Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perawatan Wajah Radio Frequency Tripolar dengan Light Therapy

Perawatan Wajah Radio Frequency Tripolar dengan Light Therapy
img/youtube @Stop2poseChannel

Treatment Radio Frequency Wajah dengan Light Therapy

Perawatan Wajah Radio Frequency Tripolar dengan Light Therapy - Selain bermetamorfosis dengan bentuk tripolar, ada lagi tambahan baru pada alat perawatan radio frequency wajah, yaitu terapi cahaya (light therapy). Apakah manfaat alat baru ini bisa benar-benar maksimal? Simak ulasannya di sini.

Treatment radio frequency (RF) telah dikenal sebagai alat “setrika wajah”, yaitu alat yang bisa digunakan dalam mengembalikan kulit yang kendur (facelifting). Pada tahun 2009, alat bergelombang radio yang digunakan untuk mengatasi keriput dan kulit kendur ini mempunyai bentuk sangat sederhana. Hanya sebuah penampang logam dengan permukaan alat yang bahkan berdiameter lebih kecil dari gagang sumpit. Penggunaannya jelas harus ekstra hati-hati karena dengan gelompang panas yang dikirimkan, proses pengaplikasian ke kulit haruslah dilakukan dalam sepersekian detik. Jika lebih, kulit bisa “terbakar”.

Apa itu tripolar RF?

Tentu kita menjadi sangat terbantu atas kemajuan teknologi. Karena, dengan inovasi terbaru, urusan perawatan dan pemeliharaan kecantikan kini menjadi semakin mudah. Sebut saja alat dengan radio frequency ini. Sejak tahun 2011, bentuk alat telah disempurnakan. Bukan hanya dengan penambahan teknologi tripolar (tiga kutub), tetapi juga ada penambahan terapi dengan gelombang cahaya khusus.

Perawatan Wajah Radio Frequency Tripolar dengan Light Therapy
RF Tripolar. img/alibaba.com

Manfaat radio frequency treatment tripolar

Alat radio frequency tripolar, bisa digunakan pada wajah dan tubuh secara berkesinambungan sesuai kebutuhan dan sesuai masalah yang dihadapi. Namun secara garis besar, perawatan dengan alat ini bisa mendatangkan manfaat seperti:

  • Meningkatkan metabolisme tubuh dan merangsang imunitas tubuh.
  • Meningkatkan kualitas lapisan kulit dengan cara mengaktifkan sel-sel yang bisa meregenerasi kolagen dan elastin secara alami. Kulit menjadi kencang, keriput pun berkurang.
  • Bisa memberikan hasil detoksifikasi pada kulit dan menetralkan radikal bebas, sehingga memudahkan nutrisi masuk ke dalam sel. Kondisi ini juga bisa membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh.
  • Anti-aging alami (pengurangan kerut), pengencangan kulit, pencerahan kulit dan penyembuhan jerawat yang tidak kunjung sembuh.
  • Menghancurkan lemak di bawah kulit, sehingga bisa mengatasi selulit, masalah lemak pasca liposuction atau melahirkan.
  • Mengecilkan lingkar pinggang dengan aman. 

Cara kerja treatment radio frequency tripolar

Alat tripolar RF yang terbaru ini termasuk alat yang bisa dibanggakan. Bagaimana tidak? Dengan satu alat saja, seseorang bukan hanya dapat merawat kulitnya hingga menjauh dari keriput dan kendur, tetapi juga bisa mendapatkan kulit yang lebih bersih dan kenyal, bahkan bisa menghalau lemak yang tertimbun di bawah kulit dan aneka tempat pada tubuh seseorang. Kuncinya adalah pada gelombang radio dan terapi sinarnya.

Gelombang radio yang diaplikasikan ke kulit melalui tripolar RF akan diterima oleh kolagen sebagai stimulasi untuk pengencangan rantai jaringannya. Dengan pengencangan rantai tersebut, otomatis kulit tempat rantai kolagen itu berada, menjadi ikut mengencang. 

Namun pengencangan bukan distimulasi oleh gelombang radio semata, melainkan juga karena panas yang diterima kulit. Secara teori, kolagen baru dapat terstimulasi pada suhu di atas 60-65 derajat celcius, padahal bagian epidermis (kulit terluar) hanya mampu menerima panas 38-45 derajat.

Di sinilah letak keistimewaan teknologi. Dengan bantuan gel khusus, permukaan kulit menjadi bisa dilalui oleh panas dari alat yang bisa mengirimkan panas sekitar 42 derajat celcius. Jika dilakukan dengan tepat, suhu ini bisa juga menstimulasi kolagen dengan baik.

Sedangkan untuk terapi cahayanya, alat ini menggunakan dua terapi cahaya. Cahaya biru dan merah. Cahaya merah (red) mempunyai panjang gelombang hingga 650 nanometer. Cahaya ini berfungsi untuk mengaktifkan sel-sel kulit sehingga bisa merangsang peremajaan kulit. Cahaya merah juga bisa digunakan sebagai perawatan penenangan kulit setelah melakukan mikrodermabrasi (baca mengenai terapi mikrodermabrasi di sini: Perawatan Kulit Bopeng Bekas Jerawat).

Sedangkan cahaya biru (blue) yang digunakan pada alat mempunyai panjang gelombang 430 nanometer. Cahaya ini mempunyai efek germicatic sehingga dibutuhkan pada tahap sterilisasi pra ataupun pascaperawatan.

Perawatan Wajah Radio Frequency Tripolar dengan Light Therapy
Blue light RF. img/alibaba.com

Berapa kali RF wajah dilakukan?

Pada kondisi yang tidak parah, perawatan dengan tripolar RF akan membutuhkan sekitar 6-8 kali perawatan dengan setiap perawatan akan memakan waktu 20-45 menit saja. Untuk pemeliharaan hasil perawatan, dianjurkan dilakukan perawatan ulang setiap 4-8 minggu.

Siapa saja yang membutuhkan perawatan tripolar RF?

Radio frequency tripolar dengan terapi cahaya bisa dilakukan kepada siapa saja, baik pria ataupun wanita, mulai usia 18 tahun yang mempunyai masalah dengan jerawat ataupun lemak. Namun khusus untuk pengencangan kulit, perawatan ini sangat dibutuhkan oleh wanita atau pria di atas 35 tahun yang menginginkan penampilan kulit terbaiknya.

Secara spesifik, masalah apa yang bisa ditangani RF tripolar?

RF tripolar dapat mengatasi masalah kulit yang kendur / pengencangan wajah, kulit yang kurang segar, tidak kenyal, kusam, mengurangi pipi yang chubby (tembem), meniruskan wajah atau mengoreksi wajah asimetris, menghilangkan double chin, mengurangi lingkaran hitam sekitar mata, mengencangkan kantung mata (eye bag) serta menghaluskan kulit. Selain itu, dengan panasnya, RF tripolar terapi cahaya juga sekaligus dapat mengatasi selulit dan meluruhkan lemak yang ada di bawah kulit wajah, leher ataupun seluruh tubuh.

Kapan hasil treatment bisa terlihat?

Keunggulan RF tripolar adalah pada hasil skinlifting-nya yang langsung terasa. Perbedaannya bisa terlihat pada bagian wajah yang di-treatment dan yang belum (kanan-kiri wajah). Namun, hasil terbaik biasanya tidak langsung terlihat setelah perawatan dengan alat selesai. Gelombang radio dan panas yang diterima kolagen perlu bekerja selama beberapa hari sehingga proses pengencangan terus terjadi. Biasanya, kulit justru akan lebih terasa kencang pada hari kedua setelah perawatan.

Berapa lama hasil dapat bertahan?

Hasil akan sangat tergantung dari gaya hidup. Jika memiliki gaya hidup sehat, hasil perawatan akan bertahan selama 1,5 sampai 2 tahun dengan perawatan pemeliharaan tiap 1-2 bulan sekali. Namun jika pasien memiliki gaya hidup tidak sehat karena sering begadang, merokok, mengonsumsi alkohol dan lainnya, maka kelelahan kulit akan mudah terjadi, dan kulit akan cepat kembali ke bentuk seperti semula.

Adakah efek samping perawatan RF tripolar?

Gelombang yang digunakan dalam alat RF merupakan gelombang frekuensi radio biasa yang aman bila terkena tubuh manusia. Buktinya sejak ditemukan, belum ada keluhan fatal yang disebabkan karena penggunaan gelombang radio. Demikian juga dengan panas yang dikeluarkan alat. 

Untuk meminimalisir kemungkinan iritasi, saat penggunaan alat selalu digunakan gel khusus berbahan dasar air (water based) yang berfungsi untuk pendingin kulit sekaligus pelicin permukaan alat di atas kulit.

Langkah-langkah Perawatan Radio Frequency 

Adakah syarat khusus sebelum perawatan? Ada. Karena menstimulasi kulit dengan panas, maka ada beberapa kondisi yang tidak memungkinkan untuk menjalani perawatan, yaitu setelah kulit mengalami abrasi. Misalnya setelah melakukan chemical peeling, microdermabrasi atau terjadi pengelupasan yang meradang. RF tripolar paling baik dilakukan minimal seminggu setelah pengelupasan.

Selain itu perawatan juga tidak dapat dilakukan pada kondisi kulit yang mempunyai jerawat yang meradang, karena dikhawatirkan jerawat akan pecah dan menjadi infeksi.

Langkah tripolar RF:

1. Dimulai dengan pembersihan kulit. Perawatan melalui tahap penting yaitu pengaplikasian gel penahan gelombang panas.

Perawatan Wajah Radio Frequency Tripolar dengan Light Therapy
img/youtube @Stop2poseChannel

2. Untuk aplikasi di wajah, gel dioleskan sesaat sebelum penggunaan alat agar gel tidak segera kering. Aplikasi alat di pipi, selain bisa mengencangkan dan menghilangkan kerutan, bisa juga digunakan dengan tujuan untuk mengurangi ukuran pipi yang terlalu tembem.

Perawatan Wajah Radio Frequency Tripolar dengan Light Therapy
img/youtube @Stop2poseChannel

3. Aplikasi alat di seluruh wajah, biasanya hanya akan memakan waktu 20 menit. Karenanya, perawatan bisa dilakukan secara singkat, bahkan saat lunch time. Tanpa meninggalkan kemerahan ataupun iritasi di wajah.

Perawatan Wajah Radio Frequency Tripolar dengan Light Therapy
img/youtube @Stop2poseChannel

4. Khusus daerah mata, penggunaan permukaan alat sengaja dipilih yang memiliki penampang lebih kecil, sehingga bisa menggapai sudut-sudut mata. Aplikasi gel dilakukan tepat sebelum aplikasi alat. Masalah kulit di sekitar mata yang bisa diatasi dengan alat ini akan berkisar pada kerut sekitar mata, lingkaran hitam mata dan eye bag yang besar.

Perawatan Wajah Radio Frequency Tripolar dengan Light Therapy
img/youtube @Stop2poseChannel

5. Untuk tubuh, permukaan alat akan diganti dengan yang memiliki penampang alat yang lebih besar, dengan jumlah titik pancaran gelombang yang lebih banyak. Alat ini akan diaplikasikan pada bagian tubuh yang berlemak. Hasilnya, dalam delapan kali perawatan terbukti bisa mengurangi ukuran lingkar perut hingga 8-9 cm.

Perawatan Wajah Radio Frequency Tripolar dengan Light Therapy
Body treatment. img/wearebodybeautiful.com

Apakah bisa melakukan radio frequency sendiri?

Ya, tentu saja kamu bisa melakukan perawatan radio frekuensi sendiri di rumah. Menurut Dr Sophie Shotter—seorang dokter ahli aesthetic—perawatan radio frekuensi sangat aman digunakan sendiri di rumah, walaupun mungkin terasa sedikit menakutkan. Alat semacam tripolar RF ini merupakan teknologi yang aman dan efektif secara klinis untuk digunakan di rumah.

Apabila kamu ingin membeli alat ini dan melakukan treatment wajah secara mandiri di rumah sebaiknya konsultasikan dahulu kepada dokter kulit kesayanganmu. Rekomendasi dari dokter itu nanti yang akan kamu lakukan. Terutama kondisi kulit yang menjadi alasan terpenting penggunaanya. Jangan sampai kamu melakukan perawatan RF di saat kulit tidak pada kondisi boleh diterapi. 

RF wajah before after

Perawatan Wajah Radio Frequency Tripolar dengan Light Therapy
img/dermcollective.com

Perawatan Wajah Radio Frequency Tripolar dengan Light Therapy
img/cliniqueinfinum.com

Perawatan Wajah Radio Frequency Tripolar dengan Light Therapy
img/injexclinics.com

Kesimpulan

Teknologi telah begitu maju, tak ketinggalan juga pada perkara merawat kecantikan tubuh. Ditemukannya radio frekuensi yang diaplikasikan pada kulit, tidak hanya meningkatkan kualitas kecantikan saja, namun juga mendukung seseorang mendapat kesehatan yang lebih sempurna. Treatment radio frequency wajah dengan light therapy bisa menjadi pilihan ampuh untuk menjaga kita tampak selalu muda, cantik, dan bugar. 

Semoga artikel ini bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Perawatan Wajah Radio Frequency Tripolar dengan Light Therapy"