikin perut sixpack dalam 1 minggu", "cara olahraga membuat perut sixpack dalam seminggu di rumah", atau juga "membentuk otot perut dalam 1 minggu". 

Jika membentuk perut menjadi sixpack bisa dilakukan dalam waktu seminggu, mungkin tidak akan ada orang yang membuka studio gym lagi. Mempunyai perut sixpack itu adalah sebuah pencapaian. Bukan hanya khayalan. 

Yuk, mulai latihan sekarang. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Mau Tau Cara Membuat Perut Sixpack Lakukan 4 Hal Ini"