Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Bentuk Mata dan Riasan Mata

Macam Bentuk Mata dan Riasan Mata

Bentuk Mata dan Riasan Mata: Mau Dirias Seperti Apa?

Macam Bentuk Mata dan Riasan Mata - Mampu mengenali bentuk mata dan karakternya akan memudahkan kamu menerapkan teknik riasan mata yang sesuai untuk bentuknya. Seperti apa bentuk mata kamu? Itu pertanyaan pertama yang harus dijawab. 

Apakah mata kamu memiliki bentuk kecil, tidak berkelopak, atau bahkan berpelupuk tebal? Namun ingat, jangan anggap itu sebagai sebuah kekurangan. Anggap saja bentuk mata yang kamu miliki sekarang sebagai keunikan dan hal yang khas padamu. Bahkan kekhasan tersebut sangat bisa untuk dimaksimalkan, tentunya dengan teknik riasan mata yang tepat sesuai dengan bentuk mata kamu.

Bentuk mata

Faktor usia dan genetika disebut-sebut sebagai dua hal utama yang memengaruhi bentuk mata seseorang. Secara genetik, kamu menurunkan warisan kekhasan bentuk mata dari etnik asal kamu. Sebagai contoh, etnik Cina yang mewarisi bentuk mata yang cenderung kecil (sipit), naik dan tidak mempunyai lipatan pada kelopaknya. Atau pada etnik India, di mana para wanita di sana umumnya memiliki bentuk mata yang lebih besar dan terlihat menonjol (mata belo).

Mengenali Bentuk mata dan Riasan Mata
img/vicioncenter.org

Tapi tak hanya faktor genetik semata, semakin bertambah usia seseorang, bentuk mata pun akan mengalami perubahan. Kulit di sekitar mata mulai mengendur dan mengerut, serta muncul garis-garis kerutan di bagian ujung mata. Ditambah lagi dengan bagian kelopak mata menurun hingga terlihat seperti menggantung di atas garis lipatan mata. Bahkan tak jarang, bertambahnya usia menimbulkan kantung di bawah mata.

Bentuk mata yang indah

Mengenali Bentuk mata dan Riasan Mata
img/pxhere

Memang tidak semua wanita memiliki bentuk mata indah dan ideal. Tapi yang pasti, setiap wanita, memiliki bentuk mata khas, meskipun bentuknya berbeda, ada yang kecil, cembung, cekung, naik atau turun. Lantas seperti apa sih bentuk mata yang dikatakan ideal? 

Ciri-ciri mata ideal adalah sebagai berikut:

  • Jarak antara pangkal mata kanan dan kiri proporsional, artinya tidak terlalu dekat tapi juga tidak terlalu jauh.
  • Panjang mata seimbang dengan lebar wajah, biasanya dapat dilihat dari titik ujung mata yang tidak terlalu jauh dari pelipis.
  • Letak titik pangkal dan titik luar mata sejajar dan membentuk garis mendatar.
  • Garis mata atas dan bawah membentuk garis lengkung yang indah, bisa diibaratkan seperti bentuk buah almond atau biji kenari.
  • Pertumbuhan bulu mata atas dan bawah lentik. Pangkal bulu mata terlihat di permukaan, tidak tersembunyi di bawah kulit kelopak.
  • Jarak mata dan alis cukup jauh hingga ideal sebagai area yang cukup untuk memainkan warna-warna eyeshadow di sana.
  • Bila diamati dari samping, mata tidak cembung (seperti sedang melotot) dan juga tidak cekung.

Analisis bentuk mata

Dalam seni tata rias wajah, kekhasan mata setiap wanita dapat disempurnakan agar terlihat lebih ideal sekaligus nampak berbinar. Kekurangan pada bentuk mata bisa dikoreksi dengan kosmetik dan riasan mata. Misalnya, kamu bisa menutupi kerutan serta warna kehitaman di sekitar mata dengan pemakaian concealer. 

Kemudia, untuk masalah kantong mata, selain menggunakan concealer, tutupi dengan perona mata warna sedang dan gelap. Agar concealer tersebut dapat menutupi kekurangan pada mata, pilih warna yang tepat lalu ratakan dengan baik. Selain itu, kamu juga bisa menyamarkan kelopak mata yang menggantung dengan mengaplikasikan perona mata (eye shadow) warna gelap jenis matte secara ringan dan tipis. 

Sebelum mulai mengaplikasikan riasan mata, hal pertama yang harus dilakukan adalah kamu mesti mencoba menganalisis seperti apa bentuk mata kamu sendiri. Berikut adalah sejumlah caranya:

  1. Amati apakah kedua ujung mata kamu berada dalam satu garis lurus. Sebagai titik acuannya, ujung mata sebelah dalam, dekat hidung. Bila ujung mata luar terletak lebih tinggi dari ujung mata dalam, bentuk mata dikategorikan sebagai mata naik. Jika sebaliknya, maka bentuk mata dikatakan turun.
  2. Amati bentuknya secara keseluruhan, apakah mata kamu terlihat terlalu bulat, terlalu kecil, atau bahkan jarak kedua mata terlalu jauh.
  3. Amati pula apakah bentuk kelopak mata terlalu turun, terlihat sayu (seperti orang yang sedang sedih), atau kubil (terlihat gemuk bahkan cenderung berlipat).

Setelah mendapat jawaban dari analisis di atas tadi, selanjutnya langkah kedua yang perlu kamu lakukan lagi, yaitu:

  • Perhatikan keadaan kelopak mata kamu, apakah cekung atau cembung. Cara menganalisisnya bisa dilakukan dengan memperhatikan dari samping.
  • Mata bisa dikatakan cekung bila mempunyai bentuk yang lebih menjorok ke dalam sehingga tulang mata terlihat terlalu menonjol. 
  • Sedangkan mata cembung bila memiliki bentuk bola mata yang cenderung menonjol keluar dan secara keseluruhan mata terlihat seperti sedang melotot.

Riasan mata almond

Mata yang dianggap ideal memiliki bentuk yang seimbang, besar dan memiliki kelopak yang indah. Namun, tidak semua wanita memiliki bentuk mata seperti itu. Bentuk seperti buah almond atau biji kenari umum disebut sebagai bentuk mata idaman. 

Nah, untuk memperindah bentuk mata seperti almond atau kenari ini, ada triknya, yaitu Beri penekanan pada bagian ujung. Buat mata lebih berbinar dengan eyeliner dan perona mata warna menonjol pada pelupuk, yang dibaurkan dengan warna netral pada garis bawah mata. 

Untuk memberi kesan mata almond menjadi lebih besar, pakai eyeliner pada mata atas ke arah luar. Sedang untuk memberi kesan mata almond menjadi lebih bulat, cukup pakai eyeliner sampai garis ujung mata. Atau, aplikasikan eye shadow lebih tebal di bagian ujung.

Macam Bentuk Mata dan Riasan Mata
Riasan mata almond. img/charlottaeve.com

Ada juga tips rahasia tambahan untuk bisa mendapatkan tampilan mata yang besar bersinar, antara lain:

  • Riasan gelap memberi efek mata terlihat lebih kecil. Sebaliknya, pulasan warna terang membuat mata terlihat lebih besar dan lebar.
  • Untuk memberi efek mata terlihat besar dan indah, pilih perona mata yang terang dan muda.
  • Aplikasikan eyeliner setelah pemakaian perona mata untuk membuat mata terkesan lebih menonjol.
  • Jangan lupa menyempit bulu mata untuk membuat mata kamu terlihat lebih besar dan “terbuka”.
  • Selesaikan riasan dengan membubuhkan maskara untuk mendapatkan hasil bulu mata yang lebih bervolume dan tebal.

Riasan mata cekung dan cembung

Bila kamu memiliki bentuk mata yang kelihatan cekung, kamu masih bisa menyiasatinya dengan cara-cara berikut ini:

  • Gunakan warna terang sebagai fokus riasan.
  • Bubuhkan warna bersemu cokelat di atas cekungan yaitu di sekitar tulang mata yang menonjol untuk memberikan kesan lebih lembut dan natural.
  • Hindari pemakaian warna yang terlalu mengilap.
  • Untuk bentuk mata dengan cekungan tajam, hindari pembentukan garis double line. Cukup dibuat gradasi warna yang membaur. Double line adalah garis yang dibentuk pada daerah lipatan kelopak.
Macam Bentuk Mata dan Riasan Mata
Riasan mata cekung. img/charlottaeve.com

Sementara itu jika kebetulan mata kamu bentuknya cembung, siasat untuk riasan mata yang tepat yang dapat kamu lakukan adalah:

  • Bubuhkan warna gelap untuk mengurangi kesan menonjol/cembung.
  • Gunakan gaya riasan bergradasi atau riasan gaya smokey eyes, karena untuk mata cembung umumnya sangat cocok dengan gaya riasan mata seperti ini.
  • Hindari juga pembentukan double line pada kerungan mata di daerah lipatan kelopak mata.
Macam Bentuk Mata dan Riasan Mata
Riasan mata cembung. img/charlottaece.com

Dua riasan mata populer

Dari beragamnya gaya riasan mata, ada dua gaya yang paling sering diaplikasikan, yaitu riasan cat eyes dan riasan smokey eyes. Perlu kamu ketahui, gaya cat eyes ini terinspirasi bentuk mata kucing dengan garis mata yang dinaikkan di bagian ujung. Garis mata akan terlihat tegas dan indah. Selain itu kesan ekspresif, bahkan genit, juga akan didapatkan. Cara membuatnya:

  • Aplikasikan eyeliner mengikuti garis mata bagian atas.
  • Aplikasikan dalam bentuk garis tipis yang menebal di bagian sudut mata dan meruncing ke arah luar hingga sedikit melewati garis ujung mata.
  • Gunakan eyeliner cair atau pensil mata warna gelap seperti warna cokelat tua atau hitam.
  • Agar garis mata bagian atas terlihat lebih menonjol, baurkan perona mata pada bagian bawah mata.
Macam Bentuk Mata dan Riasan Mata
Stunning cat eyes makeup. img/weddbook.com

Macam Bentuk Mata dan Riasan Mata
Adele cat eyes makeup. img/vogue.in


Lalu yang kedua adalah riasan gaya smokey eyes. Cirinya adalah riasan dengan warna bernuansa gelap yang membaur dan membingkai tepian garis mata bagian atas dan bawah. Kesan dari gaya riasan ini adalah seksi, dramatis sekaligus misterius. Cara membuatnya:
  • Aplikasikan perona mata warna gelap di bagian bawah mata. Boleh gunakan cotton bud atau ujung jari untuk membaurkan agar tercipta kesan smokey.
  • Aplikasikan perona mata warna sedang di bagian pelupuk mata dengan menggunakan kuas. Tebalkan dengan warna gelap pada bagian yang dekat dengan bulu mata.
  • Kunci sukses gaya riasan smokey ini terletak pada banyaknya lapisan garis mata yang membaur membentuk bayangan. Untuk semakin menciptakan kesan smokey, warna-warna lain seperti biru gelap, biru metalik, abu-abu atau cokelat juga bisa digunakan sesuai kebutuhan riasan kamu.
Macam Bentuk Mata dan Riasan Mata
Riasan mata smokey purple. img/charlottaeve.com

Macam Bentuk Mata dan Riasan Mata
Riasan mata smokey sparkly. img/charlottaeve.com

Kesimpulan

Untuk dapat memberi riasan mata yang tepat, kamu mesti memahami dahulu apa bentuk mata yang kamu miliki. Artikel Macam Bentuk Mata dan Riasan Mata ini berusaha membantu mengenali diri guna memaksimalkan riasan khususnya pasa area mata.

Bentuk mata yang tidak ideal, misalnya mata yang terlalu kecil, naik atau turun, cembung atau kelihatan kubil, maka pertama yang harus dilakukan adalah mengoreksi terlebih dahulu “kekurangan” tersebut. 

Mata yang bentuknya tidak seimbang ini pertama-tama harus dikoreksi dengan teknik rias yang tepat, misalnya, dibuat menjadi lebih bulat atau lebih panjang. Setelah bentuknya seimbang barulah diterapkan teknik riasan sesuai kebutuhan. Salah satu cara menjadikan mata kelihatan lebih seimbang adalah dengan pemasangan bulu mata palsu. Cara ini sangat membantu mengoreksi bentuk mata menjadi lebih seimbang dan berbinar.

Selamat merias mata. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Macam Bentuk Mata dan Riasan Mata"