Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Badan Tetap Langsing Pasca Melahirkan

Cara Merawat Badan Tetap Langsing Pasca Melahirkan

Langsing Pasca Melahirkan: Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan Agar Tetap Langsing

Langsing Pasca Melahirkan - Mengembalikan berat tubuh setelah melahirkan sebetulnya tidak sulit dilakukan. Tulisan ini akan mencoba mengurai masalah yang hampir dialami oleh para kaum ibu di seluruh dunia. Tenang, jangan dulu skeptis, namun juga jangan terlalu tinggi ekspektasi. Berikut panduan aman cara langsing pasca melahirkan, simak yuk.

Langsing pasca melahirkan

Masa kehamilan memang identik dengan bertambahnya berat badan dengan angka yang cukup signifikan. Setelah kurang lebih sembilan bulan lamanya melewati masa kehamilan dan melahirkan, berat badan kamu naik beberapa kilogram dari bobot sebelumnya. 

Kenaikan berat badan selama masa kehamilan adalah wajar dan dibutuhkan sebagai persiapan persalinan. Dan saat buah hati telah lahir, ibu baru menyadari bahwa tugasnya tidak hanya mengasuh bayi, tetapi juga mulai memikirkan cara agar langsing kembali setelah melahirkan, seperti sebelum-sebelumnya.

Walau memang bukan perkara mudah untuk mengembalikan berat badan ke bobot semula hingga banyak ibu yang kebingungan memilih cara yang tepat sekaligus sehat untuk mengembalikan bobot ideal. Itulah dilema yang dialami sebagian besar kaum ibu setelah melahirkan bayinya.

Ibu sebenarnya tidak perlu khawatir dan berlebihan menyikapi hal ini. Menurut beberapa penelitian medis, menyusui bayi secara eksklusif dan rutin selama enam bulan bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Masih banyak ibu yang belum mengerti tentang ini.

Saat menyusui, ibu mengeluarkan sejumlah hormon yang berguna untuk mengatur keluarnya ASI. Hormon yang keluar saat menyusui ini, akan membantu kantong rahim yang mengalami pembesaran di masa kehamilan kemarin menjadi kecil kembali. Hormon tadi juga dapat membantu proses pengembalian tubuh ke bentuk semula.

Lantas, apa lagi yang dilakukan seorang ibu agar cepat langsing pasca melahirkan? Lanjutkan membaca ya.

Bergerak dan menyusui

Cara Merawat Badan Tetap Langsing Pasca Melahirkan
Bergerak dan menyusui. img/shopify

Tubuh langsing menjadi idaman, hingga sederet usaha pun segera dilakukan. Sebenarnya caranya mudah saja, yaitu tetap aktif bergerak dan menyusui. Kedua aktivitas ini akan membuat lemak pada tubuh kamu cepat terbakar, khususnya setelah masa nifas selesai. Jangan lupa juga makan makanan bergizi. Setelah melahirkan dan menyusui, asupan nutrisi harus dijaga untuk kesehatan ibu dan bayi.

Perhatikan, rumuskan tujuan dari program langsing pasca melahirkan hanya untuk alasan kesehatan. Konsultasikan kepada ahli gizi, agar diet yang dilakukan tepat dan aman. Jangan cepat tergiur program pelangsingan tubuh tertentu. 

Selain langsing pasca melahirkan, kamu juga harus sehat dan sukses menyusui. Penurunan berat badan, dalam taraf aman, adalah berkisar 0,5 hingga 1 kilogram dalam seminggu. Kamu bisa memulai berdiet setelah enam bulan melahirkan. Sebab bayi dengan usia 4-6 bulan membutuhkan produksi ASI sebanyak 800-1200 ml sehari. Pada enam bulan pertama itu, ibu menyusui harus makan dengan kualitas dan kuantitas yang mencukupi. Sebab bila tidak, bayi bisa kekurangan zat gizi sehingga tumbuh kembangnya menjadi tidak optimal.

Proses penurunan berat badan ibu usai melahirkan sudah ada secara alami, yaitu dengan cara menyusui bayi secara eksklusif minimal enam bulan. Penurunan berat badan berjalan secara tidak langsung karena di masa ini ibu harus memberi makan bayi minimal tiap dua jam sekali. Bahkan di malam hari, ibu harus bangun malam untuk menyusui hingga jam istirahatnya disesuaikan dengan jam tidur bayi. Ketika menyusui cadangan lemak di tubuh ibu berubah menjadi susu sehingga secara tidak langsung membantu ibu dalam menurunkan berat badan.

Diet saat hamil

Cara Merawat Badan Tetap Langsing Pasca Melahirkan
Diet saat hamil. img/femina.in

Cara agar langsing kembali setelah melahirkan adalah dengan diet sewaktu hamil. Diet saat hamil ternyata ikut membantu proses pelangsingan kembali setelah melahirkan. Diet yang tepat akan membantu ibu cepat langsing kembali dengan cara yang sehat. 

Tapi amankah diet selama hamil? 

Padahal banyak orang bilang, ketika hamil, makan tidak perlu dibatasi, karena ibu makan untuk berdua. Terus bagaimana jawabannya?

Pengertian diet saat hamil di sini adalah mengatur pola makan dan bukan mengurangi makan. Diet yang benar adalah mengatur asupan makan dengan makanan yang sehat dan bergizi. Ibu hamil tentu perlu mengatur pola makannya. Pengaturan pola makan sehat ini bukan hanya agar kehamilannya baik dan sehat, tetapi juga agar ibu mudah kembali langsing pasca melahirkan.

Seperti apakah pola makan ibu hamil yang benar? 

Ini contohnya. Ganti nasi putih dengan nasi merah yang lebih kaya serat, vitamin, serta mineral. Ikan juga merupakan sumber makanan sehat, khususnya untuk ibu hamil. Namun cara pengolahannya perlu diperhatikan. Dikukus akan lebih sehat ketimbang digoreng. 

Ditambah juga dengan asupan buah dan sayur sebagai makanan wajib untuk ibu hamil yang mempunyai manfaat membantu mengatasi berbagai gangguan kehamilan, seperti kaki bengkak misalnya. Gangguan pembengkakan kaki ini bisa disebabkan karena konsumsi gula dari es krim, kue, mi instan, bakso, dan lain sebagainya. Maka dari itu, lebih baik mengonsumsi gula dari buah-buahan saja.

Olahraga secukupnya

Pasca melahirkan, otot-otot tubuh bisa menjadi kendur, khususnya otot dinding perut dan dasar panggul. Mungkin akan tampak buruk dan membuatmu menjadi tidak percaya diri. Untuk mengatasinya, cara terbaik sekaligus sehat adalah dengan melakukan olahraga ringan berupa senam, misalnya senam nifas yang dilakukan pada saat nifas atau setelah melahirkan, atau senam serupa yang lebih menekankan pada latihan pernapasan dan perut. Senam ini sangat bermanfaat dalam mengembalikan kekecangan otot perut setelah bersalin.

Diet seimbang pasca melahirkan dengan asupan kalori sesuai kebutuhan ditambah dengan olahraga yang teratur akan mempercepat proses pembakaran lemak dalam tubuh. Tapi perlu ingat, lakukan olahraga secukupnya dan tidak memforsir diri. Sebab olahraga yang berlebihan bisa mengurangi produksi ASI.

Tips agar cepat langsing pasca melahirkan

Berikan ASI pada bayi

Ibu menyusui tidak akan membuat payudaranya turun atau meninggalkan guratan. Menyusui adalah cara paling baik dan termudah untuk menurunkan berat badan. Ibu yang sedang menyusui bisa membakar sekitar 600 kalori per hari. Ini setara dengan aktivitas bersepeda selama satu jam.

Minum banyak air putih

Minum banyak air putih sangat baik untuk kesehatan sekaligus membantu kamu mengurangi berat badan karena dapat membuat perut terasa penuh sehingga keinginan untuk makan dapat dikontrol. Selain menyegarkan, air putih dapat mengeluarkan racun dari tubuh. Minumlah paling sedikit 10 hingga 12 gelas air putih per hari.

Makan yang cukup dan seimbang

Ingat, kamu sedang menyusui. Lebih baik makan tiga kali sehari dengan menu seimbang daripada makan sekali sehari tapi dengan makanan yang manis atau kurang menyehatkan. Kamu tak harus membatasi makanan pada masa menyusui, apalagi melakukan diet ketat, tapi juga bukan berarti kamu boleh memakan semuanya. Kamu dan bayi membutuhkan asupan nutrisi yang baik, maka perbaiki pola makan kamu. Perbanyak konsumsi buah segar, sayur mayur, juga protein dan lemak sehat yang bisa kamu dapatkan dari ikan atau daging tanpa lemak.

Rutin olahraga jalan kaki

Olahraga jalan kaki baik dilakukan tiap hari. Jangan remehkan kekuatan berjalan untuk membakar kalori. Saat bayi sedang tidur, kamu bisa memakai sepatu olahraga dan mulai berjalan setidaknya 30 menit setiap hari. Pilih waktu yang tepat, misalnya pada pagi atau sore hari. Berjalan tidak membutuhkan banyak peregangan atau gerakan yang sulit dilakukan pada masa pemulihan tubuh pasca melahirkan.

Lakukan aktivitas dengan bayi

Tentu momen ini menjadi saat-saat yang sangat menyenangkan sekaligus membahagiakan. Kamu dapat membakar kalori dengan bermain bersama bayi mungil tercintamu. Bila bayi sudah mulai bisa diajak keluar rumah, lakukan acara jalan-jalan bersama bayi pada pagi atau sore hari. Selain itu, ketika pagi hari sambil menjemur si kecil, kamu juga bisa ikut berjemur di bawah hangatnya sinar matahari pagi agar kamu dan bayi menjadi sehat dan kuat. Sinar matahari pagi sangat baik untuk tumbuh kembang bayi serta menjaga imunitas si ibu.


Nah, cara merawat badan agar tetap langsing setelah melahirkan ternyata tidak sulit bukan. Kamu hanya perlu fokus kepada tujuanmu. Buat targetnya dan catat terus kemajuannya. Memang membutuhkan waktu, namun ini bukan bualan lho. Selama kamu fokus akan tujuan agar tetap langsing pasca melahirkan, semua pasti akan terwujud.

Perlu selalu kamu ingat, melahirkan adalah kemuliaan, sedangkan mempunyai anak adalah berkah. Yang terjadi ini semua bukanlah beban dan keburukan. Terima dahulu dengan ikhlas apa yang terjadi pada badanmu. Bertambahnya berat badan karena hamil dan melahirkan adalah kebaikan. 

Jika kamu sudah mampu menerima ini semua, proses untuk tetap langsing pasca melahirkan bukan sesuatu hal yang berat. Jalani prosesnya dengan terus bersyukur dan lumrah-lumrah saja. Kembali atur pola pikir, pola makan, dan pola istirahat seiring si adik kecil semakin bertambah besar. Dan ingat, dukungan pasanganmu juga bisa jadi hal yang positif dan membantu.

Selamat merawat badan agar tetap langsing setelah melahirkan. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Badan Tetap Langsing Pasca Melahirkan"